Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / GURU BIJAKSANA DAN GURU EFEKTIF
GURU BIJAKSANA DAN GURU EFEKTIF
1 Komentar | Dibaca 1036 kali

GURU BIJAKSANA DAN GURU EFEKTIF

OLEH : MUHAMMAD FADLY.S, S.Pd

GURU BIJAKSANA

Dalam kamus bahasa Indonesia Bijaksana artinya selalu menggunakan akal, sedangkan Guru artinya orang yang kerjanya mengajar baik itu di perguruan, sekolah (PT, Sekolah Tinggi, Universitas).

Kalau kita gabungkan dua kata tersebut ; Guru bijaksana adalah Seorang yang mengajar dengan menggunakan akalnya (Ilmunya) untuk merubah seorang atau beberapa orang disuatu tempat/waktu  yang sama. Guru bijaksana selalu berorientasi apa yang dimaui/diminati siswa dengan digabungkan akal (ilmu) yang didapat guru melalui pendidikan dan pengalaman selama mengajar.

Guru bijaksana cendrung  bersikap demokratis dalam menghadapi masalah di kelas tetapi tidak meninggalkan prinsip pengajaran itu sendiri. Dalam hal gaya mengajar ada perbedaan mencolok antara guru bijaksana dengan guru yang efektif:

Gaya guru bijaksana : guru bersikap logis dan sopan, guru memiliki ekspektasi yang jelas, selalu konsisten, berdasarkan fakta (faktual), realistis dalam pembelajaran

Gaya guru efektif : Tegas dan adil, lucu dan aneh, gaul, kolokan (kekanak-kanakan), kasih sayang, sifat kewirausahaan, eksentrik dan keras (tegas)

Guru bijaksana banyak disukai siswa dalam hal gaya mengajarnya, tetapi siswa hampir 50% memegang kendali kelas anda. itu bisa diatasi dengan ketegasan dan ciri khas anda mengajar supaya kelas anda terasa nyaman dan tujuan anda bisa tercapai.

GURU EFEKTIF

Efektif dalam kamus bahasa Indonesia artinya ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya),dapat berhasil guna, manjur dan mujarab. Menjadi guru yang efektif adalah sebuah proses yang dimulai ketika anda pertama kali memasuki ruang kelas dan merupakan proses berkelanjutan selama anda tetap pada profesi anda.

Ada beberapa aspek yang berbeda dari guru yang efektif dalam berkomunikasi verbal dan non verbal guru efektif sangat terampil, mempunyai kemampuan yang tinggi dalam memimpin di kelas dan ruang kelas, menyesuaikan gaya mengajar dengan situasi tertentu di kelas, pengetahuan perencanaan dan pelajaran kualitas tinggi.

Bagaimana supaya anda menjadi guru efektif;

1. Anda harus menjadi panutan siswa

2. Berkomunikasi verbal dan non-verbal yang efektif

3. Intonasi suara yang jelas dengan keadaan

4. Menggunakan gerak tubuh anda dalam mengajar

5.Menguasai ruangan belajar

6. Aspek psikologis dalam mengajar

7. Memperha