Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / Mengatasi Jenuh Saat Ikut Pelatihan
Mengatasi Jenuh Saat Ikut Pelatihan
0 Komentar | Dibaca 1157 kali

Penulis : ZaidBuri Prahastyo (terapist hipnotherapy dan NLP therapy, Guru BK SMK Darussalam Makassar)

Saya sedang berada di sebuah acara pelatihan. Sang pemateri akademisi yang tidak lama lagi akan menjadi Guru Besar. Namun disayangkan karena display pelatihan dibuat dalam bentuk 1 arah, menghadap ke depan, sehingga termaklumi ketika pemateri kemudian terperangkap dalam pola ceramah yang membosankan. Ditambah lagi penyempurnaan oleh pembawa acara yang ikut terjebak dalam ceramah pemateri tanpa mampu melakukan icebreaking.

Kejadian yang saya alami mungkin sekali akan menimpa Anda. Apa yang harus dilakukan ? Sederhana.

1. Carilah kata-kata kunci dalam setiap ucapan pemateri, jika dia menggunakan slide presentasi, carilah kata-kata kunci di slide tersebut.
Kata kunci adalah pokok pikiran, yang terjelaskan dengan bantuan kata-kata lainnya. Dalam mendengarkan ceramah, pada dasarnya kita sedang mendengarkan penjelasan, oleh karenanya cukup kita menuliskan kata kunci yang akan mengingatkan kita pada penjelasan tersebut.

2. Tuliskanlah kata kunci tersebut beserta keadaan ketika itu, misalkan sang pemateri sementara memasukkan sebelah tangannya ke saku, atau ketika Anda sedang menguap, atau ketika seorang peserta pelatihan berkudung merah tampak menggelengkan kepala, atau apapun kejadian yang menarik perhatian Anda seketika itu.

3. Jangan berhenti menulis dan mendengarkan, bahkan ketika Anda sudah menuliskan kata-kata kunci, atau ketika tampilan slide mendadak stag, yaitu ketika pemateri menjelaskan terlalu panjang dan terlalu lebar. Teruslah menuliskan kata-kata kunci demi kata-kata kunci, atau tuliskanlah keadaan ketika itu.

Menurut para ahli, otak kita menyimpan setiap kejadian yang kita alami, dalam bentuk gambar dan rasa. Dan cara mudah untuk mengingatnya kembali adalah melalui asosiasi visual.

Banyak kejadian masa lampau yang masih kita ingat hingga saat ini disebabkan oleh gambaran yang sangat jelas pada saat itu, ataupun emosi yang sangat kuat yang terlibat ketika itu.

Dengan menuliskan kata-kata kunci dan kejadian yang menyertainya, maka ceramah yang paling membosankan pun akan mampu Anda serap informasinya hingga 95%.

Maksimalkanlah kemampuan otak Anda, kenali caranya menyerap informasi… kemudian lihatlah apa yang terjadi… (sok meniru mario teguh)

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

FAUZI

Saya Guru Profesional
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0