Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Merancang Bahan Ajar Berbasis E-Book (Clipping Book)
Merancang Bahan Ajar Berbasis E-Book (Clipping Book)
0 Komentar | Dibaca 1168 kali
SUDIRMAN, S.Pd. @sdirman
01 October 2014

cover ebook-01
E-book adalah singkatan dari Electronic Book atau buku elektronik. Menurut wikipedia e-book (singkatan dari electronic book, atau e-book) dikenal sebagai buku digital, merupakan e- teks yang berbentuk media digital dan kadang-kadang dilindungi dengan hak cipta digital. Menurut Kamus Oxford, E-Book adalah “versi elektronik dari buku cetak yang dapat dibaca pada komputer pribadi (Laptop/Notebook) atau perangkat genggam seperti Tablet, iPad, atau iPhone,”.
File-file yang digunakan untuk pengemasan document sehingga bisa disebut e-book biasanya dalam format PDF, JPEG, LIT, Docx, HTML, Open Electronic Book Package. Dan file document agar bisa disebut e-book tentunya harus memenuhi kaidah-kaidah penulisan buku namun tidak dapat diwujudkan secara fisik (di-print).
E-Book berformat Open Electronic Book Package atau dikenal sebagai OPF FlipBook adalah suatu format buku elektronik yang berbasis pada XML yang dibuat oleh sistem buku elektronik. Buku elektronik dalam format OPF dikenal sebagai piranti lunak penyaji yang menampilkan buku dalam format 3D yang bisa dibuka-buka (flipping).
Dalam tulisan ini kaitannya dengan pelaksanaan “IHT Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran” di SMA Negeri 3 Parepare tahun pelajaran 2013/2014, penulis memfokuskan pada perancangan bahan ajar berbasis E-Book dengan format Open Electronic Book Package.
Perkembangan teknologi semakin hari semakin maju, dengan menghadirkan E-Book di kelas, peserta didik lebih termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran dan lebih termotivasi lagi bila tugas-tugas dalam tugas individu atau tugas kelompok di format dengan E-Book sehingga mereka dapat membukanya pada perangkat lunak yang dimiliki masing-masing peserta didik.
Berdasarkan pengamatan penulis, 50 % peserta didik di SMA Negeri 3 Parepare memiliki dan familiar dengan penggunaan Tablet, iPad atau iPhone. Dan bila hal ini tidak diikuti dengan bijak akan pemanfaatan teknologi untuk kegiatan pembelajaran, maka kita sebagai guru/pendidik tentunya tidak mau dikatakan GaPTek.
Olehnya itu dengan pelaksanaan IHT ini, adalah suatu langkah cerdas Kepala Sekolah untuk mengantisipasi perkembangan teknologi dan kaitannya juga dengan implementasi Kurikulum 2013 yang sedianya akan diberlakukan di sekolah (SMAN3) tahun pelajaran 2014/2015.
Dan semoga apa yang kami sajikan yang merupakan kegiatan pengimbasan dari pengetahuan yang dimiliki baik yang diperoleh melalui Diklat Berbayar maupun Diklat PPPPTK/VEDC Malang serta hasil skill sharing dengan rekan-rekan seorganisasi di OM PETIR Kota Parepare, sehingga menambah wawasan pengetahuan yang dapat didedikasikan kepada rekan guru di SMA Negeri 3 Parepare.

Proses Intalasi Software E-Book
Software yang akan digunakan dalam In House Training (IHT) Pemanfaatan TI dalam Pembelajaran tahun pelajaran 2013/2014 diperoleh dari http://www.flippdf.com/ yang berformat freeware, sedangkan yang berbayar seharga $99.00 s.d $299.00, namun jangan cemas, sebab untuk kebutuhan guru SMA Negeri 3 Parepare, cukup dengan yang freeware dan itupun sudah memiliki template variatif yang menarik untuk persiapan pembuatan Bahan Ajar berbasis E-Book yang sedianya disajikan di depan kelas atau untuk di SAVE (disimpan) pada piranti (Laptop/Notebook/Tab/iPad) masing-masing peserta didik.
Adapun langkah-langkah penginstalan software, sebagai berikut;
1. Copy dulu folder “IHT-SMAN3-2013-2014” tersedia pada CD yang disertakan dalam pelatihan ini pada Drive D atau pada Drive yang Bapak/Ibu pilih.
2. Klik folder tersebut (ada beberapa file di dalamnya) namun pilih file winrar saja dengan tulisan “E-Book Maker for SMAN3”, dan klik satu kali
3. Kemudian Extract file (free-flippingbook-publisher.exe), dengan meng-Klik kata Extract pada toolbar bagian atas

Untuk membuktikan bahwa software yang telah diinstal sudah benar adanya, maka terlebih dahulu ikuti langkah-langkah berikut ;
1. Lihat desktop pada laptop/notebook untuk mencari software yang telah diinstal yang berwujud dalam bentuk ICON .
2. Perhatikan gambar tampilan desktop laptop berikut dimana icon yang dimaksud yang telah ditandai dengan warna merah sebagai contoh, kemudian silahkan Bapak/Ibu memperhatikan desktop masing-masing dengan memperhatikan ICON dengan Tulisan Free Flipping Book Publisher, setelah ditemukan, Klik sebanyak 2 kali untuk memulai merancang Bahan Ajar berbasis E-Book.
3. Bila muncul seperti gambar berikut pertanda “Perfect” artinya Bapak/Ibu sukses menginstal sofwarenya.
4. Selanjutnya klik tanda [X] pada ujung atas sebelah kanan, lihat arah panah merah untuk menutup aplikasi softwarenya, dan kita akan kembali disini bila telah membuat Bahan Ajarnya dalam bentuk Dokument RTF (Rich Text Format).
5. Dalam IHT ini telah disiapkan format Doc. RTF untuk membuat bahan ajar yang tersedia pada Folder “IHT-SMAN3-2013-2014” dengan nama file “Format E-book-SMAN3”, selanjutnya Bapak/Ibu hanya mengisi dengan “Judul Materi Ajar, Kompetensi Dasar, tujuan pembelajaran, isi Materi Ajar dan Soal” atau siapkan RPP Bapak/Ibu agar memudahkan mengisi format yang tersedia.
B. Membuat Bahan Ajar dengan Template RTF
Membuat bahan ajar dengan template RTF (Rich Text Format) dimulai dengan membuka folder “IHT-SMAN3-2013-2014” yang tersimpan pada Laptop/Notebook Bapak/Ibu, selanjutnya ikutilah langkah-langkah berikut;
1. Temukan file dengan nama “Format E-book-SMAN3”, dan Klik kanan pada mouse sehingga tampil seperti gambar di bawah ini atau klik 2 kali pada file tersebut .
2. Bila muncul seperti gambar berikut, maka gantilah tulisan yang berwarna merah sesuai dengan Mata Pelajaran yang diampuh dan Kelas serta nama Bapak/Ibu.
3. Kemudian pada halaman berikutnya (Lembar Pengesahan), ganti kata yang berwarna merah, seperti yang ditunjukkan tanda panah pada gambar berikut;
4. Demikian pula halaman berikutnya (Kata Pengantar), ganti kata yang berwarna merah atau Bapak/Ibu bisa berkreasi membuat Kata Pengantar yang lebih baik, karena kata pengantar yang ditampilkan ini sebagai contoh saja.
5. Sebelum dilanjutkan, Save As file dokumen yang telah diubah judulnya dengan Mata Pelajaran Bapak/Ibu pada Folder “IHT-SMAN3-2013-2014” atau lihat contoh “Matematika-E-BOOK”, seperti gambar berikut;
6. Selanjutnya, silahkan membuka RPP semester Genap untuk mengisi Bab I (Kompetensi Dasar) sesuai dengan Materi Ajar yang akan ditampilkan pada E-Book, dalam hal ini, penyaji adalah guru Bahasa Inggris maka yang disajikan adalah KD Listening (Mendengarkan) seperti contoh pada gambar berikut;
7. Kemudian, isilah Bab II (Tujuan Pembelajaran) sesuai dengan tujuan penyajian materi ajar yang akan disajikan di kelas, sebagai contoh lihat gambar berikut;
8. Dan lanjutkan untuk mengisi Bab III (Materi Ajar), lihat contoh gambar;
9. Demikian juga pada Bab IV (Soal Latihan), lihat contoh pada gambar berikut;
10. Dan tibalah pada bagian Penutup, gantilah kata yang berwarna merah dengan Mata Pelajaran Bapak/Ibu.
11. Setelah diisi bagian penutup, silahkan tekan tombol Ctrl dan S secara bersamaan agar format dokumen E-Book yang telah dibuat tidak hilang.
12. Kemudian pada bagian Sumber/Media, diisi sesuai yang tertera pada RPP, itupun bila ada, bila tidak ada biarkan kosong, sebagai contoh lihat gambar;
13. Yang terakhir, Tekan Ctrl + S pada Keyboard Laptop/Notebook

C. Mempublish Bahan Ajar Menjadi E-Book
Akhirnya, tiba saatnya mempublish Bahan Ajar yang telah dibuat menjadi E-Book dengan menggunakan software “Free Flipping Book Publisher”, olehnya itu ikutilah langkah-langkah berikut ini;
1. Minimize semua file, folder agar muncul jendela desktop seperti gambar berikut;
2. Klik 2 kali pada Icon Software yang tersedia pada desktop, untuk membuka Jendela Kerja, seperti gambar di bawah ini;
3. Kemudian, hilangkan nama website seperti yang ditunjukkan panah merah pada gambar di atas, dengan cara “arahkan kursor pada “Book Title” lihat lingkaran merah pada gambar di bawah ini, kemudian klik www.FlipBuilder.com, 1 X, dan ganti dengan judul E-Book sesuai Mata Pelajaran, misalnya “English XII-Genap”.
4. Setelah diganti, jangan lupa pindahkan Kursor di tempat lain agar Tulisan “Apply Change” berubah menjadi warna merah berkedip-kedip, lihat gambar berikut,
5. Klik “Apply Change” 1 kali untuk membuktikan bahwa E-Book berganti Nama, perhatikan lingkaran merah dan tanda panah merah seperti gambar berikut;

sampai disini dulu, sahabat, rekan tenaga pendidik, bagi yang penasaran bisa request via emai : namridoex@hotmail.com

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

ANTI MASPUPAH

pernah bersekolah di SDN 4 Rancapanggung,SMPN 1 Sindangkerta,SMAN 1 Cililin dan mulai kuliah di STKIP SILIW ...
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0