Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Internet & Media Sosial

Beranda / Internet & Media Sosial / Serba Online,.. Baikkah..??
Serba Online,.. Baikkah..??
0 Komentar | Dibaca 884 kali

EUFORIA PENYIMPANAN DATA ONLINE DAN KONSEKUENSINYA

Internet, sebuah kata yang tak asing lagi selama belasan tahun belakangan ini. Menurut beberapa referensi yang saya lansir, ada banyak versi yang menyebutkan tahun berapa Internet mulai masuk dan berkembang di Indonesia. Namun secara umum dapat diambil kisaran tahun 1988-1996. Di awal keberadaannya, penggunaan Internet masih terbatas untuk keperluan pertahanan keamanan/militer, sains dan perkumpulan komunitas tertentu. Dalam perkembangan selanjutnya, ternyata dunia per-internetan mulai melebarkan sayapnya ke bidang pemerintahan, ekonomi, sosial, dan bidang-bidang strategis lainnya. Mau menghitung jumlah pengguna internet saat ini ? Dari beberapa sumber, angka pengguna internet diseluruh dunia pada tahun 2011 sudah mencapai lebih dari 2 milyar. Data terbaru jumlah penduduk dunia saat ini menembus angka 7 milyar. Jadi pengguna Internet dunia sudah lebih dari 28,5 %. Mau angka riilnya…?….saya menduga, belum selesai anda menghitung, angkanya sudah berubah lagi.

Begitu besarnya kebutuhan dan animo masyarakat terhadap penggunaan internet ini. Bahkan, kalau kita mau jujur, saat ini sudah tidak ada batasan usia lagi untuk menggunakan internet. Anak-anak berusia dibawah 10 tahun sudah mahir “browsing”, paling tidak untuk berselancar dengan game-online, facebook, dan lainnya. Dunia pendidikan, pemerintahan, perbankan, tak terhitung lagi yang menggunakan layanan internet untuk keperluan transfer dan penyimpanan data-data. Teknologi, selama ini memang harus kita akui sebagai sesuatu yang bermanfaat jika digunakan dengan baik dan bertanggung jawab. Berapa banyak manfaat yang dapat kita nikmati dari keberadaan teknologi ini, … tak terhingga. Tetapi, kita juga harus menyadari bahwa segala sesuatu itu ada pasangannya, ada siang-malam, kalah-menang, baik-buruk, berhasil-gagal, laki laki-perempuan, pintar-bodoh, dan …. banyak lagi.

Sebagaimana dua sisi yang berlawanan itu, dunia perinternetan juga sudah kita rasakan memiliki sisi positif dan negative. Sejauh ini, sudah ada beberapa (dan jumlahnya terus bertambah) “pemain” lama yang menyediakan jasa penyimpanan data online ini, namun sebut saja dua diantaranya yang terbesar Google dan Yahoo. Coba kita hitung berapa banyak dan lengkapnya data-data atau informasi didunia ini yang tersimpan, diketahui, dan dapat dikendalikan oleh me