Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Best Practice: Berkat Kegiatan Program Bermutu Mengantarkan Ke Istana Negara Sebagai Pengawas Berprestasi
Best Practice: Berkat Kegiatan Program Bermutu Mengantarkan Ke Istana Negara Sebagai Pengawas Berprestasi
0 Komentar | Dibaca 1263 kali

Latar Belakang

        Bulan September 2005 penulis diangkat sebagai pengawas sekolah TK/SD dan ditempatkan di UPTD Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Sekolah yang menjadi binaan penulis ada  15 sekolah yang terdiri dari 12 sekolah dasar dan 3 taman kanak-kanak. Sebelumnya penulis sebagai guru kelas dan menjadi kepala sekolah dasar selama dua tahun. Tugas utama sebagai pengawas sekolah adalah melakukan pembinaan, pemantauan dan penilaian dibidang akademik dan bidang manajerial. Beratnya tugas yang diemban sebagai pengawas tidak menjadikan kendor dalam melaksanakan tugas-tugas keseharian.

       Agar  dapat melaksanakan tugas sebagai pengawas dengan baik, penulis berupaya untuk  menguasai berbagai pengetahuan yang berkaitan dengan kepengawasan.  Untuk mengatasi  kondisi semacam ini penulis membaca buku-buku tentang pengawasan dan aktif mengikuti kegiatan KKPS. Penulis menyadari bahwa pengawas sekolah  merupakan  bagian dari tenaga kependidikan yang memiliki peran  sangat penting dan strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.       

02

Gambar 1 Penulis seb