Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Padamu Negeri

Beranda / Padamu Negeri / KMS dalam PPDB di Sekolah
KMS dalam PPDB di Sekolah
2 Komentar | Dibaca 2207 kali

KMS (Kartu Menuju Sejahtera) diluncurkan oleh pemerintah dengan maksud yang sangatlah mulia,.. Salah satunya adalah bisa memberikan kesempatan bagi siswa/peserta didik yang kurang mampu (Kurang sejahtera bisa saja dirasakan oleh semua orang) )untuk mendapatkan sekolah yang berkualitas. Setelah berjalan beberapa tahun,.. ada beberapa kalangan yang memang bisa merasakan manisnya selembar KMS ,.. namun ada juga sebagian kalangan yang merasakan getirnya Surat Sakti bernama KMS tersebut.

Penerimaan Siswa Baru

Kenyataan yang mungkin saja terjadi :

  1. KMS dimiliki oleh siswa yang memang kurang mampu secara finansial, namun mereka mampu dalam penilaian pendidikan.
  2. KMS dimiliki oleh siswa yang memang kurang mampu secara finansial, namun mereka kurang mampu dalam penilaian pendidikan.

Indonesia adalah negara Hebat… Di Negara yang kita cintai ini,…apapun bisa saja terjadi… Apa sih yang tidak bisa..???
Bukan tidak mungkin :

  1. KMS bisa dimiliki oleh siswa yang termasuk mampu secara finansial, namun merekapun mampu dalam penilaian pendidikan.
  2. KMS bisa dimiliki oleh siswa yang termasuk mampu secara finansial, namun mereka kurang mampu dalam penilaian pendidikan.

Permasalahan muncul ketika KMS (Kartu Menuju Sejahtera) digunakan sebagai senjata pamungkas dalam penyaringan Penerimaan Siswa Baru / PPDB di sekolah-sekolah, melalui kuota PPDB Jalur KMS. Sudah pasti Jalur KMS akan menyisihkan Kuota Jalur Umum, yang mungkin di dalamnya banyak siswa termasuk cukup mampu dalam penilaian sekolah, yang telah berjuang mati-matian belajar siang malam demi sukses di Ujian Negara, agar mendapatkan nilai memuaskan, dan bisa diikut sertakan dalam seleksi PPDB di Sekolah yang sudah lama mereka idam-idamkan.
Mereka berperang secara ksatria… hanya bersenjatakan nilai Ujian Negara,..
Apakah mereka nanti akan menang…???
Saya sebagai orang awam hanya bisa melihat…!
Melihat segala bentuk latihan kerasnya,… Melihat Perjuangannya,.. Melihat Pertempurannya,.. dan mungkin akan melihat kekalahannya…
Untukmu Indonesia,… aku ra popo..!

Artikel Terkait