Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Ketika Kita Merasa Tidak Berguna
Ketika Kita Merasa Tidak Berguna
5 Komentar | Dibaca 4532 kali

Pada saat-saat tertentu kita pasti merasa tidak berguna, apa yang kita rasakan? sedih, kecewa, ingin menangis. Merasa tidak berguna bisa disebabkan oleh berbagai hal karena hidup ini memang komplek. Di antaranya mungkin karena diri ini belum bisa memberikan kontribusi apa pun terhadap orang lain, terhadap keluarga, terhadap teman, ataupun terhadap pasangan. Perasaan itu muncul dari kesadaran diri sendiri yang sadar akan banyak hal yang sebenarnya ingin dilakukan namun belum bisa untuk mewujudkannya. Setiap masalah pasti ada sisi positifnya kalau kita menyikapinya dengan bijak. Karena saya yakin, dibalik semua ini ada pelajaran dan hikmah yang bisa kita ambil.

Saat kita merasa tidak berguna, lakukan lah apa yang kita bisa. Jangan pernah berhenti, apalagi malas dan putus semangat. Sebab hal yang kita lakukan di saat itu, meski pun kita rasa hal itu adalah kecil, sesuatu yang kita lakukan dapat lah bearti besar bagi orang lain, dan menjadi sesuatu yang besar di kemudian hari. Percayalah bahwa kita bisa bangkit dari keadaan ini. Kita tahu, semua itu memang terasa berat untuk dilakukan apalagi bagi kita yang memiliki sifat perfectionist. Sifat perfectionist adalah suatu sifat dimana segala sesuatu yang kita lakukan harus bisa sesempurna mungkin sesuai dengan keinginan. “Sesuai dengan keinginan”, pernyataan inilah yang kadang sulit bagi seorang perfectionist untuk bisa menerima kenyataan.

Serentetan hal kecil yang kita lakukan dengan hati yang ikhlas, hasrat ingin berubah dan ingin membuat diri merasa lebih berguna dan lebih baik lagi, akan menumbuhkan hal besar di kemudian hari. Tentunya bila semua itu kita realisasikan dengan sebuah tindakan. Oleh karena itu, saya ingin mengajak teman-teman untuk bisa bangkit, meski saya sendiri masih lemah dan terkadang sering merasa tidak berguna. Tapi, ayo bangkit! mari kita sama-sama tunjukkan pada semua orang bahwa kita mampu dan bisa melakukan hal yang terbaik untuk sebuah perubahan, demi seseorang yang kita cintai dan sayangi.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Terdapat 5 Komentar pada "Ketika Kita Merasa Tidak Berguna"

  1. SITI LUTFIYAH

     |
    March 12, 2014 at 7:57 pm

    ketika kita merasa tidak berguna,kita harus pahami dulu kata merasa itu yang berarti berhubungan dengan hati seseorang yang terlalu sensitif terhadap apa yang telah ia lakukan dan yang dilakukan orang lain.jangan terlalu menyesali bila apa yang kita cita-cita tidak tercapai,karena kita sebagai manusia boleh berencana tapi Tuhan yang menentukan.karena semua yang diciptakan tuhan itu pasti ada manfaatnya selagi dia mau berusaha dan berdoa.

  2. MULYAN

     |
    March 13, 2014 at 7:46 pm

    ketika ketidak bergunaan itu menghampiri diri kita, terkadang membuat lemahnya fikiran kita. pada saat itu lah kita membutuhkan orang yang dapat memberika power agar kita bangkit dari rasa ketidak bergunaan itu. saya pernah merasakan ketidak bergunaan itu sangat sulit sekali, ternyata hal pertama yang kita butuhkan adalah tuhan, kedua orang yang mau membantu kita untuk bangkit, dan mengembalikan rasa kepercayaan diri kita.

  3. ASRULLAH

     |
    March 15, 2014 at 8:14 pm

    Merasa tidak berguna itu trjdi krn ketidak berdayaan. Solusinya,,,, yach… dgn trus berbenah diri

  4. M. RUSLAN

     |
    March 29, 2014 at 8:42 pm

    Ingin dihargai merupakan sifat yang manusiawi , setiap orang pasti menginginkannya, ketika kita tidak lagi dihargai, maka timbullah perasaan tidak berguna.
    namun perlu dipahami bahwa ego terkadang membuat kita kehilangan keikhlasan, sehingga tatkala kita tidak dihargai maka ego kita terasa ciut, ingin berontak yang akhirnya melemahkan jiwa kita. keadaan ini membuat akal dikuasai ego yang pada akhirnya mempengaruhi perasaan dan yang timbul adalah pemikiran kegagalan yang tentunya membuat kita merasa tidak berguna.
    jadi solusinya adalah tetap menjaga keikhlasan hati agar tidak dikuasai nafsu (ego) yang berlebihan. Wallahu A’lam.

  5. AHMAD MULYANI

     |
    April 5, 2014 at 9:20 am

    Kita akan merasa berguna jika kita selalu bersyukur dengan apa yang sudah diberikan tuhan lalu menjaga dan meningkatkan kwalitas pemberian itu.

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Angga Kurniawan

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  2

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0