Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA SMK HARAPAN GENERASI MANADO
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA SMK HARAPAN GENERASI MANADO
0 Komentar | Dibaca 1369 kali

Kualitas layanan jasa dapat diukur dengan melihat seberapa jauh efektifitas layanan jasa dapat mempertipis kesenjangan antara harapan dengan layanan jasa yang diberikan dan Tingkat kepuasan siswa atas suatu pelayanan dapat diukur dengan membandingkan  antara  harapan  siswa  terhadap  kualitas  pelayanan  yang diinginkannya dengan kenyataan yang diterimanya. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat harapan dan kinerja dari sarana, prasarana, guru, karyawan, kurikulum, dan tata pamong.

Data mengenai sarana, prasarana, guru, karyawan, kurikulum, dan tata pamong dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner. Responden pada penelitian ini diambil sebanyak 100 orang siswa SMK Harapan Generasi Manado berdasarkan  metode proportional  stratified random sampling yang terdistribusi  secara proporsional   pada   setiap   tingkatan   kelas   dan   jurusan.   Selanjutnya,   data   yang terkumpul  dianalisis  dengan  menggunakan  teknik  Importance  Performance  Analysis

(IPA).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan siswa secara keseluruhan   terhadap   dimensi   sarana   dikategorikan   tidak   memuaskan,   dimensi prasarana dikategorikan cukup memuaskan, dimensi guru dikategorikan cukup memuaskan, dimensi karyawan dikategorikan cukup memuaskan, dimensi kurikulum dikategorikan memuaskan dan dimensi tata pamong dikategorikan cukup memuaskan. Dari 35 indikator yang dianalisis maka ada  5 indikator yang masuk dalam kuadran A, yaitu  prioritas  utama,  13  indikator  yang  masuk  dalam  kuadran  B  (persepsi  dan harapan sudah sesuai), yang masuk dalam kuadran C ada 10 indikator (dunulai rendah prioritasnya),  dan ada 7 indikator yang masuk dalam kuadran D (dinilai berlebihan oleh siswa).

DAFTAR PUSTAKA

 Burns, Alvin C. & Bush, Ronald F., 2000, Marketing Research, Prentice Hall, New Jersey. Carman , J.M., (1990), “Consumer Perceptions Of Service Quality An Assessment Of The

SERVQUAL Dimensions”, Journal Of Retailing, vol. 66, No. 1, A Spring, pp. 33-55. Chapman, (1979), “Pricing Policy And The College Choicess Process”, Research In Higher

Education, vol. 10, No. 37, p. 57.

Chu  R.K.S  dan  Choi,  T,    2000,  “An  importance-performance  analysis  of hotel  selection factors  in  the  Hong  Kong  hotel  industry:  a  comparison  of  business  and  leisure travelers”, Tourism Management 21, p. 363-377.

Cronin, JJ. Jr. and Taylor, S.A. 1992, “Measuring  Service Quality : A Reexamination  and

Extension”, Journal of Marketing, Vol 56, pp. 55-68.

Emanuel,  Richard  dan  Adam,  N,  J,  2006,  “Assessing  College  Student  Perceptions  Of Instructor Customer Service Via The Quality Of Instructor Service To Students (QISS) Questionnaire”,                                               , Vol. 31, No. 5, pp. 535-549.

Ferdinand, Augusty, 2006, Metode Penelitian Manajemen, Pedoman Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi Ilmu Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Giantari, dkk, 2008, “Analisis Kepuasan  Mahasiswa Terhadap  Proses Belajar Mengajar  di

Program Diploma III Fe Unud”, Buletin Studi Ekonomi, Vol. 13, No. 1, p. 52-66. Irawan, A. 2004, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

SAMSUL ARIFIN

Saya adalah seorang lelaki desa yang ingin mengapdikan ilmu yang telah saya dapatkan dari bangku perkulihan ...
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0