Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Kutipan Novel , Duka dalam Suka
Kutipan Novel , Duka dalam Suka
0 Komentar | Dibaca 850 kali

Setitik Bahagia dalam Duka

Penulis : Ari Setiadi, S.Pd

 

 

 

Ranting dan dedaunan yang terjatuh

Tak pernah menyalahkan sang pohon

Karena ia yakin ranting dan dedaunan

Akan terlahir kembali

Menjadi pucuk-pucuk masa depan

 

Ari Setiadi                             

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SATU

 

 

Suatu pagi, di sebuah Desa bernama Cijenuk yang terletak di daerah  Bandung bagian barat hari itu dilanda mendung. Sang surya seolah enggan menyapa penghuni bumi walau hanya sesungging. Pagi yang biasanya Ia masih sembunyi-sembunyi, seolah enggan menunjukan sedikit parasnya untuk memberikan sedikit kehangatan. Hembusan angin  dari arah barat menyapu debu dan asap kendaraan. Debu dan asap  berlomba  mencari tempat singgah yang nyaman di mana saja bahkan di lubang hidung manusia.

Tepat di pintu gerbang sekolah, bergiliran kendaraan umum menurunkan penumpangnya. Tak lain penumpang itu adalah siswa-siswi SMP Karya Pembangunan. Tanpa menunggu lama, begitu keluar dari pintu kendaraan  mereka segera berjalan masuk melalui rahang gerbang dan menuju kelas masing-masing. Tidak lupa mereka membayar ongkos terlebih dahulu.

Beberapa menit kemudian Pak Aries, Guru Bahasa Indonesia di sekolah itu datang.  Ia masuk ke ruangan yang telah disediakan untuk para guru di sekolah itu. Seperti biasa, salam silaturahmi dan saling membalas ucapan salam pun terjadi di ruangan tersebut. Suatu hal yang dianggap  wajib dilakukan oleh guru atau pun orang-orang yang ada di lingkungan sekolah itu. Namun, hal itu juga wajib kita lakukan di manapun dan kepada siapapun bukan?  karena agama Islam mengajarkan hal tersebut. Ucapan Assalamualaikum wajib kita balas dengan Wa aliaikum salam. Karena ucapan tersebut merupakan suatu doa keselamatan pada orang yang mengucapkan, maupun yang menjawabnya. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surat An-Nisa ayat 86. Yang artinya.

“Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu(dengan serupa)[327]. Sesungguhnya Allah