Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / MARI MEMBACA DAN MENULIS DI WACANA SIAP
MARI MEMBACA DAN MENULIS DI WACANA SIAP
0 Komentar | Dibaca 1006 kali
SAHABUDDIN @elsah
04 September 2014

Akun Kependidikan (Akun Siap) yang telah dimiliki oleh para guru, tenaga kependidikan,dan para siswa di Indonesia,sebagaimana yang sediakan oleh Kemendikbud RI bekerja sama dengan Telkom kini semakin lengkap.Bukan hanya menyediakan urusan adimistrasi belaka (data verbal),melainkan menyediakan berbagai fasilitas untuk mengembangkan kreativitas siswa,guru dan tenaga kependidikan lainnya.
Layanan yang bisa kita dapatkan dalam Akun Siap,antara lain:
1. Wacanaku,yaitu layanan bagi guru yang ingin berbagi ilmu/informasi kepada para komunitas pendidikan pendidikan.Layanan ini bisa dimanfaatkan oleh para guru,tenaga kependidkan atau siswa untuk membaca wacana rekan-rekan guru,tenaga kependidikan atau siswa dan bisa menyampaikan komentarnya.Serta guru bisa menulis apa saja yang bermanfaat bagi sesamanya.
2. Jejaringku,yaitu jejaring sosial semacam facebook atau twitter untuk para guru,tenaga kependidikan atau siswa.Melalui jejaringku,para guru,tenaga kependidikan atau para siswa bisa berkomunikasi dengan rekan-rekan guru,tenaga kependidikan,siswa,alumni,dosen,orang tua siswa serta masyarakat umum di seluruh tanah air Indonesia.
3. Koleksiku,yaitu layanan penyimpanan atau mengamankan data berupa koleksi foto,koleksi video,file/dokumen/surat berharga,dan sebagainya.
4. Layanan Bank Soal,yaitu layanan bagi guru untuk menyimpan soal-soal ujian bagi siswanya yang sewaktu-waktu bisa direvisi.Dan layanan lainnya yang bisa kita lihat dengan membuka Dashboar Layanan Siap.
Hebat kan layanan Siap dan lebih hebat lagi bila kita ikut berpartisifasi menulis wacana di Web Siap.Caranya mudah:
1. Bukan Akun anda sampai muncul “Dashboard Layanan”.
2. Klik “Wacanaku”,mana akan muncul ketentuan yang anda harus penuh.Bila setuju atas ketentuan itu maka akan muncul “Dashboard” yaitu tempat yang disediakan untuk menuangkan tulisan anda.
3. Tulis judul tulisan pada “Enter Title Here”,dan isi tulisan pada bagian kosong di bawahnya.Atau tulisan anda yang telah ada komputer dicopy paste.Tapi ,Ingat kesepakatan bahwa tidak boleh menjiplak tulisan orang lain,kecuali mengutip boleh dengan ketentuan ditulis sumbernya agar tulisan anda tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.
4. Supaya tulisan menarik maka berilah gambar/foto dengan cara mengklik “Add Media” dan ikuti petunjuk selanjutnya.
5. Sebelum tulisan diterbitkan terlebih dahulu diedit.Bila telah yakin bahwa tulisan anda tidak ada lagi yang salah maka selanjutnya klik “Publish”,dan tunggu sampai tulisan anda terbit yaitu bila telah hilang di tempat anda menulis.
6. Untuk memastikan tulisan anda telah terbit maka klik “post” atau “view post” maka akan muncul tulisan anda di Web Siap,baca kembali.Dan bila masih terdapat kesalahan maka segera melakukan edit.
7. Pada tulisan anda di Web Siap akan Nampak foto profil anda,tetapi bila belum ada foto profilnya maka kembalilah ke Dashboard Layanan.Klik “Akunku” lalu ikuti petunjuk pengiriman foto profil.
8. Bila tulisan anda telah ada Web Siap maka kirim lagi tulisan lainnya,ajak teman untuk bergabung di “Wacana Siap”,dan jangan lupa baca tulisan-tulisan penulis lainnya yang judulnya Nampak di samping atau di bawah tulisan anda,beri sambutan atau komentari.
9. Penasaran dengan penulisan dari tulisan yang and abaca maka coba klik foto profilnya maka akan muncul data diri penulisan beserta artikel yang telah dikirimnya.
10. Bagi pihak sekolah bisa membuat Web Sekolah masing-masing yang nantinya menjadi media untuk menginformasikan kegiatan dan prestasi-prestasi sekolah,tidak banggakan kalau sekolah-sekolah lainnya Web Sekolah kita dan mengetahui presatsi-prestasi sekolah.Dengan Web Sekolah masyarakat umum,dunia usaha ataupun para orang tua bisa melihat kegiatan-kegiatan pendidikan di sekolah kita.
Tunggu apa lagi,ayo rekan-rekan guru atau tenaga kependidikan mari menulis di Web Siap.Jangan sepelekan tulisan anda,boleh jadi tulisan anda bisa memberi konstribusi yang besar terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.Bapak dan Ibu guru yang memiliki prestasi,hasil penelitian atau pengalaman mengajar bagi-bagilah pada guru-guru lainnya.Tunjutkan pada masyarakat bahwa guru adalah penulis yang hebat,memiliki ide yang cemerlang dalam pendidikan.Dan ingat,bahwa menulis adalah salah satu tugas guru dalam pengembangan profesinya,mengirim tulisan yang bisa dibaca oleh guru-guru lainnya berarti anda telah ikut dalam kegiatan pengembangan profesi,itu lebih terhormat daripada menjiplak tulisan orang lain atau membayar orang lain untuk menulis,lalu dipakai untuk mengurus kenaikan pangkat.Munulis itu muda,ayo mencoba siapa tahu anda bisa menjadi penulis yang hebat !.(Jeneponto,September 2014).

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Azma Tsabita Azzahra

Namaku Azma Tsabita Azzahra Aku sekolah di SDI CAHAYA ISLAM Umurku sekarang 9 Tahun
Daftar Artikel Terkait :  2

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0