Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Padamu Negeri

Beranda / Padamu Negeri / Antara PADAMU dengan DAPODIK
Antara PADAMU dengan DAPODIK
6 Komentar | Dibaca 9144 kali

PADAMU NEGERI tidak ditujukan sebagai pengganti program DAPODIK Kemdikbud. Layanan PADAMU NEGERI dikelola oleh BPSDMPK-PMP Kemdikbud bekerjasama dengan PT. Telkom secara legal dalam rangka pelaksanaan tupoksi Penjaminan Mutu Pendidikan melalui program EDS dan VerVal NUPTK yang telah berlangsung setiap tahun sejak tahun 2006 hingga saat ini. Dari kerjasama tersebut Sistem PADAMU NEGERI dibangun diatas “Platform” Aplikasi SIAP Online Edisi Gratis (Bebas Biaya) milik PT. Telkom.

Hasil PADAMU NEGERI sebagai dasar perencanaan program UKG, Sertifikasi Guru, Diklat PTK di periode selanjutnya mulai 2014 nanti.

Jadi tidak perlu ada kekuatiran berlebihan terhadap kehadiran PADAMU NEGERI yang tujuannya berbeda dengan DAPODIK. Hal ini sama halnya dengan program PDSS dari Dikti untuk proses seleksi SNMPTN (https://pdss.snmptn.ac.id/).

PADAMU NEGERI terbuka untuk menunggu hasil DAPODIK secara menyeluruh agar bisa segera berbagi data yang akurat melalui PDSP sehingga layak menjadi sumber referensi data utama bagi unit kerja lainnya yang membutuhkan termasuk PADAMU NEGERI BPSDMPK-PMP. Jika nantinya hasil DAPODIK telah siap dan terbuka akses datanya melalui PDSP maka PADAMU NEGERI tentu akan menyesuaikan di periode selanjutnya.

PADAMU NEGERI mendukung program DAPODIK sebagaimana yang direncanakan untuk digunakan sebagai sumber data tunggal (referensi data utama) bagi seluruh unit utama di Kemdikbud mulai tahun 2014 nanti.

BPSDMPK-PMP sebagai salah satu unit utama Kemdikbud telah menyiapkan Aplikasi PADAMU NEGERI saat ini termasuk perangkat pendukungnya untuk terintegrasi dengan DAPODIK mulai 2014 nanti sebagaimana surat edaran dari Wamendikbud tanggal 30 Agustus 2013. PADAMU NEGERI juga disiapkan sebagai “Contingency Plan” BPSDMPK-PMP untuk antisipasi pada suatu keadaan yang tidak sesuai rencana utama tersebut..
Demikian semoga bisa mencerahkan semua pihak terkait.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Terdapat 6 Komentar pada "Antara PADAMU dengan DAPODIK"

  1. Diding Wahyudin

     |
    August 27, 2014 at 5:53 am

    Hebat … saatnya kita membangun bangsa bersama, tidak saling menjatuhkan. Siap … kita menuju indonesia emas…

  2. wignya susilo

     |
    September 13, 2014 at 12:37 pm

    sisi kekurangan ada pada sekolah dasar yg tidak punya TU, jadi dikerjakan oleh guru. folume mengajar berkurang,

  3. SUMARNI, S.PdI

     |
    December 6, 2014 at 5:53 pm

    Kalau boleh aku jujur bahwa yang paling banyak mengeluarkan dana adalah Padamu Negeri karna mau ONLINE pake uang Mau disetor ke dinas pake uang. kalau dipikir kasian guru non PNS. verval NUPTK apa ada konstibusinya dari Pengembang Aplikasi? sedangkan didapodik juga ada verval PTK. kenapa harus ada dua pendataan.???? Padamu Negeri lebih banyak menyita waktu dari pada mengajar siswa…..

  4. GIAT SUTONO

     |
    January 12, 2015 at 10:44 am

    Kalau dipikir-pikir manfaat apa yang paling penting dengan adanya program SIAP PADAMU, kalau untuk kepentingan data, sudah banyak pendataan disana-sisni seperti DAPODIK, guru juga jadi kurang konsentrasi mengajarnya, yang jelas yang paling diuntungkan dengan adanya program SIAP PADAMU, adalah penjual pulsa,

  5. TRI PUTRO PRABOWO

     |
    May 6, 2015 at 10:50 am

    Sebenarnya antara dapodik dan siap padamu negeri, semua adalah ide baik, tinggal sinkronisasi data kedua data, mantab!!!

  6. Suhaini

     |
    December 10, 2015 at 9:52 pm

    jika satu data sudah cukup mengapa harus ada dua ….. adakah unsur bisnisnya.???????

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Shelvi Sianturi

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  14
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0