Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / PEMBINAAN GURU MADRASAH WILAYAH KECAMATAN MELAYA KAB. JEMBRANA
PEMBINAAN GURU MADRASAH WILAYAH KECAMATAN MELAYA KAB. JEMBRANA
0 Komentar | Dibaca 919 kali
HARYONO @mts61059
19 March 2014

Pemerhati pendidikan, Michael G. Fullan mengungkapkan “educational change depends on what teachers do and think…” Perubahan dan pembaharuan sistem pendidikan sangat bergantung pada “what teachers do and think “. atau dengan kata lain bergantung pada penguasaan kompetensi guru.

Pembinaan guru menjadi hal yang sangat penting dalam upaya proses peningkatan mutu atau kualitas kompetensi guru sehingga dapat mengantarkan guru pada fase kemandirian  serta mampu menjalankan fungsi madrasah sebagai tempat untuk saling belajar, tumbuh dan berkembang.

Kamis (6/2) Kementerian Agama Kab. Jembrana, melakukan pembinaan kepada guru madrasah di wilayah kecamatan Melaya. Kegiatan yang berlangsung satu hari tersebut bertempat di aula MTs. Negeri Gilimanuk dengan diikuti sejumlah guru PNS dan Non PNS dari ; MIN Gilimanuk, MI Al-Fatah, MTsN Gilimanuk, MTs Al-Masyhur, MTs Al-karomah dan MA Al-Mubarok.

Acara dibuka dengan koor lagu Indonesia Raya, Mars Madrasah dan Himne Madrasah yang dinyayikan oleh Paduan Suara Gema Siswa MTsN Gilimanuk. Selaku tuan rumah, Kepala MTs. Negeri Gilimanuk, Hj. Alfiah, S.Ag. dalam kesempatan sambutannya memberikan deskripsi terkait situasi dan kondisi madrasah di wilayah kecamatan melaya dan khususya MTsN Gilimanuk yang telah berhasil mengatarkan siswanya berprestasi sampai ketingkat Nasional. 

Kegiatan pembinaan di isi langsung oleh Bapak Kepala Kantor Kemenag. Kab. Jembrana, I Nyoman Lastra, SPd. MM. dengan didampingi Bapak Kasi Pendidikan Islam, Asmari, S.Ag. Dalam penyampaiannya beliau terlebih dahulu menperkenalkan diri, mengingat beliau baru diangkat dan ditugaskan sebagai Kepala Kantor Kemenag Kab. Jembrana di awal tahun 2014 ini. Meskipun demikian beliau munuturkan merasa tidak terlalu asing ditempat kerja barunya, karena sebelumnya ia pernah mengawali karirnya di Kab. Jembrana.

Selanjutnya beliau mengajak kepada segenap guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) khususnya, untuk lebih mensyukuri anugrah yang telah diberikan Tuhan berupa karunia menjadi PNS, menurut beliau tidak semua orang pitar dan cerdas dapat menjadi PNS, faktor dominan keberuntungan seseorang dapat berhasil menjadi PNS adalah karena adanya intervensi Tuhan didalamnya. Beliau juga menambahkan agar seluruh guru madrasah menunjukkan kinerja (work performance) yang memadai, menguasai penggunaan teknologi komputer maupun laptop serta menghilangkan jenis-jenis penyakit, seperi KUDIS (Kurang Disiplin) dan KURAP (Kurang Rapi).

page

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

eros persada

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0