Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / Buku Merah Siswa VS Buku Putih
Buku Merah Siswa VS Buku Putih
0 Komentar | Dibaca 602 kali
USMAN . J @makkiobaji
26 August 2014

Ada yang aneh terasa ketika siswa salah seorang rekan sejawat pengajar menyodorkan contoh buku merah siswa kepada saya. Buku merah itu adalah buku yang berisi tata tertib sekolah dan jumlah skoring setiap pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Sederhananya, jika siswa melanggar aturan tata tertib, maka siswa tersebut akan dikenakan point pelanggaran. Jika telah mencapai jumlah skoring tertentu, maka siswa tersebut akan mendapatkan hukuman yang setimpal dengan jumlah poin pelanggarannya.
Sesungguhnya buku merah ini turunan Bernardus Skinner atas eksperimennya terhadap tikus. Hasilnya adalah teori Stimulus Respon atau SR. Anak akan belajar untuk menghindari respon yang tidak menguntungkan. Anak akan menghindari pelanggaran karena takut dengan hukuman. Sayangnya penerapan model ini tidak dibarengi dengan pemberian reward atau penghargaan bagi anak yang berprestasi.
Jika ada buku merah maka harus juga ada buku putih. Buku merah ini akan proporsional, berimbang dan adil jika buku putih diberlakukan. Sekolah tidak hanya mencatat berapa jumlah pelanggaran, akan tetapi juga mencatat berapa jumlah prestasi dan perubahan perilaku siswa dari waktu ke waktu.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Kara Smith

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0