Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / FACEBOOK DAPAT MENURUNKAN PRODUKTIVITAS KERJA
FACEBOOK DAPAT MENURUNKAN PRODUKTIVITAS KERJA
1 Komentar | Dibaca 1085 kali

Siapa yang tak kenal Facebook saat ini ?… rasanya sebagian besar anak-anak, pelajar, guru, dosen, karyawan, dan juga ibu-ibu rumah tangga sudah akrab dengan yang satu ini. Tahun 2013 saja sudah mencapai angka 1,9 milyar pengguna. Hebat juga ya,…?

Layanan jejaring sosial yang dirilis tahun 2004 ini memang memiliki banyak fitur yang menarik ddan mengasyikkan bagi banyak orang. Mulai dari kemudahannya pada saat registrasi, kemudahan koneksi untuk menemukan orang, layanan game, iklan, dan banyak lagi penyebab Facebook lebih banyak digunakan daripada jejaring sosial lainnya.

Tetapi belakangan ini kalau kita mau mengamati dan jujur menilai, ternyata Facebook juga mengandung unsur negatif. Perhatikan yang ini , lalu anda akan mengatakan ; ya memang demikian..!    :

  1. Anak-anak peserta didik usia SD, SMP, SMA/SMK, juga Mahasiswa banyak yang lupa belajar dan mengerjakan tugas sekolah karena asyik bermain game online via facebook
  2. Ibu-ibu rumah tangga banyak yang keteteran pekerjaan rumah tangganya karena sibuk cek status dan update status, cek kiriman, dan lain-lain.
  3. Guru / Dosen sering terlambat menyiapkan perangkat mengajar padahal jumlah jam didepan komputer sudah lebih sering
  4. Karyawan, sering tidak konsentrasi kerja karena terlalu sering cek dan update status. Amati saja,… begitu datang, duduk, … buka Facebook..! Kerja menjadi kurang produktif.
  5. Banyak informasi dan masalah pribadi yang semestinya milik kita, diobral via facebook
  6. Banyak juga pertengkaran dan kata-kata tak penting yang muncul di jejaring ini,.. tak layak dilihat orang banyak.

Tuhan memang sudah menciptakan segala sesuatunya berpasangan,….. ada lelaki-perempuan, ada siang-malam, dan ada sisi positif-negatif, demikian juga pada Facebook ; ada  manfaat dan mudharatnya, tinggal mana yang mau ditonjolkan dalam penggunaannya.

Saya sendiri termasuk pengguna komputer dan internet dengan jumlah jam yang besar, tetapi banyak saya gunakan untuk mencari informasi baru, hal-hal yang belum diketahui, dan sebagai pendukung profesi. Saya juga memiliki akun facebook, twitter, flickr , mail, akun cloud computing dan lainnya yang saya butuhk