Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / “ikhlas menjadi guru”
“ikhlas menjadi guru”
3 Komentar | Dibaca 1405 kali

Kata ikhlas mungkin tidak asing lagi bagi kita,ikhlas berarti beramal hanya semata mata mengharap ridho ALLAH.SWT.Kata “beramal” memiliki penekanan yang kuat berarti kerja keras dalam berbuat kebaikan.
Dalam konteks sebagai guru, maka bekerja sebagai guru merupakan ladang “amal” sekaligus merupakan ladang “tanggung jawab mendidik”.
Ikhlas menjadi lebih mudah ketika setiap guru dalam suatu sekolah bisa melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik. Rasa tidak ikhlas muncul dalam diri kita berupa jengkel dan sebagainya ketika melihat ada guru yang tidak melaksanakan tanggungjawabnya dengan baik, padahal kita sudah berusaha melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita.
Mungkin inilah fenomena yang kita rasakan, seharusnya guru bisa berbuat lebih baik, dan lebih ikhlas dalam bekerja, mengapa? saat ini guru merupakan sebuah profesi, yang harus ditunjukkan dengan sikap profesional pula. Guru yang profesional harus menjadi teladan dalam mendidik dan mengajar, apakah karena sudah profesional kita lantas malu untuk bersama siswa memegang sapu membersihkan lingkungan sekolah? apakah karena sudah profesional kita lantas menjadi tinggi hati dan memilih bersikap ” elegan”sehingga sulit berbaur dengan siswa kita. Saya salut kepada teman pejuang pendidikan yang bersedia menjadi guru berjuang mendidik dan mengajar, meskipun belum memiliki sertifikat “profesi” disitulah keikhlasan mulai menjelma bahwa profesi guru adalah mulia.
Ingatlah bahwa anak didik kita bisa menilai seperti apa kita, ketika kita ikhlas mendidik,mengajar dan bekerja bertanggung jawab dengan baik…maka kitalah guru inspirasi bagi mereka.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Terdapat 3 Komentar pada "“ikhlas menjadi guru”"

  1. HENDRY SYAHPUTRA NASUTION

     |
    April 15, 2014 at 1:13 pm

    Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

  2. SUPAJI ALATAS

     |
    April 29, 2014 at 8:29 am

    Senang dan mengingatkan kita sebagai guru utk bekerja lebih Iklas, bukan karena pimpinan dan atasan tp mencari Iklas demi Ridho Ilahi, …… Sip tulisannya jempolan bu

  3. HIDAYATI

     |
    May 5, 2014 at 8:51 am

    terimakasih pak supaji, bapak mengajar apa pak? tingkat smp atau sma

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Kemenag Kuningan

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0