Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Matikan Ponsel Saat Tidur!
Matikan Ponsel Saat Tidur!
0 Komentar | Dibaca 821 kali

hp

Kebanyakan orang beralasan menghidupkan ponsel ketika tidur sebagai jam alarm, padahal sebenarnya hal itu membahayakan kesehatan.

Studi dari Stanford University menemukan 75 persen dari 200 siswa yang disurvei tenyata tidur dengan ponsel yang diletakkan di bawah bantal atau di meja samping tempat tidur. Bahkan, orang berusia 18-44 tahun mengaku ponsel harus selalu dekat dalam jangkauan mereka bahkan ketika tidur.

Ponsel memang berguna untuk mengirimkan pesan, memeriksa waktu, mengatur alarm, melihat kalender, digunakan sebagai senter, dan masih banyak lagi. Namun apakah Anda rela sakit hanya karena ponsel?

Berikut adalah beberapa bukti yang menyakinkan tentang mengapa tidur dengan ponsel dapat membuat Anda tak sehat:
• Insomnia
Jika ponsel Anda bisa membangunkan Anda di pagi hari, maka ponsel juga dapat membuat Anda terjaga di malam hari. Studi yang dilakukan Prof. Bengt Arnetz di tahun 2008 menunjukkan, radiasi ponsel membuat seseorang membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur dan membuat tidur tak nyenyak.

Ponsel menggunakan radiasi elektromagnetik dalam jangkauan gelombang mikro. Ponsel pintar dapat mempengaruhi tidur non-REM yang menghambat aliran darah untuk mengalir ke otot-otot. Akibatnya baru akan Anda rasakan di pagi hari, seperti sulit konsentrasi, nyeri, dan susah fokus.

• Sleep Texting
Menurut Dr David Cunnington dari Melbourne Sleep Disorder Centre di Australia, tidur dekat dengan ponsel bisa menimbulkan peristiwa aneh. Kita mengirimkan SMS berisi pesan yang isinya tidak dimengerti kepada teman-teman atau keluarga. Hal ini disebut dengan sleep texting atau mengirim pesan SMS yang dikirim selagi tidur.

• Tumor otak
Temuan oleh The National Cancer Institute yang dipublikasikan di tahun 2001 menemukan adanya indikasi risiko tumor otak yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang jarang menggunakan ponsel. World Health Organization (WHO) International Agency for Research on Cancer juga mencatat bahwa radiasi elektromagnetik dari ponsel dan perangkat nirkabel lainnya adalah karsinogen bagi manusia terutama kanker. Hal ini terjadi karena medan elektromagnetik yang berasal dari radiasi ponsel, diserap kepala, dan kemudian diserap sel otak hingga mengenai DNA dalam sel.

• Masalah ketidaksuburan dan janin
Journal of Endocrinological Investigation melaporkan, penggunaan ponsel dalam jangka panjang berdampak negatif pada kualitas air mani. Sebuah penelitian lain oleh Yale School of Medicine menyarankan ibu hamil sebaiknya tidak membawa ponsel karena radiasi dapat berefek buruk pada janin.

• Masalah kesehatan mental
Peneliti dari University of Tokyo menemukan bukti yang mengejutkan, ternyata waktu tidur yang singkat berkaitan dengan masalah mental remaja. Selain itu, mereka yang sering menggunakan ponsel cenderung melakukan tindakan bunuh diri atau menyakiti dirinya sendiri, dibandingkan mereka yang tidak atau lebih jarang menggunakan ponsel di malam hari.

Jadi, masih mau menghidupkan ponsel saat tidur?

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

POPOH HAPADOH

Senang bergaul, humoris, tapi kadang suka kebablasan juga sih. ya......kadang-kadang suka nyanyi juga, kei ...
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0