Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / AGAR KUCING KESAYANGAN PANDAI MENGUCAP SALAM &RAJIN BERGELUT
AGAR KUCING KESAYANGAN PANDAI MENGUCAP SALAM &RAJIN BERGELUT
0 Komentar | Dibaca 1006 kali
HUSNIJAL @husnijal05
24 October 2014

dok.pribadiSALAH satu hewan peliharaan yang dapat membuat bahagia adalah kucing, karena bisa diajak bergelut dan mengucapkan salam. Untuk mengucapkan salam yang persis mungkin tidak masuk akal, tetapi kucing kami yang bernama Maru, setiap mau masuk rumah biasanya mengeong terlebih dulu. Yang oleh saya itu adalah ucapan salam. Untuk melatihnya seperti itu, caranya adalah setiap sikucing mengeong ingin masuk, maka bukakan saja pintu, yang lama-lama kelamaan akan jadi kebiasaan baginya. Dan setiap saya pulang kerja, mendengar suara sepeda motor saya datang, walaupun masih belum keliahatan dia akan bangkit lalu mengejar, karena dia telah mengenali suara motor saya.
Disamping dapat membuat bahagia dan membuat saya tertawa terbahak-bahak, kucing juga murah, dikatakan murah karena untuk mendapatkannya, tidak perlu membelinya kepasar, tapi bisa meminta dari tetangga, memungut dijalanan atau cara yang palng gampang adalah, kucing jiran yang sering bertandang kerumah anda (kita) diambil diam-diam caranya, yaitu dengan mengasihnya makanan setiap kucing tersebut datang kerumah kita. Kasihlah makanan-makanan kesukaanya seperti ikan, daging dan lain-lain. Mudah-mudahan sikucing tersebut betah dan senang tinggal dirumah kita. Ketimbang di rumah tunganainya.
Memelihara kucing lebih menyenangkan dibanding memelihara burung, karena tidak perlu mengeluarkan uang banyak, uang yang seharusnya untuk membeli sangkar, jengkrik, ulat hongkong, kroto dan entah apalagai namanya bisa diberikan kepada anak-istri. Dan kita terjauh dari namanya hukum karma, hukum karma adalah hukum pembalasan yang serupa, contoh di dunia seseorang telah mengurung burung dalam sangkar, menjemurnya 2-3 jam sehari di bawah terik mata hari, maka kelak orang tersebut juga, mungkin akan dikurung dan dijemur burung itu pula. Dan jika yang menarik pada burung tersebut terletak pada kicauannya, kicauan burung tersebut banyak tersimpan di memori HP, Nah jika ingin kicauan, putar saja kicauan tersebut pakai hp.
Mari kita hobbi memelihara kucing. Karena memelihara dan menyayangi kucing ini, bisa membuat tertawa terbahak-bahak. Apalagi sidia rajin bergelut. Cobalah kalau tidak percaya…! Agar kucing rajin bergelut, pilihlah kucing yang masih anakan, berikanlah makanan berupa nasi yang diaduk dengan ikan atau daging hewan kurban. Secara rutin, maka sidia akan gemuk dan rajin bergelut, seperti kucing kesayangan saya.
Dan teryata, seperti yang saya baca dalam sebuah tulisan, rasul juga sayang kepada kucing, Beliau memiliki kucing peliharaan yang bernama Muezza. Setiap Rasululloh S.A.W. menerima tamu di rumah, Beliau selalu menggendong kucingnya dan di letakkan di pahanya. Beliau pun bahkan berpesan untuk menyayangi kucing peliharaan, layaknya menyanyangi keluarga sendiri.
Pernah juga saat Rasululloh S.A.W. mau mengambil jubahnya dan Muezza ketika itu sedang tidur di atasnya, karena tidak ingin membangunkan kucingnya, maka Nabi pun memotong belahan lengan yang di tiduri oleh Muezza.

Rasululloh S.A.W. juga sayang terhadap semua binatang, Suatu hari ketika Rasululloh S.A.W. keluar dari mesjid, Beliau mendapati seekor burung yang di jadikan mainan oleh seorang anak kecil. Kaki burung tersebut di ikat dengan seutas tali, lalu diseret-seret sambil berlari. Bagi si anak ini mungkin permainan tersebut sangat mengasyikkan. Lalu Rasululloh S.A.W. menghampiri anak tersebut dan berkata, ” kenapa burung tersebut engkau tarik-tarik, bagaimana kalau burungnya saya beli”. Karena si anak setuju, maka akhirnya Rasululloh S.A.W. membeli burung tersebut dan dirawat di rumah. Dan setelah burung tersebut sembuh, maka akhirnya Rasululloh S.A.W. melepaskannya.
Menyayangi sesama makhluk Allah S.W.T. adalah sebuah perbuatan yang di anjurkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk juga kepada binatang…karena mereka juga makhluk Allah yang berhak mendapat kebebasan dan ketentraman dalam hidupnya. Penyiksaan terhadap binatang bukan dengan alasan yang hak…dan tergolong perbuatan dosa.
Kita masih ingat sebuah kisah di zaman sebelum kedatangan Islam, seorang wanita mendapat azab dari Allah S.W.T. hanya karena mengurung seekor kucing tanpa memberi makan dan minum selama tiga hari, yang mengakibatkan kucing tersebut mati.
Dan juga kisah seorang laki-laki yang mendapat rahmat dari Allah S.W.T., hanya karena memberi minum seekor anjing yang kehausan dengan menggunakan telapak tangannya karena tidak bisa mengambil air untuk diminum dari sumur yang dalam.
Bukhari meriwayatkan dalam Shahih-nya dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Ketika seorang laki-laki sedang berjalan, dia merasakan kehausan yang sangat, lalu dia turun ke sumur dan minum. Ketika dia keluar, ternyata ada seekor anjing sedang menjulurkan lidahnya menjilati tanah basah karena kehausan. Dia berkata, “Anjing ini kehausan seperti diriku”. Maka laki-laki itu mengisi sepatunya dan memegangnya dengan mulutnya, kemudian dia naik keatas dan memberi minum anjing itu. Allah SWT memujinya dan mengampuninya”. Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, apakah kita bisa meraih pahala dari binatang…?”. Maka Beliau SAW menjawab, “Pada setiap hati yang basah (lembab), terdapat shadaqah….”
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Muslim, Rasululloh S.A.W. berkata: “Orang yang penyayang akan di sayangi Alloh, sayangilah makhluk Alloh yang ada di bumi, maka niscaya engkau akan di sayangi para penghuni langit”…

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

cornellbly  

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0