Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / SMPN 2 TAROWANG JENEPONTO,SEKOLAH PINGGIRAN YANG BERPRESTASI
SMPN 2 TAROWANG JENEPONTO,SEKOLAH PINGGIRAN YANG BERPRESTASI
0 Komentar | Dibaca 1400 kali
SAHABUDDIN @elsah
03 September 2014

Lokasinya yang berada di ujung Timur Kabupaten Jeneponto, dekat perbatasan Jeneponto-Bantaeng Sulawesi Selatan,tepatnya di Desa Bonto Ujung Kecamatan Tarowang,atau sekitar 20 km dari kota Jeneponto membuat SMPN 2 Tarowang kadang dijuluki oleh warganya sebagai sekolah pinggiran,yang juga karena letaknya di dekat pantai Ujung.Namun,kata “pinggiran” tidak berlaku pada segi kualitas pendidikan dan prestasi sekolah.Dari segi kualitas bisa bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya yang dekat dengan pusat kota,misalnya dalam menghadapi ujian nasional kualitas tidak beda dengan sekolah-sekolah kota.
Sejak beroperasi pada tahun pelajaran 1998/1999,Sekolah yang pertama kali dipimpin oleh Baharuddin Arman,BA kemudian Drs.HM Taibin lalu Drs.KM Mahadi Gassing dan kini H.Idrus,S.Pd ini telah meraih berbagai prestasi baik dalam kurikuler maupun ekstrakurikuler.Berbagai tropy dan piagam yang menghiasi ruang kepala sekolah menjadi saksi bahwa SMPN 2 Tarowang yang memiliki visi “Unggul dalam Prestasi yang Berlandaskan IPTEK dan IMTAQ” benar-benar selalu unggul dalam prestasi di tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten.
Beberapa prestasi akademik yang pernah diraih sekolah ini,antara lain yang dikemukakan oleh Amrin,S.Pd,M.Pd, Wakasek Kurikulum SMPN 2 Tarowang adalah juara I Lomba IPA tingkat kabupaten tahun 2011;juara I Olyampiade Biologi tingkat Kabupaten tahun 2007 , 2006 dan juara II pada tahun 2005;Juara II Olyampade Fisika tingkat kabupaten tahun 2004 dan 2007;Juara II cerdas cermat tingkat kabupaten 2006;juara III Olyampiade matematika tahun 2004;dan juara III pemlihan siswa teladan puteri kabupaten Jeneponto tahun 2004.Sedangkan dalam ekstrakurikuler,prestasi sekolah ini lebih banyak lagi,antara lain yang tingkat kabupaten adalah Juara II lomba SKJ tahun 2014,juara I Lompat Jauh Puteri,Juara I Tenis Meja putra,Juara I lomba kepalangmerahan,Juara I lomba majalah dinding dan mewakili Jeneponto ditingkat provinsi di Soppeng dan menjadi Juara Umum pada lomba 17 Agustusan tahun 2014 tingkat kecamatan Tarowang.
SMPN 2 Tarowang adalah salah satu sekolah yang mengutamakan kedisiplinan dalam penyelenggaraan pendidikan. H.Idrus,S.Pd yang kini menakhodai sekolah ini saat konsistem menjaga kedisiplin,baik terhadap guru maupun terhadap siswa.”Guru itu adalah amanah yang kelak akan kita pertanggungjawabkan di hadapan Allah,maka menjaga kedisiplin adalah salah wujud pertanggungjawaban kita dalam melaksanakan tugas.Oleh karena itu,tidak ada alasan bagi guru untuk tidak disiplin dalam melaksanakan tugasnya”,ungkapnya.Ditambahkannya,bahwa guru mestinya malu terhadap masyarakat bila berkeliaran atau siswanya berkeliaran pada saat jam pelajaran berlangsung,apalagi bagi yang telah sertifikasi dengan gaji yang berlipat.Suasana disiplin telah lama kita dirasakan di SMPN 2 Tarowang.Kedisiplinan telah diyakini sebagai kunci kesuksesan.Siswa dan guru telah terbiasa dengan kehidupan sekolah yang disiplin.Disiplin pulalah yang membuat warga masyarakat tetap menaruh kepercayaan kepada SMPN 2 Tarowang untuk mendidik anak-anaknya. Kedisplinan telah mengantar alumni sekolah ini selalu berprestasi di jenjang yang lebih tinggi dan kini alumni sekolah ini telah banyak yang sukses dan tersebar diberbagai profesi,dan kuliah di berbagai peguruan tinggi.
Dalam penyelengaraan pendidikan,guru-guru SMPN 2 Tarowang selalu menjaga kebersamaan dan kekompakan.Guru senantiasa menjalin kerjasama dalam melaksanakan tugas dan tangungjawabnya demi mengejar kualitas dan prestasi sekolah atau dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.Seperti yang diakui Sahabuddin,mantan Wakasek Kesiswaan,sebagai guru tertua di sekolah ini,bahwa prestasi-prestasi yang pernah diraih sekolah ini adalah hasil dari kekompakan atau kerjasama warga sekolah,peran staf TU juga tidak kalah penting dalam membina ekstrakurikuler.Tidaklah heran bila ada kegiatan lomba,guru-guru dan staf TU giat memberi latihan,dan tidak ada istilah mengambil alih tugas guru lain karena tujuannya Cuma satu yaitu mengejar prestasi untuk sekolah.
Adapun misi yang diembang sekolah ini adalah: 1. Melaksanakan penerimaan siswa baru yang transparan,akuntabilitas,obyektif sehingga tercipta kepercayaan masyarakat yang tinggi kepada sekolah;2. Melaksanakan disiplin, sehingga tercipta sumber daya manusia yang patuh dan menghargai aturan-aturan;3. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif,sehngga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai potensi yang dimilikinya;4. Memberdayakan guru dan tenaga kependidikan lainnya,sehingga menjadi guru/pegawai profesional dalam melaksanakan tugas-tugasnya;5. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran-ajaran agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak;6. Menyediakan dan memanfaatkan sarana/ prasarana maksimal,sehingga tercipta pembelajaran yang cerdas dan menyenangkan;7. Meningkatkan prestasi siswa dalam kegiatan olah raga,kesenian dan ekstra kurikuler;8. Mencptakan kehidupan sekolah yang aman, baik,indah,tertib,dan nyaman;9. Meningkatkan partisfasi masyarakat dan pihak lain yang terkait dalam menyelenggarakan pendidikan di sekolah;10. Meningkatkan produktifitas dan kegiatan adminitrasi sekolah.(Elsah,2014).

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

s.r.hariyadhy

jangan hidup dari pendidikan tapi hidupkanalah pendidikan
Daftar Artikel Terkait :  2

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0