Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Kesederhanaan Aplikasi NetMeeting dalam Metode Pembelajaran
Kesederhanaan Aplikasi NetMeeting dalam Metode Pembelajaran
0 Komentar | Dibaca 1153 kali
Zulkifli @zoelranto2
13 March 2014

Pemanfaat IT (information and technology) sering diabaikan dikalangan Tenaga Pendidik = TP (saya menggunakan istilah ini karena kata-kata Guru terlalu mengugu dan meniru… 🙂 :)) mungkin  karena tidak ada kemauan dalam berkreasi dan pemanfaatan aplikasi yang sangat sederhana atau sama sekali menggugu dan meniru yang tertera di buku, semisal seorang TP terlalu bersusah payah dalam memberikan metode pembelajarannya tanpa melihat situasi dan kondisi, dan ada juga TP yang terlalu bangga dengan (cuma) beberapa ilmu yang didapatkan menjadikan diri sebagai “Dewa” dan tidak merasa berkewajiban membagi kepada yang lain. Terlalu panjang penjelasan untuk penjabaran diatas, ada baiknya melanjutkan topik ini.




Konsep Jaringan Lokal

Konsep jaringan memungkinkan kita untuk dapat dengan mudah melakukan sejumlah kegiatan semisal berbagi file ataupun media perangkat lainnya. Secara garis besar manfaat teknologi jaringan adalah :

  1. Resource sharing, dapat BERBAGI SUMBER DAYA baik berupa file, perangkat semisal printer dan lain sebagainya.
  2. High Reliability, konsep yang memungkinkan kita untuk dapat MENYIMPAN DATA PADA SEJUMLAH KOMPUTER yang terkoneksi dalam jaringan. Sehingga misalnya komputer yang kita gunakan sedang dalam keadaan rusak/perbaikan, kita masih dapat melakukan rutinitas kerja kita dalam mengolah/manipulasi data-data yang ada melalui komputer lain.
  3. Cost Efficiency, atau EFISIENSI BIAYA. Semisal untuk sejumlah komputer yang terkoneksi dalam jaringan bisa berbagi pakai sebuah printer saja.
  4. Optimalisasi Teknologi, seperti halnya PEMANFAATAN TEKNOLOGI program Netmeeting yang memungkinkan kita untuk bisa melakukan komunikasi, ataupun berbagi file, terhadap semua unit komputer yang terkoneksi dalam satu jaringan. Asyik dan serunya bermain game jaringan seperti counter strike, dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan ini kita memanfaatkan Jaringan yang sudah ada dilokasi (berlaku untuk sekolah yang sudah memiliki jaringan baik wireline maupun wireless)
Dalam memberikan pembelajaran di ruangan praktek (biasanya disebut labor atau lab) komputer, kebanyakan si TP memanfatkan LCD Projector atau Infocus, tetapi pernahkah membayangkan metode ini dilakukan di kompi/notebook masing2 siswa…?? tanpa harus menoleh ke layar projector..??

Konsep Pemanfaatan Aplikasi Net Meeting di Windows XP

Pemanfaatkan aplikasi Netmeeting ini adalah pemaparan konsep sederhana bagi TP dalam memberikan pembelajaran, diharapkan TP menemukan kreasi dan inovasi dalam pemanfaatannya. Konsep ini tidak hanya berlaku untuk TP-IT saja, tetapi dapat dimanfaatkan kepada seluruh TP dipelajaran apa saja.

Sekali lagi, net meeting dapat berjalan di Windows XP, sedangkan untuk Windows 7 menggunakan Microsoft Sharedview yang harus diinstall terlebih dahulu. Pada saat ini saya masih mengembangkannya menggunakan open source (silahkan berbagi untuk agan-agan yang ada konsep metode bawaan dari open source)

Langkah Pengaktifan Aplikasi :
Pastikan bahwa kompi yang digunakan menggunakan Windows XP (licensi atau bajakan ya terserah)

Tahapannya selanjutnya :

  • Klik menu Start > Run, kemudian ketikkan kata conf, dan klik OK untuk membuka jendela wizard setting program Netmeeting.

 

  • Tampilan awal berikut ini adalah penjelasan manfaat dari program Netmeeting, klik Next saja untuk melanjutkan.

 

  • Setelah itu isikan data-data user yang diperlukan untuk informasi diri.

 

  • Tentukan apakah kita ingin otomatis terkoneksi ke dalam directory server microsoft internet atau tidak, kemudian klik Next

 

  • Tentukan speed connection yang kita gunakan, lanjutkan kembali klik Next

 

  • Manfaatkan fasilitas untuk pembuatan shortcut Netmeeting di Desktop, kemudian klik Next lagi.

 

  • Setelah itu akan tampil jendela wizard yang memberitahukan kita untuk menutup semua aplikasi/program yang menggunakan sumber daya audio untuk melakukan setting audio, klik Next.

 

  • Atur besaran volume dan klik tombol Test untuk mendengar besar/kecilnya suara yang dikeluarkan speaker, klik Next.

 

  • Atur lagi besaran volume untuk microphone (jika menggunakan microphone), klik Next.

 

  • Jika kita tidak menggunakan microphone, maka akan tampil jendela informasi yang memberitahukan bahwa “Audio tuning wizard tidak berhasil menangkap suara dari microphone”. Klik Next saja untuk melanjutkan, atau jika anda perlu menggunakan microphone, coba koneksi ulang microphone anda dan klik Back untuk mengulangi setting-nya

 

  • Jendela tampilan akhir proses wizard akan tampil, klik Finish untuk mulai membuka program Netmeeting

 

  • Tunggu beberapa saat hingga tampil splash screen program Ms. Netmeeting

 

  • Program Netmeeting siap untuk digunakan.
  • Ketikkan nama kompi /alamat IP dari computer yang ingin kita hubungi/call pada kotak Addres, kemudian klik icon/gambar telephone di sampingnya
  • Komputer yang telah saling terhubung akan tampil di jendela Name.
  • Pemanfaatan fungsi Share program, chat, whiteboard dan transfer files sudah dapat dilakukan

Silahkan Mencoba..

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

SUBAIDI

Dunia saya luas tidak berbatas, dari yang real hingga yang maya, dari yang putih hingga yang hitam, masa r ...
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0