Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Tingkatkan APK PAUD, Pemkab Polewali Mandar Luncurkan PAUD-HI Taman Siwaliparri
Tingkatkan APK PAUD, Pemkab Polewali Mandar Luncurkan PAUD-HI Taman Siwaliparri
0 Komentar | Dibaca 1308 kali
DENNY A @denny1961
31 March 2014

Demi mempercepat peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Polewali Mandar, Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar gencar melaksanakan sosialisasi dan pembentukan lembaga Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) yang dikemas dengan nama TAMAN SIWALIPARRI, yang merupakan akronim dari tempat bermain yang aman dan nyaman stimulasi perawatan perlindungan anak mandar mandiri.

“Di semua kecamatan harus dibentuk lembaga PAUD-HI atau Taman Siwaliparri, demi mendorong percepatan peningkatan APK PAUD di Kabupaten kita ini”, tegas Andi Ibrahim Masdar, Bupati Polewali Mandar, yang baru dua bulan menjabat sabagai bupati.

Dalam implementasinya, Taman Siwaliparri sebagai lembaga PAUD yang memberikan layanan holistik integratif, Andi Ibrahim Masdar meminta agar semua SKPD terkait terlibat aktif dalam memberikan layanan bagi anak usia. Misalnya Dinas Kesehatan harus terlibat secara penuh dengan bekerjasama lembaga PAUD memberikan layanan perawatan kesehatan dengan melakukan deteksi dini tumbuh kembang anak. Demikian pula pihak Badan Keluarga Berenacana dan Perlindungan Perempuan dan Anak harus pula terlibat secara memberikan layanan bagi anak usia dini, melalui pembinaan keluarga balita, misalnya memberikan layanan penyuluhan tentang pengasuhan yang baik bagi orang tua anak usia dini yang berada di lembaga Taman Siwaliparri. Bahkan untuk kesinambungan pembinaan, SKPD yang lain meisalnya Dinas Perindustiran dan Perdagangan serta Dinas Koperasi bisa masuk dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan keterampilan dan pemberian pinjaman modal, yang pada akhirnya bisa mengangkat derajat ekonomi keluarga.