Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Internet & Media Sosial

Beranda / Internet & Media Sosial / Pentingnya Media Penyimpanan Online
Pentingnya Media Penyimpanan Online
4 Komentar | Dibaca 2111 kali
Awan Setiawan @awan28
19 March 2014

Sore all 🙂

Awan SetiawanCeritanya beberapa hari yang lalu ada seorang teman minta diperbaiki netbooknya, singkat cerita netbook tersebut Mr. Cloudy periksa. Dan ternyata setelah diperiksa netbook tersebut ada masalah dengan media penyimpanannya (Harddisk), prosses booting tidak berjalan dengan baik dan proses running netbook  terasa berat banget. dari itu sedikit gambaran bahwa identifikasi kerusakan terletak pada harddisknya.

Dalam harddisk tersebut pastinya ada data penting yang harus diselamatkan. Utak-atik dengan berbagai softwae recovery tidak kunjung mendapatkan hasil dan pada akhirnya Mr. Cloudy meminta izin pada yang empunya netbook untuk format harddisk dan dengan resiko kehilangan data.

Lanjut cerita supaya service netbooknya cepat kelar, Mr. Cloudy coba format menggunakan netbooknya sendiri dan ternyata gagal disk kadang terbaca kadang tidak. Coba ganti menggunakan PC dan hasilnyapun tetap harddisk tidak dapat di format ulang.

Mr. Cloudy laporan kembali pada yang empunya netbook bahwa harddisknya memang benar-benar sudah tidak bisa dipakai lagi. ya dengan berat hati harus diganti dan kita tahu setelah tahun kemarin kota Fataya Thailand kebanjiran harga harddisk dipasaran melambung tinggi sampai sekarang. hehehhe..
Dan terbukti setelah harddisk diganti netbook kembali normal seperti sedia kala. 😀
Dari cerita service netbook teman Mr. Cloudy tadi kita bisa ambil pelajaran bahwa resiko kehilangan data pada PC, Laptop, netbook ataupun gadget memang cukup besar, selain karena kerusakan pada hardware bisa saja gara-gara human error, salah menghapus ataupun tidak sengaja terformat media penyipanannya. untuk itu Mr. Cloudy menyarankan untuk sahabat-sahabat semua mencoba menggunakan media penyimpanan online yang saat ini banyak diinternet, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Berikut Aplikasi yang bisa kita gunakan untuk menyimpan data secara online dan memiliki fitur sinkronisasi data yang layak dicoba dan Mr. Cloudy sendiri sudah menggunakannya dari beberapa tahun yang lalu :

1. MEDIAFIRE

Tentunya sudah tidak asing lagi dengan MEDIAFIRE, ketika kita sedang browsing sering sekali menemukan link download yang diarahkan ke media penyimpanan mediafire  ini. untuk lebih jelasnya bisa kunjungi website resminya  MEDIAFIRE


Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire

2. DROPBOX

Berikut cuplikan dari website resminya DROPBOX
Taruh file Anda di Dropbox dan buka dari komputer, ponsel, atau tablet Anda. Edit dokumen, tambahkan foto otomatis, dan tunjukkan video dari mana pun.
Bekerja dengan tim Anda seperti Anda menggunakan satu komputer. Semuanya secara otomatis pribadi, sehingga Anda mengontrol siapa yang melihat apa.
Sekalipun ponsel Anda berenang, file Anda akan selalu aman di Dropbox dan dapat pulih kembali dalam sekejap. Dropbox melindungi file Anda dengan enkripsi AES-256 bit dan verifikasi dua langkah.

Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire

3. Google Drive

Salah satu media penyimpanan online yang paling mudah dan gratis yang diberikan oleh Google, ketika kita membuat akun email di google kita sekaligus mendapatkan berbagai aplikasi yang bisa kita gunakan dan tentunya gratis, salah satunya Google Drive.
Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire

4. ONEDRIVE

Satu lagi Online storage yang gratisan yang cukup menarik yaitu ONEDRIVE selain sebagai online storage juga dalam aplikasinya sudah terintegrasi dengan aplikasi Office.
http://www.mediafire.com/view/pt54vwd6wajs2l1/Onedrive.jpg

Dan masih banyak aplikasi-aplikasi penyedia penyimpanan online baik yang berbayar maupun yang gratis. seperti  4shared.comindowebster dll.

Artikel ini juga bisa dilihat di XBASCOM Selamat mencoba …({})

Mr. Cloudy

Sumber icon dan link :
1. MediaFire
2. Dorpbox
3. Google Drive
4. Onedrive

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Terdapat 4 Komentar pada "Pentingnya Media Penyimpanan Online"

  1. SAHRI RIZA UMAMI

     |
    March 24, 2014 at 7:36 am

    BACKUP!. Itu yang penting.

    Pastikan backup dalam media yang berbeda dan terjamin integritas datanya.

    Cloud computing sebagai sarana backup tidaklah aman.
    Pertama, ia membutuhkan koneksi internet. Bayangkan jika kita membutuhkan backup ternyata sambungan internet bermasalah.
    Kedua, data kita selalui dipindai. Entah oleh si pemilik server atau oleh aparat berwenang di mana server berada.
    Ketiga, tidak terjaminnya keberlangsungan server. Ingat rapidshare? Megaupload?

  2. Whyndita Dewi

     |
    April 22, 2014 at 12:48 pm

    Solusi cloud lebih cocok untuk organisasi skala enterprise yang memang perlu mengorganisir data-data hasil aktifitas internal perusahaan

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

sdehyujklli

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
  • cody 06 December 2016 - 01:50

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0