Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / MEMBATIK DI ATAS KENDI
MEMBATIK DI ATAS KENDI
0 Komentar | Dibaca 3995 kali
SURYANIH @suryanih07
11 September 2014

On Thursday August 23rd 2014

Jaya Plus Montessori School (JPM) mengadakan kreasi membatik untuk Kelas 4. Guna mengaplikasikan materi Tema 1 pada Kurikulum 2013 dengan Tema Keberagaman Indonesia pada pelajaran KTK dan integrasi pelajaran IPS dan PKN.

Membatik kali ini, tidak menggunakan canting, kain polos dan lilin malam seperti biasanya. namun, siswa-siswi menggunakan bahan-bahan yang mudah di dapat di sekitar lingkungan sekolah. Sebagai paparan, JPM terletak di area perumahan kompleks BSD yang dikelilingi penjual tanaman hias dan pengrajin tanah liat yang dijadikan aneka kerajinan seperti vas bunga, pot besar, gerabah, kendi tanah liat, dll.

Bahan-bahan yang digunakan yaitu: kendi tanah liat, cat air atau cat poster, kuas lukis, mangkuk cat lukis, pensil, dan koran bekas. Dengan tahapan pembuatan: pertama, menggambar kendi terlebih dahulu dengan pola batik sederhana menggunakan pensil. Kedua,  aplikasikan cat air sesuai pilihan warna yang diinginkan siswa. Ketiga, keringkan kendi bergambar batik di atas koran bekas. Tahap keempat, setelah cat air mengering, siswa diperbolehkan menghias kreasinya dengan plastik parcel bening dan pita parcel.

Saat kreasi siswa berlangsung, terjadi insiden yang tak diinginkan. Ada dua anak  yang kendinya pecah. Ada tips jitu untuk mengatasinya. Segera kumpulkan retakan kendi, susun rapi. Kemudian, oleskanlah dengan putih telur secara merata di seluruh bagain permukaan yang retak atau pecah menggunakan kuas. Keringkan, lalu ulas kembali hingga 2-3 kali. Hasilnya, siswa yang tadinya sedih karena kecewa kreasinya rusak, akhirnya bisa membawa pulang Kreasi Batik di Atas Kendinya dengan Bangga!

Be Creative! 🙂

-Yanyacoeb-

Membatik di atas KendiMembatik di Atas KendiCYMERA_20140821_114223CYMERA_20140821_160753

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Yuviter Pradeska

admin untuk sistem pendataan padamu negeri dan aplikasi dapodik di SMPN 3 rambang dangku
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0