Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Siswaku Punya Karya
Siswaku Punya Karya
0 Komentar | Dibaca 528 kali
NUR FADILAH @dila79
29 September 2014

Setiap orang memiliki bakat dan potensi yang bebeda-beda. Bakat dan potensi tersebut perlu untuk mendapat apresiasi untuk menggali potensi dan menumbuhkan semangat berkarya dalam diri setiap individu. Apresiasi adalah penghargaan atau penilaian positif pada suatu karya tertentu.

Tidak sedikit anak yang mempunyai potensi yang bisa dikembangkan menjadi sebuah karya. Salah satu potensi mereka adalah bercerita dan menuangkannya dalam bentuk karya sastra. Mereka hanya butuh motivasi untuk menuangkan cerita mereka ke dalam sebuah tulisan yang berupa cerpen, fabel dan dongeng.

Hal itulah yang mendorong saya sebagai pengajar dan pendidik untuk memotivasi dan membimbing mereka  menuliskan cerita pengalaman mereka menjadi sebuah cerpen, fabel dan dongeng. Berikut ini adalah fabel hasil karya siswa kelas 4 yang bernama KHOIRUL ANWAR HADI.

 

PERSAHABATAN IKAN PAUS, KURA-KURA DAN KERA

 

Di seberang laut hiduplah seekor kura-kura yang baik. tetapi ada satu yang membeci kura-kura yaitu buaya. Pada suatu hari kura-kura berjalan di tepi pantai, kura-kura bertemu dengan buaya.

“Hei kura-kura jelek apa kamu gak malu mempunyai tubuh kecil, bercangkang lagi, kalau aku jadi kamu lebih baik mati” kata buaya menyombongkan diri. Kura-kura pergi meninggalkan buaya.

Ketika melanjutkan perjalanannya, kura-kura bertemu dengan seekor ikan paus. Ikan paus tersebut ingin bersahabat dengan kura-kura. ” Hai kura-kura maukah kau menjadi temanku?” tanya ikan paus sambil tersenyum. ” Ya aku mau berteman denganmu,” jawab kura-kura. Hari sudah siang mereka beristirahat di tempat tinggal mereka masing-masing.

Setelah hari dudah sore kura-kura bangun dari tidurny, kura-kura pergi ke tepi pantai. Kura-kura diam di tepi pantai menunggu ikan paus muncul. Tiba-tiba ikan paus muncul dan menghampiri kura-kura.

Kura-kura mengajak ikan paus untuk bermain. Ketika mereka sedang asik bermain, tiba-tiba mereka melihat kera kecil yang kelaparan. Mereka mengambil buah pisang dan memberikan kepada kera. ” Ini untukmu,” kata kur-kura sambil memberikan buah pisangnya. “Terima kasih, semoga Tuhan membalasmu dengan kebaikan.” kata kera sambil menerima buah pisangnya.

 

Setelah  selesai makan, ia bercerita. “Saya dari kecil sudah terpisah dari orang tua saya, saya dirawat oleh kakak saya sehingga saya bisa hidup.” kata kera dengan bersedih.   ” Lalu kakak kamu kemana?” tanya kura-kura. ” Kakakku dimangsa oleh buaya ketika mengambil air laut.” Kata kera.

” Kalau begitu kamu berteman dengan kami saja”, “kami sanggup merawatmu”, kata kura-kura. Akhirnya kera bersahabat dengan kura-kura dan ikan paus. Mereka bersahabat selamanya.

Karya : Khoirul Anwar Hadi

Siswa kelas 4 MI. Al-Hikmah Tambaksari Surabaya.