Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Framework CODEIGNITER
Framework CODEIGNITER
2 Komentar | Dibaca 2333 kali

Pengertian Code Igniter : Adalah sebuah framwork PHP yang berfungsi untuk membantu dan mempercepat dalam pembuatan sebuah web yang berbasis PHP dari pada menulis koding dari awal. Di dalam kode igniter terdapat banyak library  yang berguna untuk mempermudah  pengerjaan tugas atau pekerjaan yaitu yang berbasisi web. Setelah membuat code igniter ini maka hasil pekerjaan anda akan tersusun secara rapi dan baik. Code Igniter dirancang berdasarkan metode pengembangan Model-View-Controlle(MVC) dan CodeIgniter merupakan tool yang paling cepat untuk membangun aplikasi web berbasisi PHP dibandingkan dengan framework yang sejenisnya. Code Igniter pertama kali dibuat oleh Rick Ellis, CEO Elislab, Inc. Saat ini code igniter dikembangkan dan dimintain olehexpression engine development team. Dan dalam Code Igniter ini dibagi tiga bagian yaitu :

  • Model

Mendefinisikan  database dan class yang digunakan untuk membaca atau juga dapat digunakan untuk menyimpan data dalam database.

  • View

Mendefinisikan tampilan halaman website, dapat menampilkan web secara utuh aupun web yang masih belum smpurna juga dapat membuat halam n dalam bentuk lainnya.

  • Controller

Menangani request dari pengguna yang dapat menghasilkan web. Memngontrol alur alur proses antara model, view dan resource lainnya.   Framework           Adalah kumpulan fungsi-fungsi /prosedure  dan kela-kelas untuk tujuan tertentu yang sudah siap digunakan sehingga dapat lebih mempermudah dan mempercepat pekerjaan seorang programmer, tanpa harus membuat fungsi atau kelas dari awal.   Alasan membuat Framework :

  1. Dengan menggunakan framework maka dapat mempercepat dan mempermudahkan dalam pembangunan sebuah aplikasi berbasis web.
  2. Memudahkan dalam proses maintenance karena sudah ada pola tertentu dalam sebuah framework.
  3. Lebih bebas dalam pengembangan jika dibandingkan dengan CMS.
  4. Framework menyediakan fasilitas-fasilitas yang umum dipakai sehingga tidak perlu membangun dari awal lagi. Misal validasi, ORM,  pagination, multipledatabase dan lain lain.

Kelebihan Code Igniter dibandingkan dengan framework lain :

  • Gratis

Bahwa Code Igniter ini di lisensikan dibawah Apache/BSD style open source license, ini berarti kita dapat menggunakansesuai dengan keinginan kita.

  • Ringan dan cepat

Dapat mengakses dengan cepat yaitu karena aplikasi ini hanya berjalan meload beberapa pustaka saja, dengan demikian membutuhkan resource yang sangat sedikit sehinggan ring