Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Merancang Bahan Ajar Berbasis E-Book (Clipping Book)
Merancang Bahan Ajar Berbasis E-Book (Clipping Book)
0 Komentar | Dibaca 1354 kali
SUDIRMAN, S.Pd. @sdirman
01 October 2014

cover ebook-01
E-book adalah singkatan dari Electronic Book atau buku elektronik. Menurut wikipedia e-book (singkatan dari electronic book, atau e-book) dikenal sebagai buku digital, merupakan e- teks yang berbentuk media digital dan kadang-kadang dilindungi dengan hak cipta digital. Menurut Kamus Oxford, E-Book adalah “versi elektronik dari buku cetak yang dapat dibaca pada komputer pribadi (Laptop/Notebook) atau perangkat genggam seperti Tablet, iPad, atau iPhone,”.
File-file yang digunakan untuk pengemasan document sehingga bisa disebut e-book biasanya dalam format PDF, JPEG, LIT, Docx, HTML, Open Electronic Book Package. Dan file document agar bisa disebut e-book tentunya harus memenuhi kaidah-kaidah penulisan buku namun tidak dapat diwujudkan secara fisik (di-print).
E-Book berformat Open Electronic Book Package atau dikenal sebagai OPF FlipBook adalah suatu format buku elektronik yang berbasis pada XML yang dibuat oleh sistem buku elektronik. Buku elektronik dalam format OPF dikenal sebagai piranti lunak penyaji yang menampilkan buku dalam format 3D yang bisa dibuka-buka (flipping).
Dalam tulisan ini kaitannya dengan pelaksanaan “IHT Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran” di SMA Negeri 3 Parepare tahun pelajaran 2013/2014, penulis memfokuskan pada perancangan bahan ajar berbasis E-Book dengan format Open Electronic Book Package.
Perkembangan teknologi semakin hari semakin maju, dengan menghadirkan E-Book di kelas, peserta didik lebih termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran dan lebih termotivasi lagi bila tugas-tugas dalam tugas individu atau tugas kelompok di format dengan E-Book sehingga mereka dapat membukanya pada perangkat lunak yang dimiliki masing-masing peserta didik.
Berdasarkan pengamatan penulis, 50 % peserta didik di SMA Negeri 3 Parepare memiliki dan familiar dengan penggunaan Tablet, iPad atau iPhone. Dan bila hal ini tidak diikuti dengan bijak akan pemanfaatan teknologi untuk kegiatan pembelajaran, maka kita sebagai guru/pendidik tentunya tidak mau dikatakan GaPTek.
Olehnya itu dengan pelaksanaan IHT ini, adalah suatu langkah cerdas Kepala Sekolah untuk mengantisipasi perkembangan teknologi dan kaitannya juga dengan implementasi K