Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / KEISTIMEWAAN PUASA RAMADHAN
KEISTIMEWAAN PUASA RAMADHAN
0 Komentar | Dibaca 1038 kali
SANTONO @santono181
22 July 2014

Bulan Ramadhan begitu mulia, karena di dalamnya terdapat ibadah puasa. Ibadah yang berlandaskan legitimasi kitab suci yang pernah ada bagi seluruh umat beragama. Dalam Islam, ibadah puasa telah diperintahkan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an. Firman Allah: Q.S. 2: 183

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS. 2:183).

Kewajiban berpuasa ini juga dipertegas oleh Rasulullah SAW melalui sunnahnya.
Beberapa keistimewaan puasa Ramadhan antara lain sebagai berikut:
  1. Orang yang melakukan puasa Ramadhan akan mendapat pengampunan atas dosa-dosa yang telah lalu. Sebagaimana sabda Rasulullah Muhammad SAW berikut ini: Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Barangsiapa melakukan ibadah Ramadhan karena iman dan mengharap ridlo’Nya, maka diampunilah dosa-dosanya yang lalu.” (Muttafaq Alaihi).
  2. Dalam bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari 83 tahun 4 bulan. Karena “… bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)….”(Q.S.2: 185). “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan.”(Q.S. 97: 1). “Malam kemuliaan itu lebih baik dari 1000 bulan”. (Q.S. 97: 1).Baca juga hadits tentang Lailatul-Qadr dan hadits Sahih Bukhari mengenai Puasa Ramadhan.
  3. ‘Aisyah Radliyallaahu ‘anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bila memasuki sepuluh hari — yakni sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan– mengencangkan kain sarungnya, menghidupkan malamnya, dan membangunkan keluarganya. Muttafaq Alaihi.
  4. Keutamaan berpuasa di jalan Allah bagi orang yang mampu, tanpa mudarat dan tanpa meninggalkan hak (bekerja). Hadis riwayat Abu Said Al-Khudri ra., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Tidaklah seorang hamba yang berpuasa satu hari di jalan Allah, kecuali Allah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka sejauh jarak perjalanan 70 tahun. (Shahih Muslim No.1948).
  5. Dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Apabila tiba bulan Ramadan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu neraka dan setan-setan dibelenggu”. (H.R. Muslim).
Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

IDAHARYANI

SEDERHANA DALAM BERPENAMPILAN, AKTIF, KREATIF, INOVATIF, DAN SELALU MENGHENDAKI PEMBAHARUAN DALAM BEKERJA, ...
Daftar Artikel Terkait :  7

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0