Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / HILANGNYA PENDIDIKAN MORAL ATAU AKHLAQ
HILANGNYA PENDIDIKAN MORAL ATAU AKHLAQ
0 Komentar | Dibaca 1353 kali

Pendidikan merupakan sarana yang sangat penting bagi generasi penerus bangsa. Dan sebuah negara atau bangsa yang maju adalah mutu pendidikannya sangat berkwalitas. Namun akhir-akhir ini sering saya lihat, terutama di kota-kota besar pendidikannya menurun drastis yang dalam hal ini adalah pendidikan moral/akhlaq. Rasa nasionalismenya sudah menghilang. Banyak orang menuntut ilmu hanya untuk mengejar titel, pangkat, dan jabatan. Mereka tidak merasa bagaimana rasa tanggungjawabnya terhadap beban yang ada di pundak kita. Ataukah mereka sudah lupa dengan amanat yang disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara “ING NGARSO SUNG TULODO, ING MADYO MANGUN KARSO, TUT WURI HANDAYANI”.

Selain itu, saya juga sering melihat dan mendengar beberapa kasus akibat menurunya pendidikan moral/akhlaq, diantaranya : tawuran antar sekolah, korupsi yang merajalela, pelecehan sexsual, dll. Terkadang juga ada orang yang sudah punya titel banyak, punya jabatan, bahkan menjadi anggota Dewan baik Pusat maupun Daerah masih belum hafal/memahami Pancasila dan UUD 1945. Betapa sedihnya bangsa ini…….

Oleh karena itu, saya mengajak serta menyarankan kepada pembaca…
Dalam menuntut ilmu yang terpenting bagi kita adalah ilmu akhlaq. Percuma kita punya titel, pangkat, dan jabatan kalau akhlaq kita tidak becus. Sebesar gunung ilmu yang kita miliki, setinggi langit pangkat dan jabatan yang kita punya, dan sepanjang kereta api titel kita, percuma kalau kita tidak berakhlaq. Jadi bagi saya ilmu yang paling tinggi adalah “ILMU AKHLAQ/MORAL”.

Semoga coretan ini dapat bermafaat bagi kita semua dan bagi generi bangsa pada khususnya.
Sekian dan terimakasih.

Mohon maaf dan mohon komentar serta saran jika terdapat kalimat yang kurang pas.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

SANTONO

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  2
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0