Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / Inspirasi Kesetiaan dari Gajah
Inspirasi Kesetiaan dari Gajah
0 Komentar | Dibaca 3542 kali

Banyak kisah atau kejadian yang dapat menjadi Inspirasi Kesetiaan, entah itu berasal dari kehidupan manusia maupun kehidupan dari seeor hewan.  Berikut sepenggal nilai Kesetiaan yang dapat diambil dari sifat kehidupan hewan Gajah berdasarkan sebuah penelitian dan pengamatan, yang mungkin dapat sebagai inspirasi makna sebuah kesetiaan.

Sebuah riset pada gajah-gajah yang dilakukan Universitas Sussex oleh Dr. Karen McComb di Taman Nasional Amboseli, Kenya, m,embuktikan bahwa gajah akan menunjukkan reaksi yang sangat kuat saat menemukan bangkai dari jenis mereka sendiri. Dibandingkan dengan binatang lainnya, Gajah sangat peduli terhadap gajah-gajah lain yang mati terutama dalam kelompoknya. Akan tetapi Gajah tidak peduli dengan hewan lain yang mati.

Sifat setia Gajah itu sangat kuat. Saat menemukan seekor bangkai gajah, dia akan menyentuhnya dan menciumi bangkai tersebut untuk lebih mengenal dan mengingat kembali kehidupannya di masa lalu. Terkadang dengan menggunakan kaki mereka yang peka menggoyangkan gading atau badannya dengan lembut, jika merupakan kelompoknya.
Pada dasarnya Gajah mempunyai sifat penuh kedamaian dan kebersamaan. Gajah dapat meneteskan air mata serta dapat mengingat hubungan dengan ratusan gajah yang lain. Gajah menyadari pentingnya setiap anggota dari jenis mereka. Bahkan kesetiaan buta gajah ditunjukkan kerelaan tidak makan dan minum selama menunggu bangkai gajah yang lain sampai ia mati. Cap Kaki Tiga, Setia, Manfaat
 Seorang fotografer ternama John Chaney (63) bersama istrinya Diane, berhasil mengambil gambar saat seekor Gajah mengeluarkan air mata saat melihat dan menunggui mayat Gajah lainnya yang sudah mati di taman safari Botswana. Mereka terharu, “Ternyata rasa setia dan rasa cinta tidak hanya dimiliki oleh manusia. Gajah tetap menunggui mayat gajah lain bahkan saat siap diserang oleh Hyena,” lirih Chaney, seperti yang ditulis di dailymail.co.uk. 
setia gajah
Mungkin kita tahu bahwa setiap makhluk hidup yang ada pasti memiliki emosi, namun hanya manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna karena diberikan akal pikiran, hati nurani serta rasa cinta. Demikian juga dengan KESETIAAN yang sesungguhnya dimiliki manusia. Tetapi sayangnya, salah satu sifat mulia manusia ini seakan-akan sudah menjauh dari diri kita. Dengan berbagai macam alasan pembenaran orang seakan bisa dengan mudah untuk mengabaikan kesetiaan dikarenakan materi, kepentingan dan kedudukan.
Sifat Gajah ini setidaknya dapat mengingatkan dan menginspirasi kita tentang komitmen kesetiaan dan kebersamaan. Bila Gajah saja bisa setia, maka kita sebagai manusia seharusnya bisa untuk lebih setia daripada mereka bukan? Seperti halnya dengan larutan Cap Kaki Tiga yang setia memberi manfaat bagi semua.  Cap Kaki Tiga, Setia, Manfaat
Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

pandawa eksa

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  6

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0