Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / KOTAK MALAIKAT, Teknis Penilaian Antar Teman
KOTAK MALAIKAT, Teknis Penilaian Antar Teman
1 Komentar | Dibaca 2099 kali

Sebuah kebiasaan lain yang aku terapkan untuk anak didikku di kelas 5 adalah mereka saling menilai pribadi dan kebiasaan temannya. Penilaian tentang kebailan dan keburukan teman yang dilihatnya pada hari itu. Menuliskannya pada secarik kertas yang dipersiapkan dan ditaruh di sebuah kotak yang kami beri nama “Kotak Malaikat”. Tujuan pembiasaan itu kami (aku dan anak didikku) sepakati untuk saling menjaga dan saling memantau sikap selama proses belajar dan mengajar dalam kelasku, agar mereka anak didikku selalu berhati-hati dalam berperilaku di sekolah pada jam sekolah karena akan ada teman yang selalu mengamati dan siap mencatatnya.

Kotak Malaikat

Aktivitas Laela Suliswati

Mengapa “ Kotak Malaikat? ” Dalam perjalanan pembelajaran sampai kelas lima, anak-anak sudah dibekali pemahaman dan keyakinan tentang adanya malaikat yang selalu mencatat amal perbuatan kita “baik” dan “buruk”nya. Tatapi karena bersifat ABSTRAK, anak-anak cenderung mengabaikan dan melupakan kalau dirinya selalu diawasi dan dicatat amalan sehari-harinya oleh Malaikat, kecuali anak-anak khusus dengan didikan agama yang intensif di lingkungan keluarganya. Jadi kami bersepakat menjadikan antar teman mewakili atau seolah-olah dirinya sebagai malaikat bagi temannya, dan temannya sebagai malaikat bagi dirinya, yang siap melaporkan perbuatan baik dan buruk untuk mengerem sikap dan tingkahlaku selama di sekolah yang bisa merugikan dan membahayakan dirinya dan temannya.

Sebagai guru, saya bisa mendapatkan laporan atau catatan kecil dari anak didikku setiap harinya tentang sikap mereka yang tidak sepenuhnya bisa saya pantau. Dari catatan yang terkumpul dalam Kotak Malaikat itu, saya bisa mengevaluasi dan menganalisa setiap hari atau setiap pekan siapa saja yang perlu saya beri motivasi dan inspirasi untuk kebaikan mereka.

Uji coba Artikel untuk wacana.siap.web.id _ Sumber dari Blog sendiri: http://laelasuliswati.blogspot.com/2014/05/kotak-malaikat-teknis-penilaian-antar_10.html

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Hanya satu komentar pada "KOTAK MALAIKAT, Teknis Penilaian Antar Teman"

  1. Ariyo Galih

     |
    June 19, 2014 at 8:45 pm

    Selamat Datang di SIAP Wacana & Selamat Berkarya 🙂

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0