Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / MELATIH POTENSI MENULIS ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBUAT BULETIN KELAS
MELATIH POTENSI MENULIS ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBUAT BULETIN KELAS
0 Komentar | Dibaca 1541 kali
NUR FADILAH @dila79
27 September 2014

Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara.  Menulis biasa dilakukan pada kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil.  Menurut Donn Byrne (1988) menulis bukan sesuatu yang diperoleh secara spontan tetapi memerlukan usaha sadar ” menuliskan ” kalimat dan mempertimbangkan cara mengkomunikasikan dan mengatur.

ilustrasi anak sedang mengerjakan buletin sekolah

ilustrasi anak sedang mengerjakan buletin sekolah

Setiap anak memiliki bakat dan potensi sejak mereka dilahirkan. Salah satu bakat dan potensi anak adalah dalam bidang menulis. Untuk mengasah bakat mereka dalam menulis, maka sejak dini mereka diperkenalkan dengan dunia menulis. Mulai dengan menulis sebuah kalimat sederhana sampai ke sebuah paragraf sehingga menjadi sebuah karangan.

Salah satu kegiatan yang dapat mengembagkan bakat menulis anak adalah dengan membuat buletin kelas. Buletin kelas dapat diterapkan pada setiap mata pelajaran.

Dalam membuat buletin kelas tak harus mahal atau menggunakan kertas yang baru dan bagus, kita dapat memanfaatkan kertas bekas yang halaman belakangnya kosong (tidak ada tulisanny). Hal ini bertujuan agar siswa kreatif  dalam mendaur ulang barang bekas serta melatih siswa untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Agar terlihat lebih menarik buletin tidak hanya berisi tulisan tetapi juga gambar yang terkait dengan materi pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk mengasah kreatifitas dan bakat siswa dalam karya seni lukis.

Artikel Terkait