Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Gadget

Beranda / Gadget / Virtual Keyboard Terbaik
Virtual Keyboard Terbaik
2 Komentar | Dibaca 1038 kali
Teguh Dwicaksana @dheche
06 February 2014

Salah satu komponen vital dalam mengoperasikan perangkat berlayar sentuh (touch screen) adalah virtual keyboard, terutama bila perangkat tersebut tidak dilengkapi dengan keyboard fisik. Perangkat lunak bawaan Android memang sudah lumayan, setidaknya sudah lebih baik dari yang tersedia di iOS.

Di awal saya menggunakan ponsel Android, saya sempat mencoba beberapa perangkat lunak pihak ketiga sampai akhirnya saya jatuh cinta setelah mencoba SwiftKey dan masih bertahan sampai sekarang. Memang tidak gratisan, tapi juga harganya tidak mahal.

Kemampuannya memprediksi kata yang akan kita ketik benar-benar luar biasa, ini dikarenakan SwiftKey mempelajari perilaku pengguna hingga mampu memberikan prediksi yang akurat. Selain dilengkapi dengan kamus bahasa Indonesia dan beberapa bahasa daerah, kita pun dapat memerintahkan Swiftkey untuk mempelajari tulisan-tulisan yang pernah kita buat, misalnya isi sms dan surel (email) yang kita kirim, isi status di jejaring sosial (twitter, facebook) atau pun tulisan yang pernah kita buat di sebuah blog. Jadi memang prediksi yang ditawarkan ke pengguna benar-benar sangat personal mengikuti gaya menulis orang per orang.

Bahkan saya sering menulis blog atau surel yang sangat panjang dari ponsel, keterbatasan ukuran layar tidak menurunkan tingkat produktivitas menulis. Sebagai ilustrasi, untuk menulis satu paragraf kadang saya hanya mengetik satu-dua huruf. Selanjutnya tinggal mengikuti saran yang ditawarkan oleh software cerdas ini. Tak hanya memprediksi kata yang sedang kita tulis, setelah kita menerima saran atau setelah menekan tombol spasi, lagi-lagi dia mampu memprediksi kata selanjutnya. Jadi bisa dibayangkan berapa banyak waktu yang bisa dihemat, berapa banyak ketukan tombol yang bisa diminimalkan dan betapa menyenangkannya menulis menggunakan SwiftKey.

Sayang aplikasi ini tidak bisa dinikmati secara utuh bagi para pengguna perangkat Apple. Meski akhir Januari 2014 yang lalu sudah tersedia SwiftKey Note di appstore. Hanya karena Apple tidak mengizinkan perangkat lunak pihak ketiga menggantikan secara menyeluruh virtual keyboard bawaannya, akhirnya kenyamanan yang ditawarkan oleh SwiftKey hanya bisa dinikmati di dalam aplikasi SwiftKey Note saja.

Apa sampeyan masih bertahan memakai virtual keybo