Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Peranan Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran
Peranan Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran
0 Komentar | Dibaca 7474 kali

Pada tanggal 23 dan 24 November  2013 Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes bekerja sama dengan LP2KS melaksananakan seleksi akademik calon kepala sekolah SD. SMP dan SMA sebanyak 231  calon KS .  Salah satu seleksi akademik adalah peserta harus membuat makalah tentang kepemimpinan sekolah.Makalah kepemimpinan ditulis oleh calon kepala sekolah pada saat melaksanaan seleksi akademik. Hal ini dikandung maksud untuk memberikan gambaran calon kepala sekolah mengenai tingkat pemahaman terhadap kepemimpinan sekolah ,   visi dan misinya.

Kerangka dalam makalah tersebut terdiri dari (1)  pendahuluan yang isinya gambaran umum tentang kepala sekolah,(2)wawasan calon kepala sekolah tentang keterampilan kepemimpinan , (3) hasil penilaian diri sebagai guru,  wakil kepala sekolah,  (4) rencana tindakan yang akan dilakukan oleh calon kepala sekolah , dan (4) penutup

Untuk membantu teman-teman calon kepala sekolah saya diminta untuk memberi pembekalan tentang cara penulisan makalah kepemimpinan sekolah. Dibawah ini adalah  contoh makalah kepemimpinan sekolah.

Peranan Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran

A. Pendahuluan       

             Kepala sekolah adalah guru yang diberikan tugas tambahan sebagai pemimpin di sekolah. Jabatan kepala sekolah merupakan jabatan yang sangat strategis, karena menjadi salah satu faktor yang sangat menentukan dalam  keberhasilan di satuan pendidikan.Beberapa pendapat menunjukkan bahwa sekolah yang berhasil dalam dalam meningkatkan mutu sekolah merupakan hasil dari tindakan kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran. Demikian pula, keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran ditentukan oleh guru yang prefesional, tidak akan terjadi  sekolah yang berkualitas dipimpin oleh kepala sekolah yang tidak berprestasi.