Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / MENULIS ADALAH TUGAS PENGEMBANGAN PROFESI GURU
MENULIS ADALAH TUGAS PENGEMBANGAN PROFESI GURU
0 Komentar | Dibaca 863 kali
SAHABUDDIN @elsah
03 September 2014

Oleh:Sahabuddin (Petugas Perpustakaan SMPN 2 Tarowang)

Sejak bertugas di perpustakaan sebagai pelayan siswa dalam memenuhi kebutuhan belajarnya,penulis menjadi akrab dengan buku-buku.Dari beberapa buku yang penulis kenal dapat dikemukakan bahwa sebahagian besar buku baik fiksi maun non fiksi adalah karya tulis guru.Guru mememiliki pemikiran yang cemerlang, ide yang luar biasa dan dituangkan dalam tulisan untuk disebarkan pada orang lain,kepada masyarakat,pelajar maupun kepada sesama komunitas guru sendiri.Ada sebuah tindakan guru yang oleh guru yang bersengkutan dianggap sepele namun setelah ditulis dan dibaca orang banyak,ternyata orang menilai tindakan guru tersebut sebagai tindakan yang luar biasa karena dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi siswa.

Begitupun Bapak dan Ibu guru yang mengabdi di daerah Jeneponto ini,banyak guru yang berprestasi. Penulis yakin banyak yang memiliki pemikiran yang cemerlang,ide yang luar biasa dan tindakan yang hebat yang sekiranya disebarkan akan memberi konteribusi bagi peningkatan mutu pendidikan di daerah ini. Banyak di antara guru yang suka berkomentar,mengkritisi suatu kebijakan atau memiliki aspirasi terhadap penyelenggaraan pendidikan di daerah ini yang sangat berarti bila diketahui oleh para penentu kebijakan.Tapi sayang, tidak begitu banyak guru yang mau berbagi dengan orang lain,yang mau mempublikasikan prestasinya.Yang banyak adalah sibuk menyuruh orang lain membuat karya tulis untuk menyelesaikan tugas akhir kualiahnya agar bisa menyandang gelar sarjana atau untuk memenuhi kelengkapan usulan kenaikan pangkat ke-IV/B. Bahkan ada yang mengadakan penelitian hanya untuk mendapatkan biaya penelitian dari Pemerintah Daerah,setelah itu hasil penelitian disimpan di rak buku.Negara rugi jutaan rupiah karena hasil penelitian yang seharusnya diketahui oleh orang banyak ternyata hanya menambah koleksi pribadi sebagai seorang peneliti.
Pemerintah telah memenuhi keinginan guru meningkatkan kesejahteraannya dengan memberikan tunjangan bagi pemegang sertifikat pendidik. Sertifikat pendidik adalah bukti bahwa guru tersebut profesional yang mampu melaksanakan tugas-tugas pfofesinya. Pemerintah telah membuat rincian Tugas profesional guru yang meliputi mendidik, mengajar dan melatih/membimbing, serta meneliti (riset). Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup. Mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Melatih/Membimbing berarti mengembangkan ketrampilan-ketrampilan peserta didik. Dan meneliti untuk pengembangan kependidikan. Untuk setiap unsur dalam kegiatan pengembangan profesi yang dilakukan dengan baik dan benar diberikan angka kredit. Penetapan Angka Kredit adalah penetapan hasil penilaian prestasi kerja guru yang telah memenuhi syarat untuk kenaikan jabatan/pangkat yang ditetapkan oleh pejabat yang berwenang.Sementara ini untuk kenaikan pangkat dari golongan IV/a ke golongan IV/b ke atas seorang guru dipersyaratkan untuk mengumpulkan angka kredit dari bidang kegiatan pengembangan profesi guru minimal sebesar 12 point. Pada bidang pengembangan profesi tersebut antara lain melakukan kegiatan penulisan karya tulis/karya ilmiah (KTI) di bidang pendidikan. Lingkup kegiatan karya tulis/karya ilmiah (KTI) di bidang pendidikan, meliputi : karya ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survei dan atau evaluasi di bidang pendidikan, karya tulis berupa tinjauan atau ulasan ilmiah gagasan sendiri dalam bidang pendidikan, tulisan ilmiah populer, prasaran dalam pertemuan ilmiah, buku pelajaran, diktat pelajaran dan karya alih bahasa atau karya terjemahan. Masing-masing kegiatan pengembangan profesi diberikan angka kredit sesuai Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Kepmenpan) No. 84/1993 yang berlaku.
Gaji guru bukan hanya untuk tugas mengajar saja,melainkan untuk seluruh tugas profesi guru. Oleh karena itu,bisa dipastikan ada tanggung jawabnya kepada pemerintah atau kepada Tuhan bila gaji yang besar itu hanya untuk tugas mengajar saja sedangkan tugas lain termasuk menulis sebagai tugas pengembangan profesi guru diabaikan padahal bisa dilakukan,cuma tidak mau berusaha belajar untuk menulis.Setelah pemerintah memenuhi keinginan guru meningkatkan kesejahteraannya, apakah guru juga mau bersedia memenuhi keinginan pemerintah agar guru meningkatkan juga kinerja profesinya,antara lain melaksanakan tugas pengembangan profesi seperti menulis ?. Seimbangkah bila pemerintah telah menaikkan gaji guru sedangkan kinerja guru tidak mengalami peningkatan,hanya sebatas mengajar,itupun dikurangi hari atau jamnya.
Sebenarnya banyak guru di daerah Turatea ini yang bisa menulis sesuatu yang bermanfaat di bidang pendidikan,Cuma masalahnya mereka tidak mau berbagi ilmu atau informasi dengan masyarakat pendidikan lainnya karena yang dipersoalkan adalah imbalan dari tulisannya itu bila dimuat di media,padahal sebelum menulis negara/pemerintah telah memberikan gaji kepadanya untuk tugas profesi,antara lain tugas menulis seagai pengembangan profesi guru.Negara/pemerintah telah menaruh kepercayaan kepada guru sebagai masyarakat profesi untuk bisa menulis dan menyebarkan gagasan-gagasan atau inovasi-inovasi pendidikannya guna pengembangan pendidikan di tanah air ini.Makanya,kepada guru diberi tugas tambahan selain mendidik,mengajar dan membimbing yaitu melakukan kegiatan pengembangan profesi,antara lainnya di dalamnya menulis.Pemerintah telah memperhitungkan gaji untuk keseluruhan tugas profesional guru.Jadi tanpa ada imbalan dari media yang mempublikasikan tulisan,maka kitapun harus berusaha menulis karena menulis adalah tugas guru.Dan bersyukur bagi guru yang bisa menulis dan tulisan bisa dipublikasikan oleh suatu media karena amanahnya sebagai masyarakat yang bersertifikat profesi bisa dilaksanakan sehingga seluruh gajinya bisa dipertanggungjawabkannya kepada negara atau kepada Tuhan.(Jeneponto 2014)

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

sahabatartikel chriestover

Sahabatartikel adalah sebuah perusahaan jasa penulis artikel yang melayani berbagai keperluan jasa seperti ...
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0