Tutorial DasarSIAP Wacana

Beranda / Basic Tutorial menulis Artikel dengan memanfaatkan beragam format Text Editor
Basic Tutorial menulis Artikel dengan memanfaatkan beragam format Text Editor
15 Komentar | Dibaca 3280 kali

Halo..
Pada kesempatan kali ini saya akan coba memberikan contoh sederhana bagaimana membuat artikel yang baik dengan memanfaatkan beragam format text editor yang ada dalam lingkup wordpress.

Pada halaman pembuatan artikel ini, Area penulisan dibagi menjadi 2 bagian secara umum, yaitu :

  1. Visual, merupakan tampilan standard secara umum.
  2. Text, merupakan area kerja bagi mereka yang sedikit banyak paham dengan HTML, anda dapat menambahkan sedikit tags html untuk memperindah melalui HTML. Akan tetapi saya tidak merekomendasikan apabila Anda menambahkan tags HTML terlalu banyak dikarekanan bisa menjadi bumerang bagi anda sendiri apabila tampilan terlalu berlebihan maka user akan kesulitan membaca point artikel anda.

Baik.. sekarang akan kita mulai untuk penjelasan singkat fungsi-fungsi text editor yang umumnya terdapat dalam sebuah form pembuatan post, bagi anda yang umumnya pengguna aplikasi text seperti microsoft word, wordpad dll maka anda tidak akan kesulitan dalam penjelasan ini.

Tampilan poin-poin penjelasan fitur Text Editor yang bisa anda gunakan.

  1. Add Media, Berfungsi untuk memberikan atau menempatkan gambar dalam area artikel. Usahakan gambar yang anda tampilkan adalah gambar original anda sendiri, apabila tidak maka anda dapat menyampaikan url sumber gambar tersebut dibawahnya atau dapat ditulis dalam Caption.
  2. Format Tebal atau Bold, berfungsi untuk memberikan efek tebal.
  3. Format Italic atau huruf miring,  berfungsi untuk memberikan efek miring.
  4. Format Striketrough atau text tercoret, berfungsi untuk memberikan efek text tercoret yang biasanya untuk text yang sudah tidak valid.
  5. Format Unordered list, berfungsi untuk membuat daftar text dengan indikator bulatan hitam.
  6. Format Ordered list, berfungsi untuk membuat daftar text dengan indikator bisa huruf, angka, huruf romawi dst.
  7. Format Blockquote, biasanya ditampilkan dalam bentuk ikon petik 2kali, berfungsi untuk mengkutip tulisan orang lain dll.
  8. Format paragraf Align Left atau rata kiri, untuk paragraf rata kiri (Rekomendasi default untuk penulisan artikel)
  9. Format paragraf Align Center atau text ditengah, untuk paragraf rata ditengah-tengah.
  10. Format paragraf Align Right atau text rata kanan,  untuk paragraf rata kanan.
  11. Format Insert / Edit Link, ini merupakan fungsi text untuk memberikan link url. Secara difault ikonnya tidak akan berfungsi sebelum anda melakukan blok text dimana anda akan memberikan tautan url tadi dalam sebuah text.
  12. Format Unlink ini berfungsi untuk menghilangkan tautan alamat yang sudah pernah anda buat, caranya dengan blok text yang sudah ada tautanya kemudian anda klik ikon unlink, maka tautan anda sebelumnya akan hilang dan text akan normal kembali.
  13. Format Insert more tags, fungsi editor ini masih jarang digunakan dalam post atikel.
  14. Format Fullscreen, untuk memberikan effect layar penuh bagian penulisan artikel.
  15. Format KitchenSink, ini merupakan format text editor tambahan serta berguna apabila anda melakukan copy paste konten dari microsoft Word, format lain dalam kitchensink ini akan saya coba jelaskan satu persatu dibawah ini :

    1. Text Formatting, berfungsi untuk melakukan setting format standar Paragraf, Alamat, performated untuk kode atau script, Heading a