Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / Cara Beternak Burung Murai Picieng (Kacer) Parik.
Cara Beternak Burung Murai Picieng (Kacer) Parik.
0 Komentar | Dibaca 1289 kali
HUSNIJAL, S.HI @husnijal
27 November 2014

MURAI Picieng (Sekarang disebut burung kacer) kini, kehidupannya terancam punah, tidak pernah kelihatan lagi di lingkungan sekitar pekarangAN rumah kita. Kalau sesekali ada terdengar suaranya yang indah itu pastilah bersumber dari murai picieng yang berada didalam sangkar warga. Kini Sangat banyak peminat burung ini. Dulu ketika aku masih kecil, burung ini diabaikan bahkan dianggab pembawa petaka, setiap dia berbunyi “Picieng…picieng…. picieng………” pertanda ada yang meninggal dunia. Dan burung ini juga menjijikan sekali, karena suka makan belatung kotoran manusia (ketika itu, orang di kampung biasanya buang kotoran sembarangan saja), dan, orang tua-tua mengatakan, apabila burung ini di pegang dapat mengakibat penyakit kudis dan gatal-gatal di tangan.
Sekarang ini harganya mahal. Karena harganya mahal itulah, maka burung ini diburu habisan-habisan, ada yang dipikat, dan dijaring serta digetah, ada kerinduan melihat burung ini bisa terbang kesini kemari lagi, namun itu mustahil, mimpi burung ini bisa hidup bebas di alam.
Sengaja dulu pernah ku membeli burung ini, untuk ditangkar, tapi lepas, awalnya, siburung tidak mau terbang jauh, hanya mengitari rumah dan terkadang turun keteras rumah, namun ketika aku tinggal pergi kerja, hampir sekampung anak- anak dan orang dewasa yang mengejar-ngejarnya, padahal sudah ditegur jiranku bahwa itu burung peliharaanku, anak-anak muda binal itu menjawab“ Tapi burungnya kan sudah lepas bu….!”
Karena terus dikejar-kejar, ahirnya siburung ketakutan lalu terbang tinggi dan jauh, begitulah gambaran kita.
Sementara kabarnya di Singapura, jika ada burung datang ke perumahan warga, warga biasanya menyediakan makanan dan minuman burung tersebut, tapi di sini bila ada burung lepas, hampir sekampung yang mengejar-ngejarnya.
Yang lebih sadisnya lagi, Konon dikampungku ini, ada seorang pemburu yang beringas sekali, yaitu kalau jaringnya dapat betina, maka dibunuhnya saja.
Marilah nasehati para pemburu agar jangan berlebih-lebihan, dan sadis, keberadaan burung ini sekarang semakin tersingkir dari ranah kehidupannya.
Di hutan-hutan, para pemburu bergerak semakin liar menangkapi burung penyanyi tersebut sehingga populasinya menurun drastis. Terjadinya alih fungsi lahan menjadi kawasan pemukiman juga menjadi faktor yang menjadikan Kacer kehilangan habitat.
Sebuah survey menunjukkan bahwa burung merupakan hewan peliharaan yang paling popular. Rata-rata 1 dari 5 rumah tangga memelihara burung dan burung-burung tersebut adalah hasil tangkapan dari alam.
Lewat goresan ini, penulis mengajak, khususnya kepada warga Parik, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat Indonesia, mari lestarikan burung ini dengan penangkaran.
Penangkaran ini, bertujuan untuk mengembangkan hobbi pemeliharaan burung, aspek sosial, budaya dan dapat meningkatkan ekonomi.
Sebuah studi menunjukkan pengembang biakan ini mampu memberi kontribusi secara signifikan terhadap perekonomian. Secara spesifik, perdagangan burung menciptakan banyak sumber pendapatan mulai dari pembuatan sangkar, pengumpulan pakan hidup maupun penangkaran burung.
Sayangnya, hobi pemeliharaan burung saat ini menyebabkan setiap tahun terjadi penangkapan jutaan burung dari alam bebas sehingga sangat mengkhawatirkan bagi kelangsungan populasinya. Oleh sebab itu perlu ditingkatkan pemahaman akan pentingnya menangkar burung asli Indonesia khusunya dikampung kita sebagai burung pribumi asli.
Kawula muda yang berkecimpung di dalam pemeliharaan burung mari membuka diri untuk berdiskusi tentang bagaimana caranya melestarikannya.

Dengan dasar panggilan jiwa. Penulis sengaja mencari dari berbagai literatur tentang cara menangkar burung ini, antara lain yang perlu diperhatikan :

Bahan, Ukuran dan Posisi Kandang:

Bahan kandang untuk tiang bisa terbuat dari kayu dan bisa juga dari besi siku, sedangkan sisi-sisinya bisa terbuat dari kawat kotak-kotak atau jika memungkinkan terbuat dari pasangan batako atau bata merah tanpa diplester agar udara di dalam kandang tidak panas, dan atap dianjurkan terbuat dari genteng tanah, atau asbes, agar ketika siang hari tidak terlalu panas, dengan tertutup ¾ saja dari seluruh luas atap, selebihnya dengan kawat.

Bentuk dan kedudukan kandang lebih diutamakan permanent dan menyatu dengan tanah agar burung bisa langsung menyentuh tanah dan di dalam kandang, berilah tanaman yang bisa untuk bertengger burung dan sangat dianjurkan dengan batang berukuran agak besar untuk mempermudah ketika terjadi proses kawin.

Ukuran kandang juga cukup penting dalam menangkar Burung Kacer, ukuran ideal kandang penangkaran untuk Kacer, jika untuk sepasang maka ukurannya adalah panjang + 100 cm, lebar + 100 cm (lebih lebar lebih baik) dan untuk ukuran tinggi disarankan sekitar + 160-200an cm atau lebih. Posisi kandang harus bisa terkena sinar matahari terutama pada pagi hari dan juga sirkulasi udara yang cukup,
karena dengan adanya sinar matahari pada pagi hari sangatlah berpengaruh pada reproduksi dan kesuburan telur burung ketika sudah mulai bertelur dan juga kesehatan induknya sendiri.

Asupan Makan, Minuman dan Vitamin serta Mandi Burung:

Sangat dianjurkan memberikan makanan Kacer yang ditangkarkan dengan makanan yang berkualitas, berilah voer sebagai makanan utama dengan pemberian lebih yang kira-kira tidak hanya cukup untuk 1 hari saja, makanan tambahan lainnya seperti jangkrik, ulat hongkong, kroto dan juga diperbanyak agar semakin menambah protein juga unsur kebutuhan lainnya sehingga akan menyebabkan semakin bertambah nafsu untuk kawin.

Untuk minuman burung, dengan asumsi kandang permanent, kita buatkan wadah air yang sekaligus buat mandi burung dengan ukuran cukup sekitar 20cm x 20cm degan kedalaman air sekitar 7 – 8cm, namun untuk minuman yang kita tambahkan dengan vitamin lebih khusus kita buatkan tersediri dengan cepuk standard agar tidak buat mandi burung, karena bak untuk mandi sudah dibuatkan.

Dalam proses penjodohan Kacer, yang dilakukan oarang diantaranya :

1. Ada yang kandangnya dipisahkan terlebih dahulu antara jantan dan betina namun tetap didekatnya penempatannya, dan ketika sudah ada tanda-tanda cocok dan berjodoh, baru disatukan dalam kandang penangkaran.
2. Ada juga agar cepat jodoh dengan cara dimandikan pada keramba (sangkar pemandian) secara bersamaan, dengan pemberiaan makanan (EF) yang bisa membuat dan mempercepat nafsu birahi sehingga cepat jodoh.
3. Ada juga yang menggunakan cara si betina ditaruh di kandang besar (kandang penagkaran) dan si jantan ditaruh di kandang kecil yang diletakkan di dekat kandang besar, dan sesekali didekatkan pejantan lainnya agar bisa mengakibatkan kecemburuan si jantan yang sedang dijodohkan.
Dan masih ada juga cara lain dalam proses menjodohkan burung terutama Kacer ataupun burung-burung lainnya, tergantung cara mana yang paling efektif yang akan kita terapkan ketika akan menangkarkan burung yang kita miliki.

Yang bisa membuat kita merasa bangga sekaligus bisa menghasilkan tambahan penghasilan adalah ketika kita berhasil merawat, sekaligus menangkar burung yang kita miliki bisa berjodoh, bertelur, menetas, berkembang menjadi dewasa dan kemudian bisa bertelur kembali.

Dan sudah selayaknya, kita sebagai penghobi burung kicauan yang sangat menyukai burung, terutama burung kicauan dan khususnya burung Murai Picieng (Kacer) ini, seharusnya tidak hanya sekedar memelihara karena hobby, namun lebih dianjurkan memelihara Kacer dan sekaligus menangkarnya (mengembangbiakkan), karena unsur kemanfaatan dari memelihara dan menangkarkan bisa menjadikan kepuasan tersendiri, disamping itu, juga bisa menghasilkan tambahan belanja untuk keperluan dapur dan juga tentunya yang lebih bermanfaat lagi adalah demi melestarikan populasinya dari kepunahan.
Semoga Bermanfaat….

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Riana Soraya

Personal blogger yang peduli pendidikan, silahkan lihat tulisan terbaru saya di http://berandasehat.com/tip ...
Daftar Artikel Terkait :  9

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0