Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / BEBERAPA SANKSI BAGI ORANG (MUSLIM) YANG TIDAK BERPUASA DI BULAN RAMADHAN
BEBERAPA SANKSI BAGI ORANG (MUSLIM) YANG TIDAK BERPUASA DI BULAN RAMADHAN
0 Komentar | Dibaca 841 kali
SANTONO @santono181
20 July 2014

Hukum Puasa Ramadhan bagi orang yang telah memenuhi Syarat Wajib Puasa Ramadhan adalah Fardlu ‘Ain (Wajib bagi setiap orang Islam), Firman Allah berikut ini:

Q.S. 2: 183

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS. 2:183).

Karena itu ada beberapa sanksi bagi orang yang tidak bepuasa di bulan Ramadhan antara lain:

  1. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin…. (QS. 2:184). Memberi makan seorang miskin adalah rukshah (keringanan) bagi orang yang berat berpuasa karena:
    1. Telah lanjut usia sehingga tidak kuat untuk berpuasa;
    2. Sedang sakit dan tidak ada harapan sembuh, terutama karena faktor usia.
  2. Mengganti puasanya pada hari-hari yang lain yaitu:
    1. Bagi orang yang sakit dan masih ada harapan sembuh;
    2. Bagi perempuan yang meninggalkan puasa Ramadhan karena menyusukan anaknya, atau sedang haidh (menstruasi) dan nifas (sesudah melahirkan);
    3. Bagi Musafir: orang yang sedang dalam perjalanan jauh, minimal 3 mil atau 3 farsakh dan perjalanan bukan untuk maksiat, (Tafsir Al-Maraghi). Lihat juga Dasar Hukum Puasa Ramadhan Firman Allah yang artinya: “…Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain….” (QS. 2:184) .
  3. Bagi orang yang melakukan jima’ di siang hari di bulan Ramadhan harus memerdekakan budak atau berpuasa selama 2 bulan berturut-turut (puasa kifarat) atau memberi makan 60 or