Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Gadget

Beranda / Gadget / Sejarah Mesin Cuci
Sejarah Mesin Cuci
0 Komentar | Dibaca 1112 kali
Gemscool Game @gemscool
12 October 2014

Pada tahun 1851, seorang bernama James King untuk pertama kalinya mematenkan mesin pencuci baju yang menggunakan sebuah tong. Meskipun disebut sebagai ‘mesin’, namun tong cuci ini masih menggunakan tenaga tangan. Tong ini digunakan untuk menampung air dan pakaian.

 

Tujuh tahun kemudian, yaitu tahun 1858, Hamilton Smith mematenkan mesin cuci yang dapat berputar. Kemudian pada tahun 1861, mesin cuci dikembangkan lagi dengan menambahkan gilasan pemeras. Penemuan-penemuan tersebut kemudian dikembangkan oleh William Blackstone pada tahun 1874, walaupun masih tetap manual menggunakan tangan.

Mesin cuci menggunakan tenaga listrik baru muncul untuk pertama kalinya pada tahun 1908. Mesin cuci yang dinamai The Thor ini diperkenalkan dan dipatenkan oleh Alfa J. Fisher seorang insinyur asal Amerika. Thor bentuknya seperti tong yang terbuat dari besi dan dilengkapi dengan papan pemeras pakaian serta motor mesin. Walaupun sudah menggunakan motor mesin, namun Thor masih menggunakan pedal yang terbuat dari kayu yang bergerak secara elektrik untuk memutar empat roda penggilas pakaiannya.

Mesin cuci ini pun ternyata masih memiliki kekurangan loh. Thor tidak dilengkapi sistem pelindung, sehingga orang yang menggunakannya sering terkena sengatan listrik akibat hubungan arus pendek yang terjadi antara air dengan listrik. Wah..wah..wah… Ngeri juga ya, jika mencuci menggunakan mesin ini.. Hehehe..

Pada tahun 1911, muncul mesin cuci lain yang menutupi kekurangan mesin cuci ciptaan Alfa J. Fisher di atas. Namun mesin cuci ini masih saja memiliki kekurangan yaitu ukuran mesin yang besar dan sangat berat. Perkembangan selanjutnya terjadi pada awal tahun 1920. Pada waktu itu penggunaan tembaga pada mesin cuci diganti dengan lembaran logam email putih karena dianggap lebih bersih dan mudah dirawat.

Mesin cuci yang mempunyai fungsi-fungsi dasar seperti mesin cuci saat ini baru ditemukan pada tahun 1930 oleh  John W. Chamberlain. Ia berhasil menciptakan mesin cuci  yang dapat mencuci, membilas dan memeras baju dalam satu proses. Barulah pada tahun 1950-an mesi