Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / Pemasangan Portal Kemanan? Sah? atau Meresahkan?
Pemasangan Portal Kemanan? Sah? atau Meresahkan?
2 Komentar | Dibaca 5077 kali

Dimulai dari rapat RT di perumahan saya semalam yang salah satunya membahas tentang pemasangan portal keamanan. Secara logika memang ada manfaat dari portal keamanan yang berada pada perumahan, yaitu sebagai batas atau border untuk membantu satpam yang berjaga dengan mudah memantau orang-orang yang lewat. Akhir-akhir ini tindak kejahatan sangat meresahkan di lingkungan perumahan, buktinya di RT saya saat ini beberapa minggu lalu ada pencurian dengan modus hipnotis  pada siang hari! bayangkan sekarang orang jahat beraksi tidak pandang waktu.. malam, pagi,siang asal ada kesempatan pun jadi.

Dilatarbelakangi akan hal ini maka RT saya mengambil inisiatif untuk melakukan pemasangan portal kemananan yang hanya difungsikan saat malam hari pukul 21.00 – 05.00. Beragam tanggapan pun mewarnai pemasangan portal ini, dikarenakan perumahan RT kami ini jalannya agak besar, maka banyak kendaraan yang berlalulalang disekitar sini. Setelah banyak respon negative dari pengguna jalan dan RT tetangga yang mengeluhkan susahnya akses jalan ini maka semalam RT kami melakukan rapat untuk membahas hal ini.

Ternyata pemasangan portal ini tidak boleh sembarangan, terdapat aturan Perda yang mengatur hal ini.. saya lupa tepatnya perda nomor berapa, yang jelas dibacakan bahwa “Setiap orang atau badan dilarang membuat atau memasang portal kecuali seizin Wali Kota atau pejabat yang berwenang”, Harusnya peraturan ini juga berlaku disemua kota di Indonesia, mengacu peraturan ini saya lalu membayangkan perumahan-perumahan lain yang kok bisa dengan mudahnya membangun portal keamanan sendiri apakah mereka-mereka sudah mendapatkan persetujuan pak walikota? Kalau perumahan one gate system cluster sih ga masalah ya, soalnya kan lingkup mereka sendiri, nah apabila perumahan memiliki jalan agak besar dan banyak digunakan pengguna umum lainnya ini yang agak merepotkan, dikala kita ingin menuju ke suatu tempat yang membutuhkan jalan melewati perumahan itu.. kan ini sangat menggangu, soalnya peraturan buka tutup portal dibuat seenak udelnya sendiri, ada yang tutup pagi mulai jam 10.30-14.30 juga.. ini siang-siang ditutup!! mau lewat perumahan sebelahnya juga sama ditutup portalny