Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / IMAJINASI SEBUAH SEKOLAH/MADRASAH
IMAJINASI SEBUAH SEKOLAH/MADRASAH
0 Komentar | Dibaca 636 kali

Sekolah/Madrasah merupakan tempat untuk menimba ilmu,baik ilmu urusan dunia atau ilmu urusan akhirat. menurut penulis, keberadaan (hakekat) sebuah sekolah merupakan hal yang sangat penting dalam proses transfer ilmu, bukan dalam segi bangunan (megah atau sederhana), bukan dalam segi operasional keuangan (kaya atau miskin) tetapi hanya sebuah tempat yang menjembatani peserta didik (siswa) dalam belajar.

Kita bisa bayangkan bagaimana jadinya kalau kita belajar tanpa ruang (dialam bebas) kalau diterapkan untuk anak-anak tentunya akan sangat kesulitan bagi guru/pendidik dalam mengurusi siswanya.baik dalam proses belajar mengajar pasti anak-anak tidak fokus dengan pelajaran, ketertiban juga akan sulit dilaksanakan dan keterbatasan-keterbatasan lain yang nantinya akan menghambat proses belajar mengajar.

Peran pemerintah (pusat maupun daerah) juga sangat penting, bagaimana mungkin sebuah sekolah/madrasah yang tidak dinaungi sebuah pemerintahan. sebuah sekolah akan lebih tegap berjalan menuju cita-cita luhur kalau berjalannya berdampingan dengan pemerintah setempat. bagaimana sekolah akan maju kalau pemerintah setempat acuh tidak mengakui ada proses belajar mengajar ditempatnya.

Begitu pula peran penting yang tidak luput dari tercapainya impian sebuah sekolah adalah peran wali murid (orang tua) murid itu sendiri. orang tua jangan hanya mengandalkan anaknya disekolah yang megah kemudian menjadi anak harapan orang tua (pintar, rajin, sholeh/sholehah dll), tetapi diimbangi dengan usaha bapak dan ibu dirumah.

Penulis hanya berandai-andai…….

Seumpama di Negara tercinta kita (Indonesia) ini mempunyai sekolah/madrasah yang :….

1. Megah dalam infrastruktur…..

2. Mempunyai guru/pendidik yang profesional….

3. Menjadikan Kualitas bukan Kuantitas….

4. Menghargai sebuah Proses bukan Hasil….

5. Memfasilitasi proses belajar mengajar….

6. Menghargai sebuah karya….

7. Menanamkan nilai-nilai keagamaan….

8. Mengapresiasi prestasi siswa….

9.

10.

Dst…R