Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / UPAYA MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF UNTUK MEMPERCEPAT BERKEMBANGNYA POTENSI ANAK DEMI KEBERHASILAN PROSES BELAJAR MENGAJAR .
UPAYA MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF UNTUK MEMPERCEPAT BERKEMBANGNYA POTENSI ANAK DEMI KEBERHASILAN PROSES BELAJAR MENGAJAR .
0 Komentar | Dibaca 1627 kali
ANDIKA FARIS @kreasi
28 October 2014

Guru dalam melaksanakan tugas belajar mengajar hendaknya berpegang pada prinsip mendidik yang antara laian : perhatian, penyuluhan, pengorbanan, dan peneguhan. Menyadari dari prinsip tersebut, seorang guru dalam menjalankan tugasnya tidak hanya pengajar, tetapi seorang guru harus betul-betul professional dalam melihat, menganalisa, mengevaluasi, serta mampu memberikanbantuan pada siswa untuk memecahkan masalahnya. Dengan adanya bantuan yang diberikan oleh guru diharapkan nantinya siswa dapat berkembang ke arah kemandirian untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal yaitu lulusan yang peka, kritis, mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab sesuai harapan sekolah, orang tua, dan diri anak.

 

Dalam menghadapi era globalisasi yang diiringi dengan perkembangan IPTEK yang begitu pesat, maka peningkatan kualitas sumber daya manusia mempunyai posisi yang strategis bagi keberhasilan dan kelanjutan pembangunan Nasional. Oleh sebab itu, upaya tersebut mutlak harus mendapat perhatian yang sungguh-sungguh dan harus dirancang secara sistematis dan seksamaberdasarkan pemikiran yang matang. Wadah yang tepat bagi upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah pendidikan.

Ada beberapa indikator dalam meningkatkan pendidikan antara lain melaui peningkatan kinerja guru dan peningkatan mutu pelajaran yang meliputi MBS, Pakem, dan Peran Serta Masyarakat ( PSM ). Dalam kaitannya dengan Pakem, guru dituntut untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, yaitu pembelajaran yang aktif,kreatif,efektif, dan menyenangkan. Situasi tersebut harus diupayakan untuk semua mata pelajaran, guna mencapai peningkatan mutu pelajaran yang optimal. Selaras dengan apa yang dikatakan Bobby Deporter dalam bukunya. Quantum Learning bahwa agar efektif belajar dapat dan harus menyenangkan. Untuk menyenangi suatu mata pelajaran yang diajarkan, guru dituntut kreatif menciptakan. Lingkungan belajar kondusif mempercepat berkembangnya potensi anak. Situasi yang inovatif dengan mengerahkan secara optimal sumber daya dan sumber dana yang ada. Guru yang berada di barisan terdepan dalam pendidikan harus bisa meramu agar penyampaian materi menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Sebuah dilema, guru yang dianggap sebagai penentu dan paling berpengaruh dalam hal menanamkan konsep, telah menguasai materi pembelajaran, mampu memilih dan menerapkan metode, menetapkan media pembelajaran dihadapkan pada siswa yang mempunyai potensi dan kemauan belajar di sekolah yang cukup menghasilkan hasil belajar yang kurang optimal.

Terilhami oleh suatu ungkapan “Saya mendengar,  saya lupa:  saya melihat, saya ingat: saya berbuat,  saya mengerti“, serta “Mulailah dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, dan mulai darisekarang“ maka penulis berasumsi bahwa lingkungan belajar anak baik formal dan informal dapat mempercepat proses belajar mengajar dalam rangka meningkatkan mutu.

Faktor penting yang mendorong penulis untuk mengangkat judul “Upaya Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif untuk Mempercepat Berkembangnya Potensi Anak  Demi Keberhasilan Proses Belajar Mengajar pada Semester Genap 2014-2015 SDN GLADAK ANYAR I Kecamatan Pamekasan”, karena proses belajar mengajar di sekolah pada semester ganjil telah dilakukan secara optimal tidak dibarengi dengan hasil ulangan semester ganjil yang optimal pula, bahkan cenderung lupa dan blank/kosong. Kenyataan di lapangan yang penulis hadapi , yaitu SDN GLADAK ANYAR II PAMEKASAN, walaupun berada di wilayah kota ternyata dalam segi prestasi belajar masih harus mengakui keunggulan SD yang lain, apalagi berbicara berapa orang anak yang diterima di SMP Negeri lebih jauh berapa nilai yang diperoleh siswa pada Seleksi Penerimaan Siswa Baru SMP. Oleh karena itu penulis sebagai guru di SD tersebut berupaya untuk mengkondisikan lingkungan belajar yang kondusif untuk mempercepat berkembangnya potensi anak demi keberhasilan proses belajar mengajar di semester genap 201-2008 dalam upaya peningkatan mutu.Lingkungan belajar kondusif mempercepat berkembangnya potensi anak.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

eoialekoaiq

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0