Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / PEMBERLAKUAN RAPORT ONLINE
PEMBERLAKUAN RAPORT ONLINE
7 Komentar | Dibaca 3617 kali

PEMBERLAKUAN RAPORT ONLINE BERMASALAH BAGAIMANA SOLUSINYA
Supaji Alatas M.Pd
Guru SMPN I Tambak–Bawean-Gresik

Rumusan Masalah
alam dunia pendidikan wajar jika ada suatu perubahan yang sangat pendesak baik dalam sistem pembelajaran, administrasi bahkan cara dan metode pembelajaran yang diterapkan, sekaligus apa yang dibutuhkan oleh semua pihak, baik itu pihak wali murid, siswa, tokoh masyarakat dan steckgolder di lingkungan sekolah.

Kementrian pendidikan nasional Bapak Moh.Nuh, menyaranan pendidikan perioade Indonesia Emas tahun 2045 menjadikan generasi muda pelopor pendidikan kedepan yang bersaing ketat dengan negara-negara maju, baik dibidang tehnology, ilmu pengetahuan dan penemuan– penemuan ICT.

Berkembangnnya ICT sekarang juga membawa perubahan baru pula terhadap lingkungan administrasi pendidikan sekolah, diberlakukannya” Raport Online “ suatu kebijakan dan tanjggungjawab kita semua.Sekarang bagaimana tanggapan kita selaku pendidik dikalangan dunia pendidikan Indonesia? tentunya pertanyaan tersebut menimbulkan pro dan kontra, pro dalam arti mereka yang cenderung menguasai ICT tentu mempermuda kinerja kita selaku pendidik, sebaliknya timbulnya ke tidak tauan tentang ICT alias GAPTEK suatu tantangan yang berat diera sekarang.Tentu kita selaku wali murid dengan adanya Raport Online ada sedikit kekuatiar bagamana jika putra putri kita tidak mengausai ICT sekaligus wali muridnya, hal tersebut menambah beban kita selaku wali murid.Kita boleh berkata tidak setuju, terutama di kalangan wali murid pedesaan (terbelakangan ICT), lain halnya dengan lingkuan perkotaan yang sangat mendukung kemajuan putra-putrinya.

Kamajuan ICT terhadap Raport Online tentu akan membawa kemajuan yang pesat terhadap pengguna berkelanjutan terutama adiminstrator sekolah, lain bagi mereka pengguna sementara (wali murid), keunggulan Raport Online dibandingkan Raport Biasa (Print Out) tentu berbeda jika RO (Raport Online) mempercepat informasi wali murid, secara langsung mereka bisa mengakses di rumah masing-masing jika tersedia alat komunikasi.RB (Raport Biasa) banyak menyita waktu, tenaga hanya untuk mengetahui hasil putra-putri kita dalam proses pembelajaran selama satu semester lalu.

Berbicara hal menyangkut baik dan lebih baik sewajarnya kita kembalikan kepada kebutuhan yang banyak menggunakan hal tersebut, semakin banyak pengguna/pengakses web di dunia maya Raport Online misalnya tentu kita katakan itu lebih baik, mempermuda, singkat dan lebih transparan, persoalan baik dalam raport manual Print Out tentu baik, baik dan lebih baik bukan menggurangi suatu program pemerintahan kedepan akan tetapi itu akan menemukan solusi bagamana nantinya pendidikan menemukan titik terang terhadap pelayanan kepada wali murid.

Sekarang efektifkah pemberlakuan Raport Online di atas jika diterapkan di seluruh wilayah Indonesia? Pemberlakuan Raport Online sangat efektif di era globalisasi, persaingan dalam perkembangan di dunia ICT memungkinkan efektif sekali, ke-efektifan tersebut kita dapat membuktikan dengan cepatnya informasi dari lembaga satu ke lembaga lainnya, sehingga dapat keterkaitan satu sama lainnya dalam hal yang sama.

Jika sudah ada Raport Online masih perlukah ada raport tertulis? Menurut penulis pribadi Raport Online hanya sekedar acuan sebagai bukti informasi terpadu bukan sebagai bukti fisik bahwa informasi yang didapat oleh wali murid benar-benar dilakukan oleh setiap lembaga sekolah, bentuk lapor kepada setiap wali murid yang ingin mengetahui hasil laporan siswa dalam kurun waktu lama dan dilaporkan dalam bentuk informasi secara cepat.Sekarang perlukah laporan dibarengi dengan laporan secara tertulis juga.Tentu hal sersebut sangat penting untuk dipertunjukkan dalam bentuk laporan secara tertulis.

Kesimpulan :
Dari apa yang penulis paparkan sekiranya kami dapat menyimpulkan bahwa RO (Raport Online) mempercepat informasi kepada wali murid yang membutuhkan secara langsung sementara.RB (Raport Biasa) merupakan bentuk laporan secara fisik guna membuktikan bahwa putra-putri wali murid yang bersangkutan dapat mengetahui secara berkelanjutan sebagai bahan arsip di rumah maupun di lembaga yang bersangkutan.

Oleh karena itu jika sudah ada RO (Raport Online) masih perlukah ada raport tertulis atau RB (Raport Biasa). Ya kedua-duanya sangat lah penting bagi pihak yang membutuhkan (wali murid) dan pihak sekolah sebagai pengelolah lembaga.jalan terbaik memecahkan masalah dalam solusi pemberlakuan raport Online yaitu membekali siswa dengan penegtahuan ICT guna menerapkan ditengah-tengah keluarga yang belum menguasai ICT tersebut. Selamat berlajar dengan perkembangan tehnology modern agar menyamai dengan negar-negara maju.#

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Terdapat 7 Komentar pada "PEMBERLAKUAN RAPORT ONLINE"

  1. Robert Davis Chaniago

     |
    May 2, 2014 at 1:47 am

    Mohon untuk kedepannya, tambahkan “featured images” untuk mem-visualisasikan artikel anda agar terlihat menarik, serta jangan lupa untuk melengkapi parameter wajib lainnya seperti mengisikan kategori sesuai tema artikel Anda, menambahkan tags, memberikan keterangan sumber gambar dst.

    Terima kasih telah berkontribusi dalam SIAP Wacana, jadikanlah portal ini sebagai sarana untuk berbagi ilmu & berbagi pengetahuan dalam memajukan Pendidikan di Indonesia.

    #btway : Bapak Supaji ini posisinya di pulau bawean atasnya gresik itu ya? wihh… di tengah laut.. 😀

  2. SUPAJI ALATAS

     |
    May 4, 2014 at 3:01 am

    IA, pak posisi pulau bawean ada di kepulauan jarak dari kab, kota 82 mil, nan jauh di sana, trima kasi saran dan masukannya

  3. agus wibowo

     |
    May 4, 2014 at 1:28 am

    Sebenarnya RO bisa diterapkanditerapkan dg membuat memakai spreadsheet punya google drive, kemudian di publikasikan ke web atau blog sekolah, sehingga dari awal murid bisa melihat nilai dr ulangan harian sampai ulangan umum

  4. SUPAJI ALATAS

     |
    May 5, 2014 at 10:36 pm

    TERIMA KASIHPAK AGUS MASUKKANNYA

  5. ABDULLAH

     |
    June 10, 2014 at 6:31 am

    ADA BAIKNYA PEMBERLAKUAN RAPOR ONLINE DI SELURUH INDONESIA.

  6. Ubayd Mantsur

     |
    June 27, 2014 at 10:51 pm

    Masukan juga pak, alangkah baiknya jika diberlakukan juga “buku penghubung” online, ini istilah yg saya kutip dari sekolah siswa saya waktu masih aktif ngajar privat, “buku penghubung” merupakan buku penghubung antara tenaga pendidik (guru) dan orang tua peserta didik , yang berisi tugas yg harus dikerjakan siswa di rumah dan informasi lainnya yang sifatnya harian, sehingga orangtua tidak kehilangan informasi tentang perkembangan anaknya di sekolah. Sedangkan untuk aplikasinya bisa dipublikasikan di blog sekolah atau share di google drive yang bisa diakses melalui gadget ataupun smartphone. Mungkin saja penerapannya masih terbatas di kota-kota besar, akan tetapi ini salah satu upaya agar orang tua yang sibuk di perkotaan tidak kehilangan informasi tentang perkembangan anaknya di sekolah.

  7. MUJIASIH

     |
    August 27, 2014 at 8:24 pm

    Setuju adanya rapor online, buku penghubung, raport biasa. Menurut saya itu ujud hubungan antara pendidik dan orang tua, sehingga orang tua dapat memantau. Tidak harus meluangkan waktu ke sekolah, tetapi cukup buka online, apalagi penilaian autentik itu membutuhkan ketransparanan baik dari pendidik itu sendiri maupun orang tua siswa, sedini mungkin untuk sikap anak yang belum sesuai dengan Kompetensi Inti 1 maupun 2 dapat segera ditanggulangi dan menjadi tanggungjawab ke dua belah pihak. Semoga Kurikulum 2013 ini Pendidik betul-betul melaksanakan dengan inten, baik dimonev maupun tidak tetap eksis melaksanakan, jangan hangat-hangat tai ayam !!!! Terimakasih Bapak Supaji Alatas semoga rapot online bisa terealisasi amin,

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

agus prasetio

sebarat apapun jika itu sudah menjadi tugas ,, saya akan kerjakan dengan benar
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0