Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Peran ganda Guru sebagai penulis naskah, sutradara, sekaligus sebagai aktor dan aktris dalam pembelajaran.
Peran ganda Guru sebagai penulis naskah, sutradara, sekaligus sebagai aktor dan aktris dalam pembelajaran.
1 Komentar | Dibaca 766 kali
HIDAYATI @hidayati1981
31 October 2014

Benarlah dikatakan bahwa tugas guru adalah tugas yang mulia. Mengapa demikian?, karena tugas guru saat menyampaikan materi pembelajaran mengharuskan guru bisa berperan ganda seperti layaknya dalam syuting sebuah film. Ketika kita menginginkan film itu bernilai, dan menjadi box office, maka mulai dari naskah, sutradara, bahkan aktor dan aktris yang berperan harus mengeksplor semua yang dimiliknya dengan maksimal.
Seperti itulah ketika guru sedang mengajar, guru harus menyiapkan naskah, skenario pembelajaran yang menarik, mudah dan menyenangkan sehingga apa yang ingin disampaikan mudah dipahami oleh siswa. Menyenangkan adalah kunci utama menarik minat siswa untuk belajar, karena itu guru harus bisa menjadi sutradara yang baik terutama dalam mendesain model pembelajaran sehingga siswa dapat berperan aktif saat belajar. Agar siswa bisa berperan aktif, maka guru harus bisa menjadi aktor dan aktris yang baik, sebagai contoh dan panutan siswa saat belajar.
Semua itu memang tidak mudah, tapi disitulah kunci utama menuju pendidikan yang mulia.
Semoga kita para guru bisa menjalankan peran kita dengan baik, sehingga lahirlah generasi yang mulia.