Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Padamu Negeri

Beranda / Padamu Negeri / KUANTITAS DAN KUALITAS DATA PADA SISTEM PADAMU NEGERI
KUANTITAS DAN KUALITAS DATA PADA SISTEM PADAMU NEGERI
0 Komentar | Dibaca 806 kali
Mudie, S.Pd.Ind. @mudie
29 November 2014

Sejauh manakah kita telah mempercayai kevalidan dan kasyahihan data
yang kita unduh pada sistem aplikasi padamu negeri ? Pertanyaan ini perlu kita kaji lebih jauh. Data yang kita unduh pada sistem padamu negeri menyangkut dua hal pokok, yaitu kuantitas data dan kualitas data. Kuantitas data adalah termasuk jumlah data, baik yang menyangkut personil PTK, Peserta didik, Sarana dan Prasarana serta perangkat data lain yang mendukung kegiatan pada Padamu Negeri. Sedangkan Kualitas data adalah yang menyangkut kevalidan, kesyahihan data yang kita unduh.
Kita bisa saja mengatakan tingkat kuantitas data yang kita kirim mencapai 100 %. Tapi untuk kualitas data tunggu dulu !
Kevalidan dan kesyahihan data pada Padamu Negeri tidak terlepas dari kemudahan para operator mengakses internet. Kita boleh berbangga kalau di kota atau daerah-daerah yang terjangkau akses internet para operator dengan mudahnya melakukan kegiatan akses internet. Lalu bagaimana dengan daerah ‘ pelosok bumi ” sana yang tidak terjangkau oleh akses internet ? Ini adalah kendala !
Para operator adalah guru/PNS atau orang yang ditunjuk oleh Kepala Seko[ah, bahkan kita jangan membohongi diri bahwa ada operator yang bukan guru/PNS. Artinya Operator yang bukan guru/PNS tadi sangat tidak mengerti apa tugas PTK, apa tugas Kepala Sekolah, apa itu EDS, apa itu PKG dan seterusnya ….
Bagi para operator yang ada di pelosok sana untuk melakukan kegiatannya terpaksa turun gunung. Mereka datang ke kecamatan atau bahkan ada yang ke Provinsi karena alasannya akses internetnya lebih cepat. Artinya jarak antara operator dengan para narasumber (PTK, Siswa serta Kepala Sekolah ) menjadi jauh.
Inilah yang mau penulis sampaikan, bahwa para operator seperti penulis katakan di atas adalah operator sebagai siswa, operator sebagai guru, operator sebagai kepala sekolah, operator sebagai tim Penilai dan sebagainya. Sehingga operator bisa jadi apa saja. Dapatkah kita mempertanggungjawabkan kuantitas dan kualitas data tersebut ? Coba Anda renungkan ! Ini adalah peroalan ! Sementara data yang kita unggah melalui situs Padamu Negeri adalah acuan bagi BPSDMPK untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Penulis yakin, selama akses internet di pelosok-pelosok daerah tidak terjangkau, selama itu pula DATA pada situs Padamu Negeri tidak bisa dijadikan sebagai acuan….

Artikel Terkait