Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Extra Kurikuler Bahasa inggris yang ideal di SMP
Extra Kurikuler Bahasa inggris yang ideal di SMP
0 Komentar | Dibaca 851 kali
WITONO @witono1969
20 November 2014

Oleh :
Witono,S.Pd.
Guru SMPN I Sawahan Kabupaten Nganjuk

Kegiatan Extra Kurikuler Bahasa inggris merupakan kegiatan yang menggembirakan, mencerdaskan dan membekali para siswa dengan skill meliputi writing, speaking, listening dan reading. Meski aktivitas-aktivitas yang dilakukan berbeda dengan yang ada di kelas selama proses belajar mengajar setiap hari orientasinya tentu saja adalah mendukung sepenuhnya tujuan atau misi final dan optimal pembelajaran Bahasa inggris di sekolah. Seiring dengan pelaksanaan KBK, extra kurikuler seperti ini sangatlah diperlukan para siswa.
Bagi para siswa kelas VII extra kurikuler ini hal yang baru, beberapa siswa mungkin pernah mengikuti English Club (EC) selama belajar di SD, tapi dijenjang lanjutan seperti SMP dan SMA ini mereka bisa meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya dalam berbahasa Inggris.

1.Waktu Pelaksanaan English Club
Pada Hari Minggu di Minggu kedua atau keempat setiap bulan.Tiap pertemuan bisa mempergunakan waktu 2 jam (90 menit) atau Iebih tergantung pada bentuk kegiatannya. Jika diperlukan aktivitas ini bisa dilakukan pada minggu kesatu atau ketiga.
2.Anggota
Para siswa Kelas VII, Vlll dan IX yang tertarik dan ingin mengembangkan ketrampilannya berbahasa Inggris.Kepada mereka diberikan “bedge” khusus anggota. Dengan memakai bedge diharapkan anggota EC dapat dijadikan tauladan bagi sesama siswa sekaligus motivator untuk mereka supaya Iebih giat belajar Bahasa inggris. Kaos seragam anggota EC juga perlu diadakan dan dipakai untuk menunjukkan existensi EC di Iingkungan sekolah.
3.Pengajar atau Pembina EC
Guru Bahasa Inggris sekolah. Pada waktu Study Tour memungkinkan bisa berkomunikasi Bahasa Inggris dengan “native speaker” (pembicara asli) dari Inggris atau negara lainnya. Pada kesempatan study tour ini para anggota EC diberi tugas wawancara dengan turis luar negeri dengan menanyakan hal-hal tertentu serta diusahakan bisa berpose bersama mereka.
4.Dana untuk pelaksanaan EC
Sepenuhnya didukung oleh Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang mencakup honor pengajar, buku paket EC, bedge, sticker, ATK, mading English corner, biaya aktivitas di dalam dan di luar sekolah.
5.Lokasi untuk pelaksanaan EC
Di kelas,di lingkungan sekolah dan di luar sekolah seperti anjangsana ke sekolah lain dan di tempat pariwisata.
6.Peralatan yang dibutuhkan
Televisi, VCD, Radio Tape, Alat tulis, buku dan radio transmitter.
7.Kegiatan-kegiatan EC
a.Penerimaan anggota baru, setelah opening ceremony calon anggota baru dikukuhkan dan dilantik menjadi anggota tetap dengan konsekwensi harus disiplin, tertib dan menaati peraturan yang berlaku di EC.
b.Learning English inside the classroom or outside the classroom, pembelajaran Bahasa Inggris secara intensif didalam dan di luar kelas.
c.English camp, dilaksanakan dalam lingkungan sekolah atau di Iuar sekolah. Pada aktivitas ini expectasinya para anggota dapat memunculkan kompetensi-¬kompetensinya yang kreatif berbentuk games (permainan), singing a song (me¬nyanyikan lagu ), drama, spech contest (lomba pidato) dan mengarang dalam Bahasa Inggris.
d.English cross country
Kunjungan ke sekolah lain, disamping mempererat tali silaturahmi, kesempatan ini dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris terutama skill speaking pada formal atau informal conversation.
f.English by radio
Minat yang timbul dari benak para anggota yaitu siaran melalui radio dapat diwujudkan dengan kegiatan “Englih radio broadcasting” via gelombang FM berjarak pancar pendek.Penyiar harus menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar serta lagu-lagu yang diputarkan juga harus berbahasa Inggris.
g.English guide
Kegiatan semacam ini mengasyikkan, mengunjungi tempat-tempat pariwisata, memberi petunjuk jalan ke arah tempat tersebut dan penjelasan tentang lokasi-¬lokasi yang mempunyai pemandangan yang indah. Aktivitas-aktivitas lain bisa dilaksanakan selama English Guide yaitu : baca puisi, bernyanyi, berpidato, drama berbahasa Inggris.
h.Majalah dinding English Corner
Sebagai media untuk mengekpressikan kemampuan setiap siswa, baik siswa anggota EC atau bukan anggota EC. Yang bisa ditampilkan di mading ini bervariasi seperti cerpen, anecdot, informasi mengenai cara belajar yang baik, tips, puisi berbahasa Inggris.
8.Pembiasaan yang diharapkan
Setiap anggota “EC” tidak malu berbahasa Inggris di lingkungan sekolah atau di Iuar sekolah. Sebagai contoh di dalam interaksi sehari-hari di sekolah mereka menggunakan Bahasa Inggris, minimal dalam mengucapkan salam serta menanyakan kabar. Demikian pula setiap bertemu guru pembimbing”EC” maupun guru yang lain diharuskan berbahasa Inggris. Pada proses belajar mengajar di kelas para anggota”EC” hendaknya aktif, kreatif, disiplin, meraih prestasi tinggi, memotivasi rekan-rekannya yang lain supaya tertarik dan selalu berkeinginan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka. Pada penerapan KBK di kelas kompetensi seperti berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis relevan dengan kegiatan EC, oleh sebab itu anggota EC bisa menjadi teladan bagi rekan-rekan yang lain di kelas.
9.Pemanfaatan Laboratorium Bahasa
Untuk kompetensi Listening, para siswa EC dapat menggunakan fasilitas yang ada di Laboratorium Bahasa. Mereka bisa mengerti bagaimana cara mengucapkan kata-kata Bahasa Inggris dengan baik dan benar sesuai pronounciation, spelling, punctutiation, dan intonation yang tepat.
10.Evaluasi terhadap kompetensi setiap anggota
Evaluasi menyeluruh terhadap anggota dilakukan dengan SKU (Syarat Kecakapan Umum). Mirip Pramuka, buku SKU kecil ini dapat digunakan para pengajar untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris tiap anggotanya dimanapun dan kapanpun. Contohnya, bila seorang anggota merasa yakin dapat menguasai beberapa kecakapan seperti mengucapkan salam, mena¬nyakan kabar atau memperkenalkan diri, dia dapat mengajukan diri untuk diuji oleh pengajar. Setelah dinyatakan mampu, pengajar dapat membubuhkan tanda tangannya di buku SKUnya, dengan syarat dia bisa menggunakan point keahlian-keahlian itu dengan baik dan benar.

Kegiatan-kegiatan EC ini dapat digabungkan dengan aktivitas yang ada pada Extra yang lain seperti Teater, Pramuka, Kesenian serta Musik. Dengan Teater bisa menghasilkan suatu penampilan drama berbahasa Inggris, Pramuka, permainan dan kegiatan lain, dengan kesenian mengha¬silkan suatu pembacaan puisi berbahasa Inggris serta dengan Musik yaitu penampilan anggota EC di atas panggung menyanyikan lagu Inggris.
Demikian sekelumit ide dari penulis, semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan kita khususnya pada peningkatan pembelajaran Bahasa Inggris di SMP melalui kegiatan extra kurikuler. Majulah pendidikan Indonesia.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Mas Subiyanto

Kemudahan adalah ujian syukur, sedangkan kesulitan adalah ujian sabar
Daftar Artikel Terkait :  2

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0