Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Menampilkan tabel CSV di Android dengan PHP
Menampilkan tabel CSV di Android dengan PHP
0 Komentar | Dibaca 1612 kali

CSV, Comma Separated Value, adalah aplikasi data berupa teks yang dapat dibuat dan dibuka menggunakan Ms Excel. Ternyata file CSV juga bisa dibuat dan dibaca oleh aplikasi web PHP. Dengan memanfaatkan kelebihan CSV maka kita bisa membuat form isian data yang tidak harus disimpan atau terkoneksi dengan MySql dan PhpMyAdmin. yang lebih menarik lagi aplikasi berbasis web ini bisa dijalankan di HP Pintar bersistem operasi Android.

Pada bahasan sebelumnya telah ditulis tentang membuat webserver dengan aplikasi AndroPHP. untuk menjalankan aplikasi ini tidak memerlukan seting yang njlimet, install lalu jalankan dengan menekan tombol OFF yang akan berubah menjadi ON dengan menampilkan alamat localhost serta alamat phpmyadmin.

Setelah menginstall androPhp kita akan dapatkan folder WWW tempat kita meletakkan script-script php . Saya menggunakan PC terlebih dahulu untuk membuat dan mengedit script php-nya, agar terasa lega dan mudah. Setelah semua oke baru beberapa file php dikelompokkan dalam satu folder yang nantinya kita kopikan ke folder WWW di android kita.

android31Salah satu contoh aplikasi isian tanpa menggunakan koneksi database dan phpmyadmin adalah seperti pada tulisan sebelumnya. http://www.budies.info/android/aplikasi-isian-data-berbasis-web-di-android.html  Aplikasi ini dapat dimodifikasi sesuai keperluan dan datum yang diinputkan langsung disimpan dalam format CSV dengan nama sesuai perintah yang kita berikan. File CSV ini nantinya dapat ditampilkan dalam bentuk tabel. Tampilan hasil input data dapat dilihat pada gambar di bawah ini.