Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Peranan Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran
Peranan Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran
0 Komentar | Dibaca 7361 kali

Pada tanggal 23 dan 24 November  2013 Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes bekerja sama dengan LP2KS melaksananakan seleksi akademik calon kepala sekolah SD. SMP dan SMA sebanyak 231  calon KS .  Salah satu seleksi akademik adalah peserta harus membuat makalah tentang kepemimpinan sekolah.Makalah kepemimpinan ditulis oleh calon kepala sekolah pada saat melaksanaan seleksi akademik. Hal ini dikandung maksud untuk memberikan gambaran calon kepala sekolah mengenai tingkat pemahaman terhadap kepemimpinan sekolah ,   visi dan misinya.

Kerangka dalam makalah tersebut terdiri dari (1)  pendahuluan yang isinya gambaran umum tentang kepala sekolah,(2)wawasan calon kepala sekolah tentang keterampilan kepemimpinan , (3) hasil penilaian diri sebagai guru,  wakil kepala sekolah,  (4) rencana tindakan yang akan dilakukan oleh calon kepala sekolah , dan (4) penutup

Untuk membantu teman-teman calon kepala sekolah saya diminta untuk memberi pembekalan tentang cara penulisan makalah kepemimpinan sekolah. Dibawah ini adalah  contoh makalah kepemimpinan sekolah.

Peranan Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran

A. Pendahuluan       

             Kepala sekolah adalah guru yang diberikan tugas tambahan sebagai pemimpin di sekolah. Jabatan kepala sekolah merupakan jabatan yang sangat strategis, karena menjadi salah satu faktor yang sangat menentukan dalam  keberhasilan di satuan pendidikan.Beberapa pendapat menunjukkan bahwa sekolah yang berhasil dalam dalam meningkatkan mutu sekolah merupakan hasil dari tindakan kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran. Demikian pula, keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran ditentukan oleh guru yang prefesional, tidak akan terjadi  sekolah yang berkualitas dipimpin oleh kepala sekolah yang tidak berprestasi.

        Permendiknas 13 tahun 2007 mengamanatkan untuk  menjadi kepala sekolah yang berhasil memimpin sekolah minimal harus memiliki lima kompetensi kepala sekolah. Kompetensi kepala sekolah yang yang harus dimiliki yaitu  (1) kompetensi kepribadian, (2) manajerial, (3) kewirausahaan, (4) supervisi dan (5) sosial.

              Kompetensi tersebut menegaskan bahwa menjadi kepala yang berhasil perlu ditunjang dengan kepribadian yang tangguh, ilmu pengetahuan dan keterampilan menerapkan ilmu pengetahuan yang unggul, serta memiliki  keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, mensupervisi, dan mengevaluasi program. Yang tidak kalah penting mejadi kepala sekolah profesional memiliki kapasitas sebagai pemimpin pembelajaran.

              Berdasarkan penjelasan di atas, maka makalah ini akan membahas bagaimana peranan kepala seolah sebagai pemimpin pembelajaran.Sebelum membahas tentang  peran kepemimpinan dalam pembelajaran terlebih dahulu kita akan memaparkan tentang pengertian peran kepemimpinan itu sendiri. Kepemimpinan adalah adalah proses mempengaruhi aktivitas-aktivitas sebuah kelompok yang diorganisasi ke arah pencapaian tujuan. Dalam pengertian lain kepemimpinan adalah kemampuan dan keterampilan seseorang yang menduduki jabatan sebagai pimpinan satuan kerja untuk mempengaruhi orang lain, terutama bawahannya, untuk berfikir dan bertindak sedemikian rupa sehingga melalui perilaku yang positif ia memberikan sumbangan nyata dalam pencapaian tujuan organisasi. Sedangkan pengertian peran adalah perilaku yang diatur dan diharapkan dari seseorang dalam posisi tertentu.

             Berdasarkan uraian diatas dapat dibuat simpulan bahwa kepemimpinan pembelajaran adalah tindakan yang dilakukan kepala dengan maksud untuk mempengaruhi, menggerakan, dan mengembangkan lingkungan kerja yang produktif dan memuaskan bagi guru, serta pada akhirya mampu menciptakan kondisi belajar peserta didik meningkat. Secara implisit definisi ini mengandung maksud bahwa kepemimpinan pembelajaran merupakan tindakan yang mengarah pada terciptanya iklim sekolah yang mampu mendorong terjadiya proses pembelajaran yang optimal

 

B. Wawasan Calon Kepala Sekolah tentamg Keterampilan Kepemimpinan

  1.Peranan Kepala Sekolah Dalam Manajemen Sekolah

       Keberhasilan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya banyak ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Kepemimpinan merupakan faktor yang paling penting dalam menunjang tercapainya tujuan organisasi sekolah. Keberhasilan kepala sekolah dalam mengelola kantor, mengelola sarana prasarana sekolah, membina guru, atau mengelola kegiatan sekolah lainnya banyak ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Apabila kepala sekolah mampu mempengaruhi, menggerakkan, membimbing, dan mengarahkan anggota secara tepat, segala kegiatan yang ada dalam organisasi sekolah akan bisa terlaksana secara efektif. Sebaliknya, bila tidak bisa menggerakkan anggota secara efektif, tidak akan bisa mencapai tujuan secara optimal.

            Sebagai pemimpin pendidikan, kepala sekolah memiliki sejumlah tugas dan tanggung jawab yang cukup berat. Untuk bisa menjalankan fungsinya secara optimal, kepala sekolah perlu menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat. Fungsi dan tugas kepala sekolah dapat diakronimkan menjadi emanslime (education,manager, administrator, supervisor, leader, inovator, motivator dan entrepreneur). Peran tersebut dapat dilihat secara lebih rinci sebagai berikut:

   a. Peran sebagai educator, kepala sekolah  berperan untuk   mempengaruhi    dan  menggerakan dalam  pembentukan karakter  yang  didasari nilai-nilai    pendidik sebagai berikut kemampuan mengajar/membimbing  peserta  , dan membimbing  membimbing guru.

   b.  Peran sebagai manager,kepala sekolah berperan untuk mempengaruhi dan menggerakan sumber  daya untuk mencapai tujuan institusi secara efektif dan efisien yaitu  memiliki kemampuan menyusun program sekolah, menyusun program serta mampu  menggerakan warga sekolah

 c.  Perang sebagai administrator, kepala sekolah berperan dalam mempengaruhi dan menggerakan tata   aksana sistem administrasi di sekolah sehingga efektif dan efisien yang meliputi memiliki kemampuan mengelola administrasi  pembelajaran, administrasi peserta didik , administrasi ketenagaan, dan        administrasi keuangan dan sarpras

 d.  Peran sebagai supervisor, kepala sekolah berperan dalam upaya membantu   mengembangkan profesionalitas guru dan tenaga kependidikan lainnya. Kepala sekolah harus memiliki kemampuan sebagai berikut memiliki      kemampuan menyusun program supervisi pendidikan, melaksanakan program supervisi, dan memanfaatkan hasil supervisi

 e. Peran sebagai leader, kepala sekolah berperan dalam mempengaruhi dam menggerakan orang-orang untuk  bekerja sama dalam mencapai visi dan tujuan sekolah berperan sebagai pemimpin kepala sekolah memiliki kepribadian yang kuat , mampu menjdia teladan dan model,mampua memberikan layanan bersih, transparan, dan profesional.

   f. Peran sebagai innovator, kepala sekolah adalah pribadi yang dinamis dan kreatif yang tidak   terjebak dalam rutinitas. Dalam hal ini kepal sekolah harus
memiliki kemampuan melaksanakan reformasi ke arah perubahan lebih baik

 g..Peran sebagai motivator, kepala sekolah harus mampu mempengaruhi, menggerakan ,memperdayakan, dan mendorong  sehingga seluruh  komponen pendidikan dapat berkembang secara profesional

   h.  Peran sebagai entrepreneur, kepala sekolah berperan untuk melihat adanya peluang dan memanfaatkan peluang untuk kepentingan sekolah
untuk menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah.

 

2. Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran

                   Tujuan utama kepemimpinan pembelajaran adalah memberikan layanan prima kepada semua siswaagar mereka mampu mengembangkan potensi, bakat, minat dan kebutuhannya.

        Kepemimpinan pembelajaran ditujukan juga untuk memfasilitasi pembelajaran agar siswa meningkat: prestasi belajar meningkat, kepuasan belajar semakin tinggi, motivasi belajar semakin tinggi, keingintahuan terwujudkan, kreativitas terpenuhi,inovasi terealisir, jiwa kewirausahaan terbentuk, dan kesadaran untuk belajar sepanjang hayat karena ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni berkembang dengan pesat tumbuh dengan baik.

                       Kepemimpinan pembelajaran jika diterapkan di sekolah akan mampu membangun komunitas belajar warganya dan bahkan mampu menjadikan sekolahnya sebagai sekolah belajar (learning school). Sekolah belajar memiliki perilaku-perilaku sebagai berikut: memberdayakan warga sekolah seoptimal mungkin, memfasilitasi warga sekolah untuk belajar terus dan belajar ulang, mendorong kemandirian setiap warga sekolahnya, memberi kewenangan dan tanggungjawab kepada warga sekolahnya, mendorong warga sekolah untuk mempertanggungjawabkan proses dan hasil kerjanya.

           Ada tiga strategi untuk meningkatkan pembelajaran secara efektif yaitu: (1) modeling; (2) monitoring; dan (3) komunikatif.   Modelling artinya keteladanan kepala sekolah menjadi contoh atau model yang ditiru oleh guru di sekolah yang dipimpinnya. Monitoring artinya melakukan pemantauan kinerja guru ke kelas saat guru melaksanakan proses pembelajaran di kelas serta memanfaatkan hasil pemantauan tersebut untuk pembinaan lebih lanjut. Komunikatif artinya berarti membicarakan secara aktif, interaktif, efektif, aspiratif, inspiratif, produktif, demokratik dan ilmiah tentang hasil penilaian kinerja dan rencana tindak lanjut peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran peserta didik.

 

C. Penilaian Diri Sebagai Pemimpin Pembelajaran

            Tugas guru sebagai pendidik yang profesional juga secara jelas diamanatkan pada  Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 bahwa guru merupakan tenaga pendidik profesional yang bertugas (1) merencanakan pembelajaran, (2) melaksanakan proses pembelajaran,(3) menilai hasil pembelajaran,(4) melakukan bimbingan dan pelatihan,dan (5) melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pembelajaran akan efektif dan efesien hanya dapat dicapai kalau guru merancang dan menyusun  rencana pelaksanaan  pembelajaran (RPP) yang menjadi pedoman  saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar.                               

            Penilaian diri sebagai  pemimpin pembelajaran dijelaskan sebagai berikut.

    1. Perencanakan Pembelajaan

       Dalam perencanaan pembelajaran saya memiliki kemampuan memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik, menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir, merencanakan kegiatan pembelajaran yang  efektif, dan memilih  sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi

Dengan perencanaan pembelajaran yang baik maka tujuan pendidikan di sekolah akan tercapai secara maksimal

    2.  Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran

         Dalam pelaksanaan pembelajaran saya memiliki ketrampilan mempengaruhi dan menggerakan akan memulai pembelajaran dengan efektif, menguasai materi pelajaran,  menerapkan pendekatan dan strategi pembelajaran yang efektif, memanfaatkan sumber belajar dan media dalam pembelajaran, memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran, menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran, dan memilik  ketrampilan  mengakhiri pembelajaran dengan efektif dengan cara memberikan penguatan.

   3.  Penilaian Hasil Pembelajaran

          Dalam kegiatan penilaian hasil belajar saya mempunyai keterampilan dalam merancang  alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik,menerapkan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPPdan memanfaatkan hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik.

 

D.   Rencana Tindakan Kepemimpinan Calon Kepala Sekolah

          Keberhasilan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya banyak ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Kepemimpinan merupakan faktor yang paling penting dalam menunjang tercapainya tujuan organisasi sekolah. Keberhasilan kepala sekolah dalam mengelola kantor, mengelola sarana prasarana sekolah, membina guru, atau mengelola kegiatan sekolah lainnya banyak ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Apabila kepala sekolah mampu menggerakkan, membimbing, dan mengarahkan anggota secara tepat, segala kegiatan yang ada dalam organisasi sekolah akan bisa terlaksana secara efektif. Sebaliknya, bila tidak bisa menggerakkan anggota secara efektif, tidak akan bisa mencapai tujuan secara optimal.

1. Rencana Tindakan untuk Meningkatkan Kompetensi Sebagai Kepala Sekolah

 

No

Rencana Program

Alasan pemilihan

Langkah-Langkah Kegiatan

1

Aktif dalam KKKS

Sebagai salah satu wadah kegiatan profesional kepala sekolah

 1. Mendokumentasikan segala permasalahan yang ada di sekolah.

 2. Berbagi pengalaman dalam memecahkan permasalahan dalam mengelola sekolah

3. Membantu kepal sekolah dalam meningkatkan kompetensinya.

2

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Untuk meningkatkan keprofesioan sebagai kepala sekolah

 1. Mengikuti pendidikan dan latihan.

 2,   Mengikuti seminar

 3.  Publikasi ilmiah

 

 

 

2. . Rencana Tindakan untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah

 

No

Rencana Program

Alasan pemilihan

Langkah-Langkah Kegiatan

1

Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Kepala sekolah diakui sebagai salah

satu faktor yang sangat penting,

dalam peningkatan pembelajaran

Kepala sekolah harus mampu sebagai (1) modeling dalam kegiatan pembelajaran, (2) melakukan monitoringdan supervisi dan (3) berdialaog secara komunikatif dengan warga belajar.

 

 

2

     Membangun Komunitas Pembelajaran .

 

 

Belajar dilaksanakan sepanjang hayat tidak dibatasi dengan usia

 1. Kepala sekolah tak jemu-jemunya mengajak warganya untuk menjadi pebelajar yang selalu belajar terus .

 2.  Memfasilitasi warganya untuk melakukan perubahan terhadap sekolahnya agar menjadi sekolah pembelajar

 

 

 

 E. Penutup

       Banyak hal yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam kaitannya sebagai pemimpin pembelajara, fungsi tersebut hanyalah merupakan salah satu bagian dari keseluruhan fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran.Jabatan kepala sekolah adalah jabatan yang mempertaruhkan kemampuan atau kompetensi profesional, dan tidak sekedar mempersyaratkan modal pengalaman dan prestasi mengajar yang baik. Kompetensi manajemen pendidikan yang dilengkapi dengan keterampilan konseptual, memilliki sertifikasi kepala sekolah sebagai pemimpin masa depan.

 

 

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Wacana

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  4
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0