Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / GURU BIJAKSANA DAN GURU EFEKTIF
GURU BIJAKSANA DAN GURU EFEKTIF
1 Komentar | Dibaca 882 kali

GURU BIJAKSANA DAN GURU EFEKTIF

OLEH : MUHAMMAD FADLY.S, S.Pd

GURU BIJAKSANA

Dalam kamus bahasa Indonesia Bijaksana artinya selalu menggunakan akal, sedangkan Guru artinya orang yang kerjanya mengajar baik itu di perguruan, sekolah (PT, Sekolah Tinggi, Universitas).

Kalau kita gabungkan dua kata tersebut ; Guru bijaksana adalah Seorang yang mengajar dengan menggunakan akalnya (Ilmunya) untuk merubah seorang atau beberapa orang disuatu tempat/waktu  yang sama. Guru bijaksana selalu berorientasi apa yang dimaui/diminati siswa dengan digabungkan akal (ilmu) yang didapat guru melalui pendidikan dan pengalaman selama mengajar.

Guru bijaksana cendrung  bersikap demokratis dalam menghadapi masalah di kelas tetapi tidak meninggalkan prinsip pengajaran itu sendiri. Dalam hal gaya mengajar ada perbedaan mencolok antara guru bijaksana dengan guru yang efektif:

Gaya guru bijaksana : guru bersikap logis dan sopan, guru memiliki ekspektasi yang jelas, selalu konsisten, berdasarkan fakta (faktual), realistis dalam pembelajaran

Gaya guru efektif : Tegas dan adil, lucu dan aneh, gaul, kolokan (kekanak-kanakan), kasih sayang, sifat kewirausahaan, eksentrik dan keras (tegas)

Guru bijaksana banyak disukai siswa dalam hal gaya mengajarnya, tetapi siswa hampir 50% memegang kendali kelas anda. itu bisa diatasi dengan ketegasan dan ciri khas anda mengajar supaya kelas anda terasa nyaman dan tujuan anda bisa tercapai.

GURU EFEKTIF

Efektif dalam kamus bahasa Indonesia artinya ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya),dapat berhasil guna, manjur dan mujarab. Menjadi guru yang efektif adalah sebuah proses yang dimulai ketika anda pertama kali memasuki ruang kelas dan merupakan proses berkelanjutan selama anda tetap pada profesi anda.

Ada beberapa aspek yang berbeda dari guru yang efektif dalam berkomunikasi verbal dan non verbal guru efektif sangat terampil, mempunyai kemampuan yang tinggi dalam memimpin di kelas dan ruang kelas, menyesuaikan gaya mengajar dengan situasi tertentu di kelas, pengetahuan perencanaan dan pelajaran kualitas tinggi.

Bagaimana supaya anda menjadi guru efektif;

1. Anda harus menjadi panutan siswa

2. Berkomunikasi verbal dan non-verbal yang efektif

3. Intonasi suara yang jelas dengan keadaan

4. Menggunakan gerak tubuh anda dalam mengajar

5.Menguasai ruangan belajar

6. Aspek psikologis dalam mengajar

7. Memperhatikan waktu dalam mengajar

8. Taat pada peraturan kerja

9. Mempunyai karakter sendiri

10. Jujur

Penulis tidak membahas guru yang mana yang terbaik, tetapi hal diatas harus menjadi intuitif jika anda berharap menjadi guru yang baik dan konsisten. Tetapi guru yang berpengalaman kadang kala terlihat memiliki sentuhan” magis” terhadap kelas mereka, mengapa? kerena mereka melakukannya hal-hal tersebut secara naluriah dan merupakan suatu bagian tanpa sadar dari pengajaran mereka.

Perlu guru maklumi; wacana diatas tidak menjamin pengajaran anda tetapi besar kemungkinan anda akan menciptakan pengajaran yang baik bagi kelas anda sehingga tujuan pendidikan itu semakin bermakna.

Bravo guru Indonesia, semoga semakin berjaya, dan siswa- siswi mendapat pendidikan yang bermakna.

 

DAFTAR PUSTAKA

Soe Cowley, “Panduan Manajemen: Perilaku Siswa” edisi ke empat, esensi,erlangga group, Jakarta, Maret 2011.

Retno Listyarti, “Pendidikan Karakter ,dalam metode aktif,Inovatif, dan Kreatif”.penerbit erlangga, Jakarta, Juni 2012.

 

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Hanya satu komentar pada "GURU BIJAKSANA DAN GURU EFEKTIF"

  1. RAHMA WIDIASTUTI

     |
    October 9, 2014 at 11:49 am

    Bravo buat pak M. Fadly, isi wacananya yang bertema “Guru Bijaksana dan Efektif” sangat mengagumkan saya sabagai seorang pendidik tetapi ada yang sangat disayangkan “Apakah bisa semua guru menjadi Guru Bijaksana dan Efektif ???”
    Bagaimana trik kepada guru taw anak buah Bapak agar menjadi “Guru Bijaksana dan Efektif”?????

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Ananda Farhan Ramadhan

Vocational High School 8 Student | Work Training
Daftar Artikel Terkait :  24
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0