Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI DAERAH
PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI DAERAH
1 Komentar | Dibaca 2763 kali

KURIKULUM 2013:SIAP TAK SIAP, HARUS SIAP

 

            Meski kehebohannya sudah sejak tahun lalu, bahkan dibeberapa daerah sudah diberlakukan, namun untuk dunia pendidikan di Kalimantan Barat pada umum nya Kurikulum 2013 baru disosialisasikan baru-baru ini, dimna bulan Juli 2014 nanti pada saat Tahun Ajaran 2014/2015 di mulai, Kurikulum 2013 wajib diberlalukan serentak diseluruh tingkatan sekolah di Indonesia. Bulan-bulan ini sosialisasi kurikulum untuk guru sudah digalakan, ada yang diadakan oleh Dinas Pendidikan, ada yang melalui MKKS,MGMP bahkan dilakukan secara swadya mandiri oleh sekolah tersebut.

Karena betapa pentingnya pemahaman konsep tentang esensi kurikulum bagi guru dalam tugas kesehariannya dalam manajemen pembelajaran di kelas berhadapan dengan siswa nya. Tentu kebijakan tersebut harus di sambut oleh siapa pun yang ada dalam dunia pendidikan baik itu siswa sebagai, guru, lembaga pendidikan, orang tua siswa dan bahkan masyarakat umum sendiri. Dilihat dari dasar hukumnya, Kurikulum 2013 dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Mengapa Kurikulum Harus Diganti?

            Tentu dalam benak sebagian masyarakat bertanya,mengapa kurikulum selalu diganti?atau sesuai pemeo yang berkembang “ganti menteri,ganti kebijakan,ganti kurikulum?”, banyak sekali pertanyaan bahkan pada awal rancangan nya Kurikulum 2013 juga dibuat uji publik agar masyarakat bisa bertanya, berargumen, mengkritisi bahkan bisa memberikan solusi untuk kesempurnaan kurikulum pengganti Kurikulum Standar Isi 2006 tersebut. Sebagai sebuah kebijakan baru, tentu akan mendapat respon yang luas dimasyarakat, baik itu resfon positif dengan mendukungnya, bahkan resfon negatif tentu tak bisa di elakan.