Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Pemasukan dari Design Creative Market
Pemasukan dari Design Creative Market
0 Komentar | Dibaca 4805 kali
Ariyo Galih @pamandolit
30 January 2014

Sejak awal tahun 2005 metode crowdsourcing mulai marak di dunia maya, dimana crowdsourcing merupakan cara bekerja yang praktis dari sisi waktu, tempat dan peluang. Pada awal tahun 2008 saya mulai terjun dalam dunia Design, dengan modal PC & internet nebeng salah satu kantor di sini maka saya coba iseng-iseng submit proposal design. Rentang waktu 3 bulan setelah mencoba dan mencoba pada akhirnya berbuah manis, kemenangan pertama begitu berharga dari sisi income dan pengalaman menghadapi client yang rewel. Mulai dari mendapatkan pengalaman private project yang ditinggal pemiliknya alias tertipu, pendapatan bulanan sampai $2000, hingga pengalaman rapat dengan direksi sebuah media agency dari US jam 3pagi live via skype, hahahaha….

Meja kerjaku yang seadanya, sekalian sambil mainan...

Meja kerjaku yang seadanya, sekalian sambil mainan…

Dikarenakan ini merupakan freelance type of work jadi banyak pertimbangan dari sisi konsistensi dan future existant, pertanyaanya adalah sampai kapan metode ini akan berlanjut, waktu yang digunakan untuk melakukan ini dari sisi saya masih mencuri-curi waktu senggang antara jam 8malam – 12 dinihari dimana harusnya badan dipakai untuk istirahat, kata dokter sih begadang banyak effect buruknya. Setelah bertahun-tahun berjalan sampai akhirnya dimana saya putuskan sementara metode ini bukan menjadi focus income meskipun dari sisi earning payment bisa sampai 3-7kali lipat gaji kantoran saya /bulan, ya hanya sekedar kalau butuh beli kulkas baru, TV baru, Motor baru, Baju baru 😀

Awal 2012 saya mulai melirik untuk mendapatkan pasive income dikarenakan saya sudah agak bosan dengan aktivitas sebelumnya yang dituntut untuk brainstorming tiap malam, walhasil dengan membuat mini store disejumlah situs creative market “Logo Design”, dalam kurun waktu 1 bulan bisa mendapatkan antara $200-$400 tanpa melakukan apa-apa lagi alias bengong lihat itemku terjual satu persatu. Rules dari Design Market ini juga cukup menarik, dimana /item kita bisa mnegatur lisensinya apakah exclusive atau tidak, setiap item bisa terjual berkali-kali.. bahkan ada item template situs yang terjual sampai 5000kali!! dimana harga item itu untuk 1 user $50, silahkan dikalikan sendiri hasilnya dengan nilai tukar rupiah saat ini.

Contoh beberapa situs Design Drowdsourcing yang bisa jadi pertimbangan :

  • 99design
  • Logotournament
  • Crowdspring
  • Envato
  • Freelance
  • Odesk

Situs untuk membentuk / mencari nama atau “showoff your self” buat media promosi sekaligus menunjukkan skill design

  • Dribbble
  • Pinterest
  • Behance
  • Logopond
Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

HISYAM HIDAYATULLAH

Lulusan Universitas Negeri Surabaya tahun 2004, mengajar di SMP PGRI 1 Surabaya (2004-2005), SD-SMP Almusli ...
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0