Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / JURNAL
JURNAL
1 Komentar | Dibaca 1202 kali
IDAHARYANI @idaharyani1965
08 September 2014

EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED BERBASIS KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

PADA SISWA KELAS IX SMPN 39 BULUKUMBA

 

IDAHARYANI, S.PD.

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

PASCASARJANA

UNIVERSITAS TERBUKA

Ida.idaharyani65@gmail.com

 

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi guru yaitu : rendahnya hasil belajar matematika siswa, rendahnya keaktifan siswa saat mengikuti mengikuti kegiatan pembelajaran, dan rendahnya respon siswa terhadap metode, pendekatan, dan model pembelajaran yang digunakan guru. Salah satu penyebabnya karena dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tujuan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan “Seberapa besar perbedaan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung yang diajar dengan pendekatan open-ended berbasis kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran biasa?”

Desain penelitian ini adalah static group comparisondesigndengansatuan eksperimen adalah siswa kelas IX A dan siswa kelas IX B SMPN 39 Bulukumba tahun pelajaran 2012-2013. Kelompok yang diberi perlakuan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan open-ended berbasis kooperatif tipe STAD adalah siswa kelas IX A sejumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX B sejumlah 34 orang sebagai kelas kontrol.

Hasil analisis menunjukkan hasil belajar matematika siswa, keaktifan siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan pendekatan open-ended berbasis kooperatif tipe STAD meningkat.

Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan, bahwa pendekatan open-ended berbasis kooperatif tipe STAD mampu mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran karena pembelajaran open-ended membuat siswa bebas berekspresi, berani mengungkapkan pendapat karena memiliki kesempatan yang sama dalam memberikan jawaban.

Kata Kunci : Pendekatan Open-Ended, Kooperatif Tipe STAD, Bangun Ruang Sisi Lengkung. JURNAL Open ended

edit Pas fotoku ijasah magister

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Hanya satu komentar pada "JURNAL"

  1. IDAHARYANI

     |
    September 8, 2014 at 9:06 pm

    Jurnal Open ended pada pembelajaran matematika

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Jon Lachlan

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0