Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / TEORI EVOLUSI BERTENTANGAN DENGAN PANCASILA
TEORI EVOLUSI BERTENTANGAN DENGAN PANCASILA
2 Komentar | Dibaca 1442 kali

TEORI EVOLUSI BERTENTANGAN DENGAN PANCASILA

download www.abc.net.au

Kenalkah para pembaca dengan orang diatas? dia bukan seorang buronan, bukan juga seorang koruptor, bukan juga seorang teroris, apalagi seorang militan yang ahli dalam bidang persenjataan, bukan juga seorang imigran yang sedang mencari suaka demi kelangsungan hidupnya, bukan juga seorang tentara israel yang lari dari medan perang, lalu siapa dia sebenarnya?

Jika jawaban para pembaca adalah Charles Darwin, maka para pembaca berhak mendapat poin 100. Dialah Charles Darwin sang fenomenal. Charles Darwin (1809-1882) memiliki nama panjang Charles Robert Darwin adalah ilmuwan asal negara Inggris yang menemukan hasil penelitian di pulau galapagos untuk menunjang teori evolusi. Charles Darwin disebut sebagai bapak evolusi karena memiliki data yang lebih lengkap untuk menguatkan teori evolusi. Charles Darwin mengeluarkan dua buah buku yang memberikan andil yang cukup penting bagi perkembangan teori evolusi, yakni :

  1. On The Origin of Species by Means of Natural Selections pada tahun 1859
  2. The Descent of Man, and Selection in Relation to Sex dan The  Expression of The Emotions in Man and Animals.

Dia telah melahirkan sebuah teori evolusi yang telah diterima oleh ilmu pengetahuan. Secara garis besar teori evolusi Darwin adalah tentang konsep perubahan evolutif dan konsep mengenai seleksi alam. Dalam hal ini Darwin menolak pendapat bahwa mahluk hidup adalah produk ciptaan yang tak dapat berubah. Mahluk hidup yang ada sekarang adalah produk perubahan sedikit demi sedikit dari nenek moyang/dari mahluk asal yang berbeda dengan yang sekarang. Selanjutnya seleksi alam menuntun terjadinya perubahan tersebut (Prawoto, 1987:1.13).

Sebagai insan Pancasila apakah kita akan menerima atau sependapat de