Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Teknologi

Beranda / Teknologi / Aplikasi Kuis Online dengan PHP Laravel
Aplikasi Kuis Online dengan PHP Laravel
2 Komentar | Dibaca 6096 kali

Dimalam-malam yang jarang berbintang pada beberapa minggu yang lalu, saya sempat atau menyempatkan diri lebih tepatnya, untuk sesekali berbincang dengan bintang yang sombong itu.

“Hai bintang, berikan aku saaaatu permintaan”

“Hapuskan semua koruptor di muka bumi ini”, jawab si bintang

“Wani piro”, sahut Totos Rasiti (Karakter Iklan Djarum 76) yang tiba-tiba ada di sebelahku, entah datang dari mana.

Singkat cerita, setelah adu mulut yang cukup sengit antara kami bertiga, sampai hampir terjadi kontak fisik, maka entah apa yang ada dipikiran saya saat itu tiba-tiba terucap “Gimana kalau kita bikin Aplikasi Kuis Online?”.

Sontak Totos Rasiti menoleh dengan wajah penuh tanya, namun saya melanjutkan dengan sebuah kalimat “Yang penting Hepiii…..”.

Suara tawa kami bertiga pun pecah, tak peduli terlihat bodoh oleh siapapun.

Saya baru ingat, ternyata ada sebuah lomba di konteskoding.com yang tema nya saat itu adalah “Program Quiz”, tak heran saya sebelumya semangat untuk mengusulkan ide pembuatan aplikasi ini. Toh hadiah nya juga guedeee bangett, bayangkan kalau kita beli permen dengan uang 1 juta, berapa yang bisa kita dapatkan, wihhh.

Setelah semedi dan mengambil air suci di gunung kawi, saya mulai pembuatan aplikasi kuis online ini dengan hati yang suci dan pikiran yang fokus. Untuk bahasa saya ejawantahkan PHP sebagai rekan saya untuk project ini, dan Laravel saya berikan tanggung jawab untuk menjadi framework nya. Semoga mereka berdua bersahabat, mengingat laravel masih terhitung anak kemaren sore dalam framework, tapi lagi naik daun kalau dilihat di http://phptrends.com/ .

Aplikasi Kuis Online ini saya bangun sepenuhnya memanfaatkan fitur pada laravel, sekalian mengenal lebih dekat. Mulai dari ORM untuk model database nya, Routing Resource untuk memetakan sumber daya pada kuis online seperti soal, lembar ujian, pengguna dan lain lain. Sedangkan sebagai pemanis tampilan saya pilih Bootstrap 3, yang tidak diragukan lagi, ke-yahuud-an pemakainnya, sangat mudah dan cepat, apalagi komunitas nya yang di internet sudah ramai sekali.

Dengan mengusung fitur utama dibawah ini :

  • Pembuatan Soal (termasuk pengelolaan nya)
  • Pembuatan Lembar Ujian (termasuk pengelolaannya)
  • Pengambilan Kuis Secara Online (lewat browser web / lewat mobile web)
  • Peringkat dari pengambil Lembar Ujian
  • Rekam Jejak pengambilan ujian yang telah dilakukan

Masak masak, corat coret, sobek sobek pun dilakukan. Sebagai bahan yang bisa diintip berikut beberapa contoh kode yang saat itu saya gunakan.

app/routes.php

app/controllers/SoalsController.php

 

Dan tampilan nya seperti dibawah ini, ya cuma seperti dibawah ini, simpel kan ?

Dashboard

dashboard

Dashboard

 

 

Detail Soal

detail_soal

Detail Soal

 

Dan mungkin karena doa dari segenap persatuan para buruh di Indonesia, tidak dinyana saya menjadi juara 1 di lomba konteskoding.com ini. Syukur alhamdulillah adalah satu satu nya kata yang tepat layak dan tidak senonoh.

Setelah hadiah sudah turun di tangan, teman-teman kantor yang ganteng-ganteng saya belikan beberapa helai pizza untuk dimakan bersama, walaupun sempat berebut, dan menangis-nangis karena tidak kebagian, untungnya perkelahian tidak sampai terjadi, berikut penampakan beberapa makhluk astral tersebut.

WP_20140307_16_32_51_Pro

Mas mas Ganteng Penunggu kantor

Kami mengucapkan terima kasih pada @konteskoding

Nah sebagai bentuk pengabdian terhadap bangsa Indonesia, tumpah darah beta, saya mendedikasikan Aplikasi Kuis Online ini kepada seluruh warga setanah air, kepada guru, kepada sekolah, kepada instansi pendidikan non negeri dan kepada orang tua saya yang selalu menjadi inspirasi setiap beris kode yang tertulis.

Agar tidak dianggap mencari keuntungan, maka proyek ini saya letakkan di Github, rekan seperjuangan bisa unduh dan install di lokal komputer atau di server, bahkan rekan-rekan seperjuangan dijinkan untuk mengubah kode yang ada di dalamnya sesuai kebutuhan, dan bagi kakak kakak diluar sana yang menginginkan pengembangan lebih lanjut bisa menggunakan metode “Forking” dan pull request ke repositori ini.

https://github.com/pentatonicfunk/Laravel-Kuis-Online

Semoga Mbak bintang yang ada disana saat ini tersenyum, dan Pak Totos Rasiti yang kini tidak lagi disebelah saya turut “Hepiii…”

 

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Terdapat 2 Komentar pada "Aplikasi Kuis Online dengan PHP Laravel"

  1. HERMANSYAH

     |
    March 19, 2015 at 3:19 am

    Terima kasih mas, sangat membantu

  2. yafi alif

     |
    July 29, 2016 at 11:49 pm

    terimakasih sebelumnya, sangat membantu quiz ini.
    apakah mungkin ada untuk laravel versi 5.2 nya?, atau saya bisa di tunjukkan dimana controller untuk validasi user loginnya, saya mau mencoba merubahnya dengan nim.

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0