Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / pendidikan anak dalam kandungan
pendidikan anak dalam kandungan
0 Komentar | Dibaca 702 kali

pendidikan bukan hanya dimulai setelah masa kelahiran atau bahkan dibangku sekolah akan tetapi pendidikan itu telah dimulai saat manusia berada dalam kandungan ibunya.hadits rosul yang berbunyi :
اطلب العلم من المهد الى اللحد
Artinya : tuntutlah ilmu dari masa ayunan sampai liang lahat.
kata al mahdi tidaklah diartikan harus dengan ayunan, karena bumi kita yang besar ini pula disebut oleh Allah dengan kata Mihada ( Qs. Annaba’ 6).

bentuk jamak dari mahdi yaitu ayunan besar yang terlihat sebagai hamparan dalam penglihatan manusia. Jadi kata al mahdi tidaklah mutlak harus diartikan sebagai ayunan bayi. Sebab ia dapat dikonotasikan dengan yang lain yang lebih signifikan dengan dengan pemahaman secara pedagogis Islam yaitu rahim ibu. Sebab rahim ibu merupakan buaian yang pertama gabi bayi dalam kandungannya.

Dengan dasar pemikiran tersebut, maka hadits itu mengandung arti bahwa pendidikan itu berlangsung sepanjang hayat (long life education) yaitu sejak dalam kandungan sampai akhir hayat.

Pendidikan dalam kandungan merupakan pijakan pertama bagi manusia untuk dapat menentukan awal langkah hidupnya. Ketika bayi dalam kandungan dididik dengan pendidikan yang islami maka hal tersebut juga akan berpengaruh dengan ketertarikan dan kemampuannya dalam menangkap dan mengamaliahkan agama Islam ketika pasca kelahiran bayi tersebut

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

BANGUN JOKO LAKSONO

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  5

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0